Ukuran Maksimum Barang Bagasi Commuter Line
Ukuran Maksimum Barang Bagasi Commuter Line

Berapa ukuran maksium barang bagasi yang diperkenankan dibawa ke atas Commuter Line?

Tentu hal ini penting diperhatikan oleh setiap penumpang, terutama oleh mereka yang hendak bepergian ke luar kota dengan menggunakan Commuter Line (CL).

Memang, CL hanya memiliki rute di Jabodetabek saja, tetapi beberapa stasiun keberangkatan Kereta Luar Kota terhubung juga dengan jalur CL. Oleh karena itu tidak jarang untuk mencapai stasiun-stasiun tersebut, penggunaan CL juga diperlukan.

Nah, untuk menghindari terkena teguran petugas dan bahkan denda, ada baiknya mengetahui ukuran barang bagasi yang diperkenankan.

Ukuran Maksimum Barang Bagasi di Commuter Line

Benda yang dapat dibawa ke atas kereta tidak boleh berukuran lebih dari

100 CM X 40 CM X 30 CM

Ukuran Maksimum Barang Bagasi Commuter Line
Alat Pengukur Bagasi

Kalau Anda tidak yakin barang bawaan Anda memenuhi ketentuan tersebut atau tidak, bisa mengukurnya di stasiun. Di dalam stasiun CL sekarang sudah tersedia alat untuk mengukur barang bagasi penumpang.

Bentunya seperti foto di samping.

Cara mengukurnya dengan meletakkan barang bawaan Anda ke dalamnya.

Kalau masih bisa masuk di anatara kedua besi yang ada disisinya, berarti bagasi Anda memenuhi syarat. Kalau tidak muat, berarti melebihi ukuran yang diperbolehkan.

Alat ini sudah umum dipergunakan di berbagai bandara dan juga stasiun kereta di luar negeri. Sebuah kemajuan bahwa PT KCJ sudah menyediakan peralatan ini.

Selain itu, bagi Anda yang suka ber-gowes alias bersepeda ke kantor, sepeda Anda bisa dibawa ke dalam kereta. Syaratnya sepeda tersebut haruslah berupa sepeda lipat dan bukan sepeda biasa.

Jadi sebelum berangkat, bisalah Anda mengukur sendiri dengan menggunakan penggaris di rumah ukuran barang bagasi yang hendak dibawa. Tidak perlu menunggu sampai stasiun, akan repot kalau ternyata berlebih.

Jangan lupa pula, letakkan bagasi Anda di rak barang seperti seharusnya.

Barang bawaan Anda tidak membayar tiket, jadi jangan sampai penumpang lain tergencet.

Itu kata iklan Macro-Ad/Lini Kini di dalam kereta. Begitu juga kata saya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.