Puskesmas Bogor Tengah - Puskesmas Kumuh dan Semrawut Sudah Tidak Zaman 4

Apa yang terbayang di benak Anda kalau mendengar kata Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat? Sebuah bangunan tua, kumuh, tidak terawat, kotor, yang pelayanannya menyebalkan?

Segera hapus image seperti itu dari kepala. Di Kota Bogor hal seperti itu sudah tidak zaman lagi. Kalau tidak percaya silakan kunjungi saja Puskesmas Bogor Tengah, salah satu puskesmas tertua di Kota Bogor dan sejak dahulu dianggap pelayanannya paling baik.

Tidak perlu masuk ke dalam ruangan kalau memang sedang tidak sakit dan perlu ketemu dokter. Cukup lihat saja dari luar, penampilan salah satu pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah ini.

Puskesmas Bogor Tengah - Puskesmas Kumuh dan Semrawut Sudah Tidak Zaman

Jika tidak ada papan nama terpampang di depannya, bisa dimaklum kalau orang menduga bahwa tempat ini adalah sebuah klinik swasta. Tidak akan heran.

Bangunannya jauh dari kesan kumuh. Yang terlihat adalah bangunan bertingkat modern dengan fasilitas yang sangat memadai. Dari sini saja stigma yang selama in di benak banyak orang bahwa puskesmas pasti tidak nyaman sudah seharusnya terhapus.

Penampilan Puskesmas Bogor Tengah yang berlokasi di Jalan Telepon no 1 ini bahkan jauh melebihi banyak klinik kesehatan non pemerintah di Kota Bogor. Keren.

Apa yang ditangani oleh puskesmas ini pun bukan lagi hanya sekedar memeriksa pasien dan memberikan suntikan ala mantri. Sudah banyak hal yang bisa ditangani. Sebut saja :

  1. Pelayanan Obstetri Neo Natal Emergensi Dasar (berkaitan dengan tindakan gawat darurat persalinan seperti kuret)
  2. Poli Umum, Poli Gigi, Poli Mulut
  3. Pemeriksaan Kesehatan Ibu dan Anak
  4. Keluarga Berencana
  5. Pemeriksaan dan Pengobatan Tuberkulosis
  6. Pemeriksaan Kehamilan. USG, EKG
  7. Pemeriksaan Haji
  8. Deteksi Dini Penyakit
  9. Persalinan 24 jam

Puskesmas Kota Bogor Tengah ini juga diperlengkapi dengan ruang gawat darurat persalinan untuk menangani kasus kelahiran bayi. Tentunya hal ini sesuai dengan target pemerintah untuk mengurangi tingkat kematian ibu dan bayi saat melahirkan.

Bisa dikata, puskesmas ini mirip dengan sebuah rumah sakit mini dengan perlengkapan yang sangat memadai untuk tindakan pertolongan pertama pada masyarakat.

Berbeda sekali dengan puskesmas di masa lalu yang hanya bisa melakukan tindakan dalam skala yang lebih terbatas.

Puskesmas Bogor Tengah - Puskesmas Kumuh dan Semrawut Sudah Tidak Zaman 2

Jadi, jangan pernah lagi beranggapan dan ragu untuk pergi ke puskesmas karena kumuh, semrawut, dan tidak nyaman. Puskesmas Bogor Tengah ini bukti bahwa sudah tidak zaman puskesmas kumuh dan semrawut.

Alamat Puskesmas Bogor Tengah

  • Jalan Telepon no 1, Kelurahan Pabaton
  • Kecamatan Bogor Tengah
  • Telpon : 0251-8326540

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.