Taman Bunga Nusantara - Indahnya Warna Warni Bunga di Taman Tetangga A

Taman tetangga? Yah, demikianlah kenyataan. Taman Bunga Nusantara, walau banyak tulisan rekan blogger memasukkannya sebagai sebuah tempat wisata yang patut dikunjungi di Bogor, sebenarnya terletak di wilayah tetangga Bogor. Bukan Bogornya sendiri.

Lihat saja alamatnya. Taman Bunga Nusantara beralamat di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Sekali lagi “Cianjur” dan Cianjur bukan bagian dari Kabupaten Bogor. Cianjur adalah sebuah kabupaten yang berdiri sendiri dan terlepas dari pemerintahan Kota Hujan.

Entah mengapa beberapa rekan travel blogger memasukkannya sebagai tempat wisata di Bogor. Tidak enak kan mengklaim milik tetangga.

Mungkin karena kebanyakan orang menyimpulkan demikian karena melihat pelat nomor kendaraan di wilayah itu yang berkode “F” atau sama dengan pelat kendaraan bermotor Bogor yang juga “F”. Kemudian dianggap bahwa wilayah itu wilayah Bogor.

Padahal tidak demikian. Pelat nomor kendaraan “F” itu akan ditemukan pada beberapa kota, yaitu Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Hal itu bisa terjadi karena ketika nama itu tergabung dalam “Karesidenan Bogor” di masa lalu dan sistem pemberian kode itu masih terus berlanjut hingga saat ini.

Bisa juga kesalahpahaman itu terjadi karena lokasinya terletak di Kawasan Wisata Puncak. Banyak orang menganggap kawasan ini sebagai wilayah Bogor, padahal tidak 100% benar. Kawasan Puncak sebagian berada di Bogor dan sebagian lagi di Cianjur.

Entahlah, yang mana alasan penyebab kesalahpahaman yang menyebutkan Taman Bunga Nusantara sebagai lokasi wisata di Bogor. Setidaknya, mudah-mudahan dengan membaca tulisan ini, hal itu bisa diluruskan.

Seperti Apa Taman Bunga Nusantara?

Apakah Anda punya taman berisikan bunga-bunga di rumah? Indah bukan melihat warna-warni bunganya. Hanya, taman di rumah atau di sekitar lingkungan biasanya berukuran kecil. Bahkan taman-taman di Bogor pun paling luas hanya memiliki area sekitar 300-500 meter persegi saja. Itu saja sudah mampu memberikan rasa sejuk di hati ketika berada disana.

Nah, kemudian bayangkan saja sebuah taman seluas 35 hektar berisikan bunga dengan berbagai warna dan jenis bertebaran di sepanjang penjuru. Ditambah dengan hawa sejuk pegunungan dan lanskap Gunung Gede-Pangrango.

Begitulah kira-kira deskripsi singkat dari Taman Bunga Nusantara.

Taman yang mulai dirintis tahun 1992 dan diresmikan tahun 1995 ini memang memiliki luas yang lumayan akan membuat kaki pegal untuk menyusurinya. Luasnya sama dengan lebih dari 1/3 Kebun Raya Bogor yang 87 hektar itu.

Keindahan Taman Bunga Nusantara Kabupaten Cianjur

Apalagi Taman Bunga Nusantara ini dikelola oleh mereka-mereka yang ahli dalam bidang perbungaan. Taman ini yang diprakarsai oleh Ibu Dani Bustanil Arifin ini dibangun dan dikelola oleh Yayasan Bunga Nusantara yang namanya sudah terkenal di dunia.

Ingat Tournament Roses di Pasadena, Amerika Serikat dimana para peserta mengikuti pawai dengan kendaraan yang dibentuk dari berbagai bunga? Kalau belum, cobalah cari di Youtube tentang festival ini karena sangat meriah dan melibatkan peserta dari berbagai belahan dunia.

Dan, Yayasan Bunga Nusantara adalah salah satu langganan peserta. Bahkan, beberapa kali dalam keikutsertaannya mereka mendapatkan penghargaan atas karya-karyanya.

Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa meskipun sangat luas Taman Bunga Nusantara terkesan tertata dan terawat dengan baik. Kebersihannya pun sangat terjaga.

Sebagai unsur penarik dibangun beberapa patung menarik dari tanaman, seperti “Dinosaurus” yang berada tidak jauh dari pintu masuk, kemudian jerapah, kepala merak/cendrawasih, dan masih banyak lainnya. Tambahan sosok-sosok itu membuat taman ini jauh dari kesan monoton.

Patung Jerapah di Taman Bunga Nusantara D

Taman Tematik

Salah satu tujuan dari pendirian Taman Bunga Nusantara adalah untuk membantu melestarikan berbagai tanaman langka dan juga untuk membantu sarana penelitian dan pendidikan. Jadi, tidak heran bahwa selain unsur bisnis dalam bentuk agrowisata, taman ini juga memiliki tujuan untuk menyebarkan pengetahuan tentang lingkungan hidup dan tanaman kepada pengunjungnya.

