Mesjid Agung Bogor
Mesjid Agung Bogor

 

Mesjid Agung Bogor, mungkin yang terlintas di benak Anda pembaca adalah sebuah mesjid yang besar, megah, dan mungkin indah.

Tidak salah sebenarnya. Kata “agung” memang memiliki makna tersebut.

Jadi ketika sebuah tempat memiliki kata tersebut di dalamnya, maka tidak salah bila yang terbayang adalah sebuah mesjid dengan kubah besar, tertata rapi dan juga indah dengan berbagai ornamen di dalamnya.

Bangunan ibadah umat Islam yang dibangun pada tahun 1987 ini memang seharusnya menjadi sebuah landmark bagi kota Bogor. Seharusnya kesan agung terlihat .

Tentu saja, karena itulah awal ide yang dihasilkan dari pertemuan berbagai tokoh di Kota Bogor, termasuk mereka yang berada di dalam pemerintahan. Kebutuhan akan tempat ibadah yang representatif sekaligus sebagai pusat bagi kegiatan umat muslim di kota inilah yang melahirkan Mesjid Agung Bogor ini.

Sayangnya, hal tersebut tidak terlihat pada Mesjid Agung Bogor saat ini.

Kondisi Mesjid Agung Bogor saat ini

Mesjid Agung Bogor
Gapura Mesjid Agung Bogor

Ketika Anda memasuki mesjid ini, maka bisa terlihat pemandangan yang menunjukkan apa yang saya maksud.

Pada gerbang seharusnya terpahat “Mesjid Agung Bogor”. Pada foto yang diambil pada 25 Oktober 2015 yang lalu, menunjukkan apa yang penulis maksud di atas.

Huruf “A” hilang. Entah apa yang terjadi, tidak ada yang tahu

Bila kita memasuki ruangannya, maka akan terlihat beberapa hal lain. Hal yang menunjukkan bahwa usia bangunan yang menua memerlukan banyak sekali perbaikan dan renovasi.

Atap yang terkelupas. Terlihat beberapa bagian kubah yang dulu pernah ada, sudah terlepas dari tempatnya.

Mesjid Agung Bogor
Pemandangan Kubah Mesjid Agung Bogor

Pemandangan kubahnya berbeda dengan kondisinya di tahun 1990-an. Kubahnya masih terlihat cukup indah dipandang mata. Bahkan di tahun 2011, kondisinya masih jauh lebih baik.

Sebagai perbandingan, silakan lihat sebuah artikel dari blog lain yang banyak berisikan foto-foto Mesjid Agung Bogor di masa lalu. Silakan klik disini untuk membandingkan kondisinya beberapa tahun lalu.

Mesjid Agung Bogor
Ruangan Utama Mesjid Agung Bogor

Masih ditambah dengan kesan lantai dua yang berdebu. Di beberapa sudut terlihat beberapa bagian lantai berlubang.

Ada kesan bahwa perawatan pada mesjid ini tidaklah maksimal. Kondisinya sangat jauh berbeda dengan Mesjid Raya Bogor di Jalan Pajajaran.

Baca juga : Mesjid Raya Bogor – Jejak Pluralis

Memang, Mesjid Agung Bogor sangat ramai sekali setiap harinya.

Tidaklah mengherankan karena lokasinya yang berada di pusat keramaian.

Mesjid yang berada di Jalan Dewi Sartika ini berbatasan dengan Pasar Kebon Kembang di sebelah Utara, Taman Ade Irma Suryani dan Taman Topi di bagian Selatan, serta Pusat Grosir Sepatu Bogor dan Stasiun Bogor di sebelah Barat.

Mesjid Agung Bogor

Mesjid ini selain dipergunakan sebagai sarana ibadah, juga sering dipakai sebagai tempat berisitirahat bagi banyak orang. Bukan hanya pengunjung tetapi juga oleh masyarakat sekitarnya.

Hanya.. apakah ramai menyebabkan mesjid ini menjadi seperti ini? Seharusnya tidak.

Memang belum sampai taraf mengenaskan. Mesjid ini masih berfungsi dengan sangat baik dan bahkan sering menjadi pusat kegiatan kaum muslimin di kota Bogor.

Meskipun demikian, sebagai sebuah tempat yang seharusnya menjadi landmark dari sebuah kota, penampilan Mesjid Agung Bogor, sudah seharusnya lebih baik dari yang saat ini terlihat.

Kesannya menjadi terlihat semrawut, tidak teratur dan agak kumuh. Mungkin karena jejeran pedagang kaki lima yang menggelar lapaknya di sepanjang Jalan Dewi Sartika membuat kesan tidak teratur.

Mesjid Agung Bogor
Tempat Parkir Mesjid Agung Bogor

Apalagi bagian-bagian yang dulu hijau sudah hampir tiada karena dijadikan tempat parkir. Padahal salah satu ciri Mesjid Agung Bogor di masa lalu adalah kerimbunannya. Bahkan Mesjid Raya Bogor pun tidak serimbun mesjid ini di masa lalu.

Masih ditambah dengan banyaknya pedagang asongan yang berdagang di area mesjid. Sampah-sampah berupa puntung rokok dan juga bekas minuman terlihat berserakan di taman dan pot sekitar mesjid.

Mungkin sudah saatnya pemerintah dan juga tokoh-tokoh masyarakat Kota Bogor kembali mengadakan pertemuan. Sama seperti yang dilakukan ketika pertama kali mendirikannya.

Bedanya, kali ini untuk melakukan revitalisasi terhadapnya.

Sudah saatnya Mesjid Agung Bogor, kalau tidak bisa dibuat lebih baik, setidaknya dikembalikan ke kondisinya semula.

Seharusnya bukan sebuah tugas yang sulit. Apalagi akan sesuai dengan kebijakan pemerintah Kota Bogor yang ingin memperindah kota.

Rasanya Mesjid Agung Bogor harus mendapatkan prioritas untuk dibenahi. Jangan sampai kondisinya keburu mencapai “mengenaskan”.

2 COMMENTS

  1. Avatar www.idmedis.com

    saya belum pernah berkunjung ke bogor, namun saya yakin bagor itu indah walaupun ada beberapa bagunan publik yang butuh renovasi.. mudah2an untuk kedepan baik pemerintah dan pemuka agama lebih mempehatikan hal-hal demikian… salam kenal ya kang..

    • Salam kenal juga dari Bogor. Memang betul kota ini indah tetapi layaknya manusia, ia pun butuh perawatan. Semoga sarannya terdengar oleh mereka yang berwenang.

      Terima kasih ya mbak/mas atas kunjungannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.