sop ayam pak min
Sop Ayam Dada Pechok khas Pak Min

 

Di jalan Abdullah bin Nuh Bogor, terdapat sebuah tempat yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Setiap hari, tempat tersebut dikerumuni dan disesaki oleh banyak orang. Apalagi pada saat jam makan siang. Tempat tersebut dikenal oleh warga Bogor di bilangan Yasmin dan Cimanggu dengan Sop Ayam Pak Min Klaten.

Tepat tebakan anda ! Tempat tersebut adalah sebuah warung makan karena bentuk penataannya sederhana sekali tanpa pernak pernik. Tidak ada AC yang ada hanya beberapa kipas angin.

Mengapa disebut warung makan, masalahnya pada rumah makan, biasanya dapurnya di bagian belakang dan tertutup. Sementara, warung sop ayam Pak Min ini justru meletakkan dapurnya di depan.

Dapurnya hanya dipisah dengan tembok rendah. Pengunjung bisa melihat langsung kompor , panci dan berbagai aktifitas masak memasak.

Ruang makannya memang luas. Belasan bangku dan meja kayu memanjang berjejer dari depan hingga belakang. Pada dinding, selain daftar menu terdapat juga foto si Pak Min yang katanya asal Klaten (Jawa Tengah).

Sederhana. Karena itulah, dalam tulisan ini disebut sebagai warung makan dan bukan rumah makan.

Apa yang membuat Sop Ayam Pak Min ramai ?

sop ayam pak min Bogor
Ruangan di dalam warung Pak Min

Bila anda membayangkan sesuatu yang wah , aneh atau unik, maka anda akan kecewa. Justru di tempat ini, menunya sangat sederhana. Sebenarnya di rumah pun makanan yang disajikan sering dibuat.

Sesuai nama tempatnya, sajian disini hanya berupa SOP AYAM. Itu saja.

Hanya itu ? Bukankah tadi disebutkan di atas terdapat daftar menu ?

 

Memang betul ada deretan nama di daftar menunya. Walaupun demikian bila diperhatikan isinya, semuanya berujung pada satu jenis masakan saja, sop ayam.

Variasinya hanya berupa Sop Ayam Nasi Campur, Sop Ayam Dada Pechok, Sop Ayam Ceker dan lain sebagainya.

Memang inilah inti dari warung makan ini.

Sop Ayam Pak Min

Meskipun hanya memiliki satu jenis masakan yang ditawarkan, Pak Min membuat strategi yang cukup jitu sehingga warungnya selalu ramai.

sop ayam pak min
Warung Sop Ayam Pak Min

Ayam yang dipergunakan sebagai unsur utama masakannya adalah ayam kampung dan bukan ayam broiler. Sebagai hasilnya sop ayam yang disajikan tidak berlemak dan dagingnya tebal.

Harga yang murah. Wilayah dimana warungnya berdiri merupakan sebuah daerah yang penuh dengan perumahan dan juga perkantoran. Warung ini bukan hanya mengandalkan kunjungan wisatawan sebagai sumber pemasukan. Harga termahal disini adalah untuk Sop Ayam Pisah Dada Pechok.

Ibu-ibu rumah tangga yang sedang malas memasak bisa dengan mudah menjangkaunya. Karyawan di perkantoran mendatanginya pada saat istirahat makan siang. Belum lagi penunggu pasien di RSIA Hermina yang terletak di seberangnya.

Rasanya enak. Tentu walau strategis sebuah usaha kuliner tidak akan berjalan jika rasa masakannya tidak enak. Meskipun tidak terlalu istimewa (karena sudah terbiasa makan sop ayam), tempat ini termasuk dalam kategori enak.

Ukuran porsinya juga cukup besar. Semangkuk sebenarnya bisa dinikmati oleh dua orang bila beserta nasi. Bagi ibu rumah tangga dengan beberapa anak, sop ayam Pak Min tentu akan terasa ekonomis dibandingkan memasak sendiri.

——-

Pemilihan lokasi yang tepat, harga bersaing , masakan enak merupakan kunci ramainya warung Pak Min dari Klaten. Hal-hal tersebut menutupi ketiadaaan sesuatu yang unik dan istimewa yang biasanya dipakai untuk mengundang pengunjung.

Cara Menuju ke Sop Ayam Pak Mien

sop ayam pak minMudah. Lokasinya terletak di jalan Abdullah bin Nuh jadi anda tinggal mencari penjelasan cara mencapai jalan tersebut. Untungnya sudah ada tulisan tersebut di Lovely Bogor.

Meskipun demikian , di bawah ini akan dijelaskan cara menuju ke tempat tersebut dari dua titik kedatangan saja. Selebihnya bisa anda cari di tulisan tentang jalan yang dimaksud

dari stasiun Bogor, pergunakan angkot 07 atau 12 Merah yang biasa menanti di depan pintu keluar stasiun. Berhenti di Taman Air Mancur. Lanjutkan dengan angkot no 16 Merah. Berhenti di Simpang Yasmin dan lanjutkan dengan berjalan kaki saja karena hanya sekitar 100 Meter saja dari sana.

dari terminal Baranang siang, anda lebih baik berjalan ke pool bus Trans Pakuan di jalan Cidangiang (di dekat Botani Square). Trans Pakuan akan langsung melewati jalan ini. Berhenti di halte RSIA Hermina dan warung Sop Ayam Pak Min akan terlihat begitu anda turun.

 

4 COMMENTS

  1. Mantap nih kalau dimakan bersama keluarga.
    Semoga kelak bisa mampir kesana.

    • semoga ya mas.. bisa maen ke Bogor

  2. Indri Lidiawati

    kesukaan saya tuh mas soto ayam, sepertinya enak banget dimakan pakai lontong hehe 😀

    • Mau saya kirim dari bogor mbak…:D

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.