Oleh karena itu, setiap tumbuhan yang ada disana dipasangi papan nama, mirip seperti yang ada di Kebun Raya Bogor sehingga pengunjung bisa mengenali tanaman apa yang tumbuh disana.

Selain itu Taman Bunga Nusantara dibagi dalam beberapa taman tematik yang memamerkan jenis-jenis tanaman dengan tema tertentu, seperti :

a) Taman Mediterania yang memamerkan koleksi tanaman yang tahan hawa panas yang, seperti kaktus dan sebangsanya yang merupakan tanaman khas di kawasan Mediterania

b) Taman Bali dimana tema yang diangkat di taman ini mengangkat nuansa pulau Dewata

c) Taman Air, sebuah taman yang memamerkan keindahan berbagai tanaman akuatik

d) Taman Palem yang berisikan berbagai jenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga palem-paleman

e) Taman Gaya Jepang , sebuah taman yang mendapatkan inspirasi dari pertamanan dari negeri Sakura

f) Taman Perancis yang mengadopsi pola pertamanan ala negeri Napoleon dari abad ke-17

dan masih ada beberapa taman tematik yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Kesemua itu akan memberikan selain kegembiraan juga pengetahuan kepada siapapun yang melihatnya.

Salah satu taman favorit para pengunjung disana adalah Taman Rahasia atau Taman Labirynth.

Menarik bukan karena jenis tanaman yang ditanam di dalamnya, karena taman ini dibentuk dengan menggunakan tanaman biasa, si Pucuk Merah saja. Taman tematik yang satu ini menarik karena “menantang” para pengunjung yang masuk untuk menemukan “jalan keluar”.

Pengunjung yang masuk harus bisa menemukan jalan keluar dan itu tidak mudah dilakukan karena banyak sekali jalan buntu, berliku, dan bahkan berputar-putar. Namanya juga labirin yang seperti tidak ada ujungnya. Apalagi karena pohon di taman ini setinggi orang dewasa sehingga para pengunjung yang melalui labirin harus mengandalkan pada instingnya (atau peta yang dijual di kios terdekat).

Menarik dan lumayan menantang.

taman labirin - labirynth di taman bunga nusantara E
Taman Labirynth atau Labirin

Apa Yang Bisa Dilakukan di Taman Bunga Nusantara?

Pertanyannya selalu demikian kalau terkait dengan sebuah tempat wisata. Pertanyaan yang normal-normal saja karena tentunya semua orang ingin tahu bagaimana menikmati tempat wisata tersebut. Iya kan?

Jadi, apa yang bisa dilakukan disana?

Hem, kalau Anda pecinta adrenalin dan menginginkan sebuah petualangan yang seru, atau pecandu ketegangan, kalau boleh saya sarankan, batalkan niat Anda ke Taman Bunga Nusantara.

Bukan karena saya tidak memberikan referensi bagus bagi tempat ini, tapi hanya mengatakan yang sebenarnya. Destinasi wisata yang berada di kawasan Puncak ini memang tidak ditujukan untuk maksud itu. Oleh karena itu, tidak ada permainan yang untuk “uji nyali”.

taman bunga nusantara tempat untuk mendapatkan udara segar dan sejuk serta menikmati pemandangan alam

Taman Bunga Nusantara lebih cocok untuk mereka-mereka yang ingin melepas kepenatan dan menjauh dari kesibukan sehari-hari di kota besar.

Tempat ini menyajikan udara sejuk dan segara ala udara pegununan, yang didapat dari lokasinya yang berada di antara Gunung Gede – Pangrango. Ditambah dengan taman-taman indah penuh dengan bunga berwarna warni, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi untuk bersantai dan menjauh dari hingar bingar kota besar.

Tidak ada asap klendaraan. Tidak ada bunyi klakson.

Rasanya betah untuk berdiam diri menatap permukaan air di kolam atau melihat kecantikan berbagai jenis bunga yang tertata rapi. Rasanya enak dan nyaman sekali dibandingkan melihat bangunan beton di kota besar dan merasakan paru-paru terisi hawa segar.

Tidak ada adrenalin yang terpacu. Yang ada adalah suasana tenang dan indah.

Paling banter, ramainya disebabkan oleh lalu lalang sesama wisatawan atau beberapa kendaraan, seperti Wara Wiri yang mondar mandir mengantar wisatawan berkeliling.

Bisa dikata suasananya sama dengan Kebun Raya Bogor. Jadi, tidak salah juga kalau Anda mau meniru 14 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor disini.

