Pada Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor bisa terlihat bahwa ada bagian berbentuk bingkai. Di dalam bingkai itu terdapat beberapa baris tulisan. Tetapi, meskipun berada tepat di bawah monumen ini, karena bingkai tulisan itu berada sekitar 2-2,5 meter dari tanah agak sulit membacanya karena harus menengadah. Belum termasuk hurufnya yang agak kecil dan rapat, dan bagi yang matanya sudah rabun jauh dekat seperti saya, lebih puyeng lagi situasinya.

Tulisan pada Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor 2Padahal, penasaran juga untuk tahu apa sih tulisan pada Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor itu. Pastilah sesuatu yang lumayan “penting” dan bukan sekedar corat-coret iseng saja.

Untungnya, saat itu ada kamera DSLR dan dilengkapi dengan lensa zoom. Jadilah, akhirnya tulisan isi dari prasasti itu bisa terbaca dengan jelas.

Isinya seperti di bawah ini.

TUGU PRASASTI DUA ABAD KEBUN RAYA BOGOR

(Bicentenary Monument of Bogor Botanic Gardens)

18 Mei 1817 – 18 Mei 2017

 

Tugu prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor – LIPI menandai 200 tahun perjalanan Kebun Raya Bogor sebagai sebuah institusi konservasi tumbuhan yang utama di Indonesia.

Dibangun untuk menggambarkan kekayaan flora Indonesia dan dirancang serasi dengan alam, tugu prasasti ini diciptakan berbentuk citra artistik dari Rafflesia patma, tumbuhan langka asli Indonesia yang berhasil dilestarikan di Kebun Raya Bogor. Logo Dua Abad Kebun Raya Bogor yang diciptakan oleh Taja Sukarya sebagai interpretasi dari Rafflesia patma diadopsi sebagai wujud utama prasasti dengan diameter 200 cm dan 200 buah bulatan untuk merepresentasikan usianya yang sudah mencapai 200 tahun.

Serumbung penopang yang dipahat tembus setinggi 3 meter merepresentasikan tumbuhan merambat Tetrastigma lancelarium yang menjadi inang Rafflesia patma . Simbolisme lingkaran prasasti yang 2 M dan tinggi serumbung 3 M melambangkan Falsafah Negara Republik Indonesia , Pancasila. Kolam air berjenjang lima dengan aliran sungai berbatu melambangkan keteguhan dan siklus kehidupan yang mengalir tanpa henti agar Kebun Raya Bogor tetap lestari dan abadi.

Tulisan pada Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor 3

(Baca juga : Sejarah Kebun Raya Bogor – Kerjasama Antar Bangsa ?)

Itulah tulisan yang terdapat pada Tugu Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor.

Untung ada si Canon 700D!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.