Warung Nasi Ampera

Kalau mendengar kata AMPERA yang dikaitkan dengan kuliner atau rumah makan, seringkali yang terbayang pada benak banyak orang adalah sajian masakan Padang berkuah dan santan.

Tidak demikian halnya dengan Warung Nasi Ampera Bogor yang berlokasi di Jalan Soleh Iskandar no 26 ini. Rumah makan ini justru menghadirkan sajian bercita rasa khas Jawa Barat, alias makanan Sunda.

Berbagai sajian yang merupakan menu kegemaran masyarakat di kawasan Jawa Barat dijadikan sebagai produk unggulan rumah makan berlogo huruf “a” ini.

Warung Nasi Ampera Bogor

Mungkin untuk membedakan dengan Ampera versi makanan Padang, bisa dibedakan dengan kata di depan kata AMPERA itu sendiri. Kalau Anda mencari rumah makan padang, maka dua kata yang berada di depan kata AMPERA adalah RUMAH MAKAN. Hanya, bila yang terdapat adalah WARUNG NASI, maka berarti makanan Sunda yang akan disajikan.

Kata Warung Nasi itu pula yang dijadikan sebagai ciri Warung Nasi Ampera. Penataan ruangan dalam rumah makan ini memang memberi kesan sebuah warung nasi.

Warung Nasi AmperaMeja sederhana yang dipadukan dengan kursi kayu memang merupakan salah satu ciri khas dari sebuah warung nasi. Piring yang dipergunakan pun berbahan melamin sederhana.

Bedanya dengan kebanyakan warung nasi biasa adalah LUAS lahan yang dipakai sebagai tempat Warung Nasi Ampera. Di cabangnya di kota Bogor, lahan yang dipergunakan cukup luas.

Ruang makannya sendiri menampung lebih dari 200 buah meja dimana pengunjung bisa menikmati makanannya. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas wastafel, taman kecil dengan kolam dan yang pasti halaman parkir yang tidak kalah luas.

Menu Warung Nasi Ampera

 

Bagi pengunjung Warung Nasi Ampera, rumah makan ini tidak akan menyodorkan daftar menu. Pelayan pun tidak akan mengunjungi meja Anda.
Warung Nasi Ampera BogorLayaknya sebuah warung nasi, Anda harus memilih sendiri apa yang hendak dinikmati. Di sisi kiri dari pintu masuk, terdapat sebuah counter panjang dimana berbagai masakan yang ditawarkan dipajang untuk dipilih.

Pada counter tersebut, terdapat tumpukan berbagai jenis masakan setengah jadi yang harus Anda pilih. Makanan yang ditawarkan mulai dari ayam goreng, limpa, bakwan jagung, sayur asem hingga petai rebus atau bakar. Juga tersedia berbagai jenis minuman di ujung counter panjang ini.

Setelah makanan dipilih, kasir akan menghitung jumlah yang harus dibayar. Setelah transaksi selesai, maka makanan 1/2 jadi tersebut akan diolah hingga matang. Nah setelah, selesai, Anda tinggal menikmati di meja yang dipilih.

Rasanya Sunda Banget.

Suasana Warung Nasi Ampera Bogor

Warung Nasi AmperaMeskipun namanya warung nasi dan penataannya berkesan memang sebuah warung besar, suasana di Warung Nasi Ampera tidak 100% sama dengan warung nasi pada umumnya. Kesan modern sudah terlihat sekali ketika Kita memasuki ruangan. Mungkin lebih tepat disebut sebagai warung nasi modern.

Pemilik Warung Nasi Ampera, Tatang Sujani S. Sos rupanya ingin memadukan unsur modern dan budaya Sunda terlihat pada gambar-gambar yang ada di dinding atas warung nasi ini. Gambaran kehidupan masyarakat Sunda terpampang untuk dilihat pengunjung.

Hal tersebut ditambah dengan keberadaan beberapa kalimat Sunda seperti Wilujeng Sumping di pintu masuk menyambut pengunjung.

Meskipun demikian nuansa budaya Sunda, terasa kurang kental disini. Apalagi ketika musik dan lagu pengiring menikmati hidangan bukanlah degungan ala masyarakat Sunda. Suara merdu penyanyinya justru mengalunkan banyak sekali lagu berbahasa Inggris dan Indonesia.

——-

Warung Nasi AmperaWalaupun masih kurang kental unsur ke-Sunda-annya, hal tersebut tidak mengurangi nikmatnya makan di Warung Nasi Ampera. Apalagi mengingat di kota hujan ini yang berkembang pesat dan berjaya justru masakan dari luar daerah Bogor. Keberadaan Warung Nasi Ampera yang berdiri 12 Juni 2011 ini menjadi sesuatu yang istimewa dan menarik di kota yang sedang meninggalkan unsur ke-Sunda-annya.

Patut Anda pertimbangkan sebagai tempat yang perlu dikunjungi bila ingin merasakan cita rasa masakan Sunda di Bogor. Rumah makan ini memang bukan merupakan asli Bogor karena hanyalah cabang dari tempat yang sama di Kebon Kelapa Bandung. Beberapa cabang lainnya terdapat di Bandung, Jakarta dan juga Tangerang.

2 COMMENTS

  1. Awalnya saya pikir Warung Nasi Ampera ini adalah Warung yang menyediakan kuliner khas Kota Palembang…pak… ternyata beda yach… 🙂

    • Beda bro.. ini mah makanan Sunda asli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.