Tempat ini juga bisa menjadi tempat bercengkerama dengan anak dan keluarga. Berbincang santai sambil menikmati rantangan atau makanan. Tidak sedikit pengunjung yang membawa raket dan kemudian bermain bersama-sama disana.

Taman Bunga Nusantara juga bisa dikategorikan sebagai tempat yang sangat fotogenik dan pasti akan membuat para penggemar selfie berbunga-bunga. Pemandangan berbagai jenis bunga terhampar tentunya akan sangat membantu menghasilkan foto selfie yang bagus.

Kalau ada foto selfie yang tidak bagus disini, ya berarti kemampuan fotografi yang memotret harus dipertanyakan. Tempat sebagus itu dan hasil foto tidak bagus, berarti salah fotografernya. Silakan baca 13 Tips Selfie untuk memastikan tidak sia-sia Anda membayar tiket masuk.

Buat yang sedang honeymoon atau menjalin kasih, tempat ini jelas sangat cocok untuk membuat kenangan. Terutama yang sudah siap untuk menuju ke pelaminan, Taman Bunga Nusantara jelas cocok untuk menjadi lokasi prewedding bertema cinta. Percaya lah!

Tetapi, untuk pemotretan prewedding, tarifnya berbeda. Ada harga khusus untuk itu, tetapi diimbangi dengan tersedianya kamar ganti bagi untuk menyesuaikan dengan tema pemotretan.

Taman Bunga Nusantara juga cocok untuk kegiatan berkelompok karena disana banyak lahan luas untuk berkumpul banyak orang.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

fasilitas di taman bunga nusantara A

Toilet!

Tidak aneh kalau kata itu yang pertama terlintas di pikiran Anda. Bagaimanapun, kamar “kecil” ini adalah sebuah keharusan yang ada untuk memenuhi kebutuhan manusia membuang sesuatu dari badannya. Tanpa adanya ruangan ini, bisa berabe dah!

Jawabannya, jangan khawatir. Tidak mungkin orgasnisasi sebesar Yayasan Bunga Nusantara peraih berbagai penghargaan melalaikan yang satu ini.

Ada.

Banyak malah.

Dan, menyenangkan untuk menggunakannya. Bersih dan terawat sekali. Dan memiliki satu hal yang berbeda dengan toilet di Jakarta atau Bogor, atau kota-kota besar lainnya, yaitu “air dingin”, super dingin malah. Maklum air itu berasal dari mata air di kawasan Puncak yang terkenal dingin.

Rasanya segar sekali ketika dipakai untuk mencuci muka.

So, fasilitas penunjang terpenting bisa dikata sangat memenuhi syarat.

Fasilitas selanjutnya, TEMPAT MAKAN.

Tidak semua pengunjung datang membawa perlengkapan dan makanan. Banyak yang hanya lenggang kangkung saja alias cuma bawa diri, dan dompet tentunya. Tentu akan jadi masalah untuk mengisi perut kalau tidak ada tempat makan, seperti restauran atau penjual makanan lainnya.

fasilitas penunjang dan tempat makan di taman bunga nusantara A

Dan, di Taman Bunga Nusantara seharusnya tidak menjadi masalah. Cukup banyak resto dan kedai yang menyajikan berbagai jenis makanan tersedia disana. Lokasinya tertata di bangunan utama lokasi wisata ini (dekat pintu masuk).

Makanan yang disajikan memang tidak memiliki ciri khusus. Kebanyakan menawarkan cita rasa “luar”, seperti sajian ala negeri Sakura Jepang (yang rasanya sudah disesuaikan), kemudian makanan ala Barat, atau juga Timur Tengah.

Tidak istimewa masakannya, tetapi untuk mengisi perut yang sedang lapar, tentunya lebih dari cukup.

Enaknya adalah karena lokasinya, pengunjung bisa menikmati hidangan sambil melemparkan pandangan pada pemandangan indah yang terhampar disana.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara
Garden Tram

Mahal kah? Murah Kah?

Jawabannya bisa beragam. Masing-masing punya pendapat terkait mahal atau murah harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara. Tidak ada jawaban pasti dan pasti tidak sama setiap orang.

Hanya, mengalami sendiri berada disana bersama keluarga, saya hanya bisa mengatakan pengunjung seharusnya mendapatkan hal yang sesuai dengan yang yang dikeluarkannya disana.

Pantas. Seimbang. Layak.

Harga tiket masuk yang Rp. 40.000 per orang (usia di atas 4 tahun harus membeli tiket) sesuai dengan pengalaman dan kenikmatan melihat keindahan yang jarang dilihat di kehidupan sehari hari, Banyak orang mungkin berpikiran bahwa terlalu mahal, tetapi katakan hal itu pada para penduduk Tokyo yang untuk menghirup udara segar saja harus datang ke bar penjual oksigen dan membayar lebih mahal.

