Masa sih taman saja perlu ada tata tertib? Mungkin itu yang ada di kepala banyak orang mengapa di Taman Kencana terlihat papan berisikan tata tertib pengunjung disana. Untuk apa ayh? Bukankah taman adalah sebuah ruang publik yang bisa dinikmati oleh siapapun?

Benar sekali. Taman Kencana adalah sebuah area publik dan siapapun bisa melakukan apa yang disukainya selama berada disana. Tidak salah sama sekali.

Tetapi, justru karena tempat itu adalah ruang publik peraturan harus ada untuk menghindari benturan atau merasakan ketidaknyamanan selama berada disana yang disebabkan karena orang lain. Juga, hal itu memastikan bahwa semua yang datang ke Taman Kencana membawa pulang kesan baik dan kegembiraan bermain di salah satu taman favorit di Bogor itu.

Jadi, tetaplah tata tertib atau aturan yang memberitahukan apa yang tidak diperkenankan untuk dilakukan disana harus ada dan dipatuhi. Kegagalan dalam mengikuti apa yang sudah ditetapkan, beresiko menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengunjung yang lain.

Nah, tata tertib pengunjung di Taman Kencana itu apa saja? Mudah saja, tidak ribet dan rumit. Kalau mau, bisa dilihat di salah satu sudut Taman Kencana di seberang Waroeng Taman. Disana ada tiang berisikan tata tertib pengunjung yang sangat mudah dipahami.

Bentuknya seperti di bawah ini.

Tata Tertib Pengunjung Taman Kencana Yang Harus Dipatuhi 2

  1. Waktu berkunjung taman 07.00 – 22.00
  2. Hewan peliharaan dilarang masuk
  3. Dilarang bersepeda
  4. Dilarang main skateboard
  5. Motor dilarang masuk
  6. Dilarang berjualan
  7. Buanglah sampah pada tempatnya

Hanya itu saja? Tidak juga. Selain apa yang dilambangkan oleh simsbol-simbol pada tiang tersebut ada beberapa lainnya, yang berlokasi di beberapa tempat.

8. Dilarang menginjak rumput

Tata Tertib Pengunjung Taman Kencana Yang Harus Dipatuhi - dilarang menginjak rumput

9. Dilarang merusak sarana fisik taman

Tata Tertib Pengunjung Taman Kencana Yang Harus Dipatuhi - dilarang merusak sarana fisik taman a

Sudah itu saja? Belum aturan itu ada yang tertulis dan tidak tertulis. Juga, ada aturan yang berlaku umum di seluruh Indonesia dan harus dipatuhi juga. Aturan-aturan yang seperti ini adalah

  • Jangan buang air sembarangan karena selain merupakan kotoran juga tidak sopan dan pantas dilakukan di sebuah taman
  • Jangan berbuat tidak senonoh dan asusila
  • Jangan berbuat kejahatan

Semua ini menjadi satu paket tata tertib yang harus diikuti oleh para pengguna Taman Kencana (dan mungkin taman-taman lainnya). Semua ini untuk memastikan ruang publik itu tetap terawat dan memberikan manfaat dan kegembiraan bagi semua orang.

Nah, apakah pengunjung Taman Kencana sudah mematuhi semua aturan ini? Yah, sayangnya masih ada yang lebih suka mengabaikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.