Komunitas Fotografi Di Bogor

Kawan, kalau Anda sedang berkunjung ke Bogor, kemudian melihat satu atau beberapa orang lalu lalang di sebuah lokasi sambil menenteng kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan lensa segede termos, janganlah langsung menduga bahwa orang itu adalah wartawan.  Bisa jadi orang tersebut hanyalah seorang anggota Komunitas Fotografi di Bogor.

Memang di masa lalu, kamera jenis ini merupakan senjata para pemburu berita, tetapi sejak 10 tahun belakangan, hal itu bukan lagi monopoli mereka. Apalagi sejak harga kamera tersebut menjadi sangat terjangkau oleh banyak kalangan, makin banyak warga Bogor yang memiliki hobi yang sering disebut sebagai Seni “Melukis Dengan Cahaya Itu”.

Jumlahnya pun semakin hari semakin bertambah banyak. Begitu pula jenis perlengkapan yang dipergunakan mulai dari kamera saku/pocket camera atau smartphone, Kamera Prosumer/Bridge Camera, hingga kamera DSLR.

Sasaran bidikan lensa mereka pun beragam. Meskipun Bogor banyak memiliki lokasi wisata berpemandangan indah, tidak semua terfokus untuk mengabadikan keindahan pemandangan atau landscape Bogor. Banyak yang justru berkeliaran di jalan-jalan Kota Hujan untuk mengabadikan momen-momen di kehidupan sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah Kang Rudy Sempur yang mengabadikan keindahan berbagai tempat di dalam Kota Bogor.

Tidak berbeda pula dengan banyak penghobi lainnya, mereka juga membentuk komunitas-komunitas. Tujuannya, selain untuk bertukar ilmu dan tehnik, juga untuk bersilaturahmi antar sesama penggemar memotret itu. Tidak jarang untuk komunitas-komunitas ini melakukan “hunting” bersama ke berbagai tempat.

Paling tidak ada 5 komunitas fotografi di Bogor, seperti yang tersebut di bawah ini.

Komunitas Fotografi Di Bogor

1. Bogor Diajar Motret

Bogor Diajar MotretSebuah grup tertutup dan memerlukan persetujuan admin untuk bergabung. Meskipun demikian, tidak lah sulit untuk menjadi anggotanya.

Member salah satu komunitas fotografi di Bogor ini sudah mencapai hampir 7000 orang.

Wall komunitas ini di Facebook sering dipergunakan untuk memajang hasil-hasil buruan para anggota, bertanya dan bertukar pengetahuan. Tidak jarang pula dipergunakan untuk bercanda antar sesama anggota dan memang tidak dilarang untuk dilakuikan.

Aliran atau genre yang ada di dalam komunitas ini bervariasi dan tidak ada yang khusus.

2. Komunitas Fotografi Bogor

Komunitas Fotografi BogorAnggotanya sudah melebihi angka 6000 orang.

Public group dan semua orang bisa join.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini pun tidak berbeda dengan Bogor Diajar Motret dan komunitas-komunitas lainnya. Bagi yang ingin memamerkan hasil karyanya, wall komunitas ini di FB pun bisa dipergunakan.

Genre anggotanya beragam.

3. Bogor Street Photography

Bogor Street Photography

Ini yang agak berbeda dengan yang lain. Komunitas Fotografi di Bogor yang satu ini memiliki genre khusus.

Genre yang menjadi landasan adalah fotografi jalanan atau street photography.

Para penggemar fotografi disini menekankan pada kehidupan di jalanan sebagai obyeknya.

Merupakan komunitas fotografi di Bogor yang paling bontot dan yang paling sedikit anggotanya, baru sekitar 130-an saja ketika tulisan ini dibuat.

Untuk menjadi anggotanya diperlukan persetujuan admin.

4. Bogor Photos And Wild Advemture

Bogor Photo & Wild AdventureMenggabungkan hobi fotografi dan kegiatan bertualang di alam bebas adalah ide yang mendasari komunitas ini.

Berbagai foto hasil karya para membernya mencerminkan keindahan alam dan serunya petualangan di alam bebas.

Hunting yang sering dilakukan pun tidak hanya berkisar di wilayah Bogor, tetapi juga sering dilakukan di luar wilayah Kota Hujan.

Memerlukan persetujuan admin untuk menjadi anggotanya.

5. Komunitas Fotografi Indonesia (Bogor)

Komunitas Fotografi IndonesiaMemang bukan sebuah komunitas fotografi yang khusus untuk wilayah Bogor. Lingkup KFI, nama sebutannya memiliki ruang cakup seluruh Indonesia.

Nah, ternyata KFI sendiri memiliki cabang atau bagian khusus wilayah Bogor, yaitu KFI Bogor yang mewadahi para penggemar fotografi di kota ini.

Secara keseluruhan jumlah member KFI melebihi 100,000 orang. Sebuah jumlah yang luar biasa besar.

Disini bisa dilihat berbagai hasil karya para fotografer amatir atau profesional dari seluruh Indonesia.

Genre bebas.

——

Nah, itulah 5 komunitas fotografi di Bogor, atau yang memiliki cabang di Bogor.

Kelima komunitas ini akan sangat membantu bagi seorang penggemar fotografi untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasannya tentang dunia potret memotret ini. Juga sekaligus untuk menambah network dan teman. Mayoritas anggotanya tidak pelit berbagi ilmu yang mereka miliki.

Mereka terbuka bagi siapa saja. Tidak ada batasan jenis kamera yang dipergunakan, mau mempergunakan DSLR silakan, mau memakai kamera smartphone sekalipun bukan masalah. Juga tidak ada batasan usia, gender, atau agama di dalamnya.

Bila Anda seorang penggemar fotografi, ada baiknya bergabung dengan salah satu dari komunitas di atas. Bisa sangat membantu memperluas wawasan dan juga pengetahuan tehnik. Bisa juga memperluas network dan jaringan, baik untuk bisnis atau pertemanan.

Asal jangan heran kalau ternyata Anda bertemu dengan beberapa orang yang sama di komunitas yang berbeda. Tidak ada keharusan memilih salah satunya. Anda juga bisa menemukan saya di kelima komunitas fotografi di Bogor ini.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.