Makaroni Panggang
Restoran Macaroni Panggang

Bila anda berkunjung ke Bogor untuk merasakan cita rasa masakan non tradisional, pergilah ke Taman Kencana. Disana terdapat sebuah rumah makan dengan nama Macaroni Panggang.

Ya , betul nama restorannya adalah Macaroni Panggang sesuai dengan nama menu andalan tempat ini yaitu Macaroni Panggang.

Memang entah alasannya apa, kebanyakan rumah makan di Taman Kencana memakai menu andalan mereka sebagai nama tempatnya. Beberapa yang lain ada Rumah Cupcakes, Klappertaart Huize dan seterusnya.

Restoran ini merupakan salah satu ciri khas dari kuliner atau oleh-oleh Bogor. Sudah berulangkali tayangan dan liputan tentang wisata kuliner di tempat ini terlihat di layar kaca.

Apa itu macaroni panggang ?

Macaroni Panggang
Macaroni Panggang oleh-oleh khas Bogor

Macaroni adalah sejenis pasta khas dari Italia. Nama aslinya maccheroni. Bentuknya seperti tabung panjang dengan tengah yang bolong (ada juga yang berbentuk siku) dan terbuat dari tepung gandum.

Menurut asal-usul (walau masih diperdebatkan), jenis pasta ini dibawa dari Cina oleh sang penjelajah terkenal Marcopolo.

Nah macaroni panggang adalah salah satu bentuk dari kreasi masakan dengan bahan baku macaroni. Adonannya menggunakan telur, susu, daging asap, mentega dan tentu saja keju.

Bisa dikata tidak berbeda jauh dengan satu jenis masakan berbahan makaroni lainnya seperti macaroni schottel atau macaroni casserole. Hanya bedanya terletak pada kata panggangnya.

Hal ini menghasilkan sebuah makanan yang memiliki kulit yang tidak lembek, kering dan renyah. Meskipun demikian bagian dalamnya tetap berisi adonan khas masakan macaroni yang lembut dan gurih.

Restoran Macaroni Panggang (MP)

Restoran MP terletak di jalan Salak di wilayah Taman Kencana Bogor. Untuk mencapai tempat ini bisa dilihat pada petunjuk cara menuju dan menu restoran ini.

Makaroni Panggang Bogor
Fish and Chips di Macaroni Panggang

Tempat berwisata kuliner ini memakai sebuah bangunan bernuansa kolonial. Sesuatu yang menjadi ciri khas wilayah Taman Kencana yang dulunya merupakan pemukiman khusus warga Eropa.

Bangunan terdiri dari dua tingkat dengan halaman yang luas serta asri. Bangunannya sendiri memakai arsitektur Indo Eropa karya Ir Thomas Karsten. Bangunan memang didesain untuk memperlancar sirkulasi udara untuk mengantisipasi cuaca tropis.

Lingkungan sekitar juga sangat asri karena dinaungi oleh pepohonan besar. Mata pengunjung juga bisa menikmati hijaunya Taman Kencana.

Restoran MP , meski memang mengandalkan macaroni panggang, memiliki berbagai jenis kuliner lainnya. Mayoritas dari yang ada dalam daftar menu mereka adalah masakan “londo” alias orang bule.

Mulai dari Lasagna Gulung, Fish and Chips , dan berbagai jenis menu khas masakan Barat lainnya terdapat dalam daftar menunya. Meskipun demikian terdapat pula beberapa menu “umum” dari makanan Indonesia.

——-

Makaroni Panggang
Suasana di Restoran MP

Kalau anda berkunjung ke tempat ini, meskipun tentu itu terserah anda, rasanya sayang kalau justru anda memesan makanan Indonesia “biasa”.

Keunikan dari Restoran Macaroni Panggang adalah variasi berbagai makanan non tradisional. Inilah kekuatan dari restoran ini.

Apalagi bila anda sudah jauh-jauh datang ke Bogor dan ke restoran ini tetapi tidak merasakan ke-khasan tempat ini rasanya “gimana gitu”.

Lagipula rasa macaroni panggangnya jauh dari kata mengecewakan. Renyahnya kulit , lembutnya bagian dalam makanan ini tentu akan membuat anda pulang dengan hati senang.

Anda bisa membayangkan diri anda bak “meneer” atau “noni” Belanda sedang ongkang-ongkang kaki sambil nyemil dan ngobrol. Suasananya toh menunjang untuk itu.

Hanya saja , “suasana” tersebut mungkin hanya bisa dirasakan bila anda datang pada hari non libur. Pada hari libur tempat ini sangat ramai. Bahkan untuk mendapatkan tempat saja harus menunggu ada yang selesai.

Restoran Macaroni Panggang
Suasana di sekitar Macaroni Panggang

Halaman parkirnya memang terbatas. Walaupun demikian sepertinya teratasi dengan kerjasama antar beberapa rumah makan yang ada disana. Kalau anda makan di MP, anda bisa memanfaatkan lahan parkir di restoran lain seperti Rumah Cupcakes (tentu bila ada yang kosong).

Parkir pun tidak dikenakan biaya dan bahkan kalau anda akan memberikan uang parkir, petugasnya akan menolak secara halus.

Bila anda tidak bisa terlalu lama menunggu, anda tetap bisa merasakan salah satu kuliner khas Bogor ini. Macaroni Panggang bisa dipesan untuk dibawa pulang dalam kotak.

Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan ukuran perut anda. Ada ukuran small, medium dan besar. Tergantung dari kebutuhan anda.

Nah bila anda berkunjung ke Macaroni Panggang, mungkin anda harus bersiap menjadi meneer dan noni. Paling tidak lidah dan perutnya agar bisa menikmati apa yang disajikan disana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.