Home Sosial Budaya Radar Bogor – membawa dunia ke Bogor

Radar Bogor – membawa dunia ke Bogor

2608
2
Harian Radar Bogor
Harian Radar Bogor

Radar Bogor – Warga Bogor. sebagai masyarakat modern selalu haus akan informasi. Informasi yang bukan hanya mengenai kotanya sendiri tetapi juga tentang dunia di luar kotanya.

Arus informasi tersebut dibawa ke kota hujan melewati berbagai macam media. Sebagian melalui media online yang semakin digandrungi dan juga berbagai media cetak.

Kedekatannya dengan ibukota Indonesia, Jakarta membuat warga Bogor banyak disuguhi media cetak berskala nasional. Apalagi banyak sekali warga Bogor yang bekerja di Jakarta membuat koran seperti Kompas , Media Indonesia dan media nasional lainnya menjadi langganan mereka.

Meskipun demikian tidak berarti bahwa warga Bogor tergantung 100% pada media-media tersebut sebagai sumber informasi mereka.

Terdapat beberapa koran lokal yang ikut meramaikan kancah dunia informasi di kota hujan ini. Diantaranya terdapat nama RADAR BOGOR.

Radar Bogor

Koran ini bukanlah koran lokal pertama yang diterbitkan di Bogor. Merujuk pada arsip sejarah yang ada di Museum Perjuangan Bogor, di kota ini pernah terbit sebuah koran bernama Gelora Rakjat.

Meskipun demikian bila waktu dihitung mulai tahun 1990-an, koran dari kelompok Jawa Pos ini bisa disebut sebagai pelopor.

Ketika pertama kali terbit, Radar Bogor kental sekali dengan aroma kota hujan. Kira-kira 75% kontennya memberitakan berbagai topik tentang Bogor. Bisa dikata saat itu Radar Bogor meraup pangsa pasar yang cukup besar.

Perkembangan masa, merubah situasi permediaan di tanah Pasundan ini. Internet menjadi pendatang yang dengan cepat digandrungi sebagai penyedia informasi utama.

Harian Radar Bogor
Harian Radar Bogor

Sesuatu yang tidak hanya merubah kancah permediaan tetapi juga merubah selera masyarakat Bogor terhadap jenis informasi. Berita lokal tentang kotanya sendiri tidak lagi dirasa cukup.

Pengaruh media online membuat masyarakat Bogor mulai lebih suka diidentifikasi atau diasosiasikan sebagai bagian dari masyarakat yang lebih besar. Mereka cenderung lebih menyukai informasi dari dunia yang lebih luas.

Hal tersebut mendorong berbagai media cetak lokal melakukan penyesuaian dalam konten mereka.

Begitu pun yang terjadi pada Radar Bogor.

Kolom-kolom berita yang dulunya kental dengan nuansa kota hujan mulai mengalami perubahan.

Apabila di masa awalnya berita tentang PSB (Persatuan Sepakbola Bogor) atau Persikabo (Persatuan Sepakbola Kabupaten Bogor) berada di halaman utama bagian olahraga, sekarang tidak lagi. Berita Barcelona mengalahkan Real Madrid atau Manchester United dipermalukan lawannya akan menempati headline.

Bahkan berita yang menjadi headline di halaman muka koran ini, sekarang lebih cenderung adalah kejadian-kejadian berskala nasional. Sesekali saja, apabila ada berita lokal seperti penangkapan Bupati Bogor beberapa waktu lalu, headline Radar Bogor memasang topik lokal sebagai headline.

Kolom-kolom di Radar Bogor

Tuntutan zaman internet dapat terlihat dalam pembagian porsi berita. Saat ini kalau dihitung berdasarkan topik dan halaman yang dipergunakan, maka kira-kira 60% isi bertopik nasional dan sisanya mengenai Bogor (dan sekitarnya).

