Taman Heulang Bogor

Belum selesai. Memang terlihat belum selesai pengerjaannya. Bahkan masih banyak pekerja dan peralatan sedang beroperasi menyelesaikan Taman Heulang.

O ya. Maaf. Mungkin Anda tidak mengetahui bahwa di Bogor sedang ada program perbaikan tata ruang untuk memperindah dan mempercantik kota ini. Hal ini sesuai dengan program menjadikan Kota Bogor sebagai Kota Sejuta Taman.

Selain memperbaiki berbagai taman yang sudah ada, Pemda Kota Bogor juga menyulap beberapa ruang terbuka hijau lainnya menjadi sebuah taman.

Salah satunya adalah perubahan fungsi lapangan Heulang menjadi Taman Heulang.

Dimana Taman Heulang Itu?

Taman Heulang BogorBagi warga Bogor tentu sudah pernah mendengar tentang lapangan Heulang, tetapi untuk warga luar Bogor mungkin akan sulit menemukan tempat ini.

Patokannya adalah dua buah jalan yaitu Jalan Ahmad Yani dan Jalan Dadali. Oleh karena itu silakan baca dulu tulisan terkait kedua jalan ini.

Nah, diantara kedua jalan yang saling paralel satu dengan yang lainnya itu, ada sebuah jalan yang menghubungkan keduanya. Namanya Jalan Heulang alias Jalan Elang (Heulang dalam bahasa Sunda berarti Elang).

Di jalan inilah lapangan Heulang berada tepatnya di sebelah SMK Negeri 1 Bogor. Lokasinya tepat berada di belakang SMP Negeri 5 Bogor.

Taman Heulang Bogor

Lapangan ini sering dipergunakan sebagai tempat berolah raga bagi beberapa sekolah yang berdekatan. Selain itu tidak jarang dipergunakan sebagai tempat latihan menyetir mobil karena luasnya.

Lapangan inilah yang dimodifikasi menjadi Taman Heulang.

Taman Heulang

Meskipun belum 100% selesai, sudah terlihat dengan jelas bentuk dari Taman Heulang.

Tidak ada lagi lapangan sepakbola. Juga tidak memungkinkan lagi dipergunakan sebagai tempat latihan mengemudi. Penataannya sudah memasuki tahap akhir.

Taman Heulang Bogor

Di beberapa bagian sudah terlihat tempat duduk dalam berbagai bentuk. Ada yang beratap ada juga yang tidak tetapi kesemuanya akan memungkinkan pengunjung taman ini untuk bersantai dan duduk-duduk sambil menikmati suasana di taman.

Jalan-jalan setapak pun sudah siap untuk dipergunakan para pejalan kaki atau jogger untuk mengelilingi taman seluas lapangan sepakbola ini.

Yang masih belum siap adalah rumput dan tanamannya yang terlihat baru saja ditanam. Bahkan ketika Lovely Bogor kesana, masih terlihat beberapa pekerja melakukan penanaman di beberapa bagian.

Selain itu nama taman sendiri belum terlihat. Biasanya di setiap taman di Kota Bogor akan terpampang nama taman dalam ukuran besar, jadi bisa diduga nanti akan ada tulisan TAMAN HEULANG terpasang di salah satu bagian.

Meskipun demikian, pengunjung sudah bisa menikmati taman ini.

Kebun Pembibitan

Taman Heulang Bogor

Taman Heulang Bogor

Dua foto ini adalah hal yang menarik dari Taman Heulang.

Ini tidak ada di taman-taman yang lain. Bangunan-bangunan dengan kanopi atau tertutup paranet ini lebih mirip seperti rumah pembibitan.

Rupanya memang begitulah adanya ketika LB mencoba menanyakan pada seorang pekerja yang ada di lokasi. Hanya, memang tidak jelas tujuan pembibitannya, apakah untuk taman ini sendiri atau juga dikomersilkan.

Jadi rasanya nanti, setelah taman ini diresmikan dan berfungsi secara penuh, LB berniat mendatanginya lagi untuk mengetahui fungsi bangunan-bangunan ini sekaligus melihat hasil jadi Taman Heulang.

Taman Heulang Bogor

Terus terang “excited” sekali melihat berubahnya lapangan Heulang menjadi sebuah taman. Apalagi dengan penataan yang kelihatan sangat mementingkan kepentingan umum seperti ini.

Sudah lama sekali kota ini penuh dengan wajah semrawut tak terurus. Kehadiran satu lagi taman seperti ini sangat memberi harapan suatu waktu Bogor akan menjadi cantik lagi seperti di masa lalu.

Taman Heulang Bogor

Bukan hanya saya saja yang berpendapat demikian. Kehadiran banyak pengunjung di taman yang masih belum selesai sepenuhnya ini menunjukkan antusiasme akan kehadiran taman ini.

Terlihat banyak pengunjung sudah memanfaatkan jalan setapak untuk jogging, bersepeda dan bahkan sekedar berjalan-jalan.

Jadi bisa dikata, Taman Heulang memang sudah dinantikan banyak orang untuk segera bisa dinikmati.

Taman Heulang Bogor 01

Mudah-mudahan tulisan berikutnya tentang taman yang sama akan bisa keluar secepatnya meskipun tergantung seberapa cepat pengerjaan taman ini diselesaikan.

4 COMMENTS

  1. Lebih bagus lg pke foto taman heulang dulu nya kang..
    Biar biar bernostalgia masa muda…
    Atuda meni pangling, ga kebayang kyk gmn dulu nya…keren

    • Kudu milarian Kang.. nanti coba dicari deh foto aman dulunya.. biar tidak terlupakan yah?

  2. Acep Adnawijaya

    Kayaknya dulu Lapangan Bola SMP 5 dan dekat SGO ya, saya pernah maen bola di sini waktu jama SMP dulu.

    • Betul sekali itu memang dulunya lapangan bola…Kang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.