Di Taman Bunga Nusantara, selain oksigen yang berlimpah, kesejukan udara, dan lanskap yang memukau, rasanya sangat pantas memberikan harga masuk yang hanya kurang dari 3 Dollar Amerika Serikat itu. Cobalah saja pergi ke Singapura dan apakah bisa masuk sebuah tempat wisata dengan tiket hanya seharga kurang dari pizza ukuran medium di Pizzah Hut.

Selain tiket masuk, di untuk menggunakan beberapa fasilitas lain, seperti Dotto Train atau Wira Wiri, atau Golden Tram yang akan membawa pengunjung berkeliling, ada tiket tambahan yang dibayarkan di loket penyedia. Besarannya tidak banyak hanya Rp. 5.000-40.000 orang saja bagi yang malas jalan kaki. Juga beberapa area lain seperti Rumah Kaca yang mengenakan tarif masuk sebesar Rp. 5.000/orang saja.

Lengkapnya harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara dan beberapa fasilitasnya bisa dilihat di bawah ini :

Tiket Masuk (usia 4 tahun ke atas) : Rp 40.000,-
Tiket Dotto Trains Rp 50.000,-
Tiket Garden Tram Rp 50.000,-
Parkir Motor : Rp 10.000,-
Parkir Mobil : Rp 15.000,-
Parkir Minibus : Rp 20.000,-
Parkir Bus : Rp 25.000,-
Tiket Wira Wiri Rp 5.000,-
Tiket Rumah Kaca Rp 5.000,-
Peta Maze Garden Rp 1.000,-

Cara Menuju Taman Bunga Nusantara

Cara Menuju Taman Bunga Nusantara Cianjur

Menggunakan kendaraan pribadi adalah cara terbaik untuk menuju Taman Bunga Nusantara. Bukan berarti yang tidak memiliki mobil atau motor senditi tidak boleh ke sana, tetapi kalau melihat rute dan ketersediaan angkutan umum, rasanya jelas lebih nyaman, efisien dalam hal waktu dan bahkan biaya kalau menggunakan kendaraan pribadi.

Lagupula, TBN berada sekitar 9 kilometer dari jalan Raya Puncak melewati perkampungan dan persawahan. Lumayan juga kalau harus ditempuh dengan angkot.

Rutenya sederhana saja.

  • Kalau menggunakan mobil dan lewat jalan Tol jagorawi, keluar di ujung Ciawi. Kemudian arahkan kendaraan ke Puncak. Selepas Puncak Pass dan setelah turunan Ciloto, maka akan terlihat jelas Billboard yang menjelaskan arah ke Taman Bunga Nusantara. Tidak akan salah karena di beberapa titik persimpangan akan ada panduan susulan yang menjelaskan arah dan jaraknya
  • Kalau menggunakan sepeda motor, dari arah Bogor, ambil jalur ke Tajur, dan tentunya kemudian ke Ciawi. Dari Ciawi arahkan kendaraan ke Puncak, selebihnya sama
  • Kalau menggunakan angkutan umum dari Bogor, cara termudah adalah dengan menggunakan angkutan L-300 yang mengarah ke Cipanas-Cianjur. Tarifnya dulu sekali Rp. 35 ribu, entah sekarang sudah lama saya tidak menggunakan jasanya. Nah, berhenti bisa di dekat Billboard Taman Bunga NUsantara atau di pasar Cipanas. Kemudian, pergunakan angkot trayek Cipanas – Loji . Itu saja. Jangan tanyakan tarifnya karena saya tidak tahu dan tidak menggunakan jasa angkot ini saat pergi kesana.

Itulah sedikit cerita dan ulasan tentang Taman Bunga Nusantara. Percayalah tidak rugi pergi kesana. Apalagi kalau perginya dengan orang-orang kesayangan kita. Rasanya gimana gitu.

(Catatan : Mayoritas foto yang ada di foto ini adalah hasil karya Arya Fatin Krisnansyah, si kribo kecil kesayangan kami yang tingginya sekarang sudah melebihi bapaknya. Orang yang sama yang juga sering membuat kamera Canon EOS 700D tidak berada di tempatnya. Sebagian lagi difoto dengan menggunakan smartphone lawas Asus T00N yang bahkan baterainya saja sudah tidak bisa ditemukan di pasaran – bukti bahwa memotret foto yang bagus itu tidak selalu perlu kamera mahal)

4 COMMENTS

  1. Ikhalid Al Raihan

    Jadi pengen ke sana, tapi liat jalanan ke Puncak… Aduh, gak jadi deh…

    • Nah itu tantangannya.. hahahaha

  2. cimanggubogor.com

    mantap surantap juragan, tapi jalan kesononya perlu perjuangan hahaha apalagi jalan puncak tea pan sudah rahasia umum kang

    • Bener pisan.. ampun dah kalau ke Puncak mah..bikin capek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.