Kolom-kolom berita dan halaman diberi nama yang lebih pop dibandingkan sebelumnya. Dalam koran terbitan Sabtu, 2 Mei 2015 bisa terlihat bagian-bagian seperti :

KICKERS

Kolom olahraga. Bagian ini masih terbagi lagi menjadi dua bagian utama yaitu TOTAL FOOTBAL dan ALL SPORT.

Total Football memberitakan berbagai topik mengenai olahraga terfavorit sedunia, sepakbola. Isinya tak satupun berita mengenai sepakbola lokal bahkan Indonesia.

All Sport, berisikan berita-berita olahraga non sepakbola dan hanya dua buah topik berasal dari Indonesia,

METROPOLIS

Radar Bogor
Harian Radar Bogor

Bagian ini baru beraroma Bogor. Beritanya berasal dari Bogor dan “sekitarnya”.

Tambahan kata sekitarnya dalam tanda kutip karena bukan hanya berita tentang Bogor. Terdapat bagian dimana topik yang berasal dari Cianjur dan Sukabumi pun diletakan di bagian ini.

Satu halaman diberi judul berbeda dengan topik yang juga meliput satu bagian tertentu saja dari kabupaten Bogor. Halaman ini bernama RADAR CIBINONG.

FEMALE dan SPORTAINMENT

Dua halaman dalam koran ini mencerminkan bahwa koran ini menyesuaikan juga sesuatu yang sedang nge-trend dalam masyarakat.

Female, membahas berbagai hal mengenai wanita. Cara memakai hijab, memakai kosmetik hingga sosok seorang wanita yang dianggap spesial menghiasi halaman 24 ini.

Sportainment, memajang berita tentang bintang-bintang olahraga di luar lapangan.

Selebritis , tentu saja tidak terlupakan topik-topik berkaitan para pesohor, sosialita dan juga artis.

Masih ada lagi beberapa bagian seperti Mimbar Bebas berisikan surat pembaca, Nasional, Internasional dalam koran urang Bogor ini.

———

Perubahan yang terjadi pada koran beroplah 15-20,000 eksemplar per harinya dengan bandrol Rp. 3,000.- ini sebenarnya seiring dengan berbagai perubahan dalam masyarakat Bogor sendiri.

Bila di masa lalu , selera mereka cukup terpuaskan dengan sebuah koran yang menyuguhkan konten lokal, saat ini kebutuhan tersebut meningkat. Warga Bogor dewasa ini menginginkan lebih, mereka menginginkan sebuah media yang bisa membawa nampan berisikan informasi dunia ke hadapan mereka.

Itulah yang dilakukan oleh Radar Bogor hari ini.

—-

Informasi tambahan :

– Radar Bogor tersedia dalam bentuk online. URL-nya adalah http://radarbogor.id/. Pembaca bisa melihat tampilan hanya untuk membaca berita lebih lanjut pembaca akan diminta melakukan registrasi dan log-in dahulu

– Kantor Redaksi Radar Bogor beralamat di

Jl. KH. R. Abdullah Bin Muhammad Nuh No. 30 Taman Yasmin, Bogor 16310.
Telp. : (0251) 754-4001
Fax: 0251-7544007 (keuangan), 0251-7544008 (redaksi), 0251-7544009 (iklan).
Website : www.radar-bogor.co.id atau http:radarbogor.id
email: redaksi[at]radar-bogor.com, iklan[at]radar-bogor.com, promosi[at]radar-bogor.com

-Untuk menuju kantor ini bisa memakai angkot no 32 Biru trayek Cibinong – Pagelaran. Bila dari arah Terminal Baranangsiang bisa memakai bus Trans Pakuan dan berhenti di halte/shelter Teras Yasmin. Selengkapnya klik nama jalan yang diberi warna biru.

2 COMMENTS

  1. permisi dan maaf boleh minta kontak WA?

    • Boleh silakan saja.. bisa kontak di 085719407415

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.