Kebun Raya Bogor dalam gambar-bagian ketiga

kebun raya bogor dalam gambar-bagian ketiga
Prasasti Reinwardt

Kebun Raya Bogor dalam gambar-bagian ketiga tidaklah akan menjadi bagian terakhir dari seri Kebun Raya Bogor dalam gambar. Hanya saja untuk sementara ini merupakan yang terakhir dalam beberapa waktu kedepan.

Alasannya sederhana saja karena stok gambar terkait Kebun Raya Bogor sudah tidak tersedia lagi. Semuanya sudah dimasukkan ke dalam 2 bagian terdahulu.

Apakah masih ada lagi yang bisa dilihat dan dinikmati dari sana setelah semua itu. Jawabannya ya, masih cukup banyak yang belum terangkum. Bisa disebut salah satunya adalah Rumah Anggrek, Taman Soedjono Kassan. Semuanya belum sempat terekam oleh kamera untuk disuguhkan kepada

Nah bagian ketiga akan berisi

1) Prasasti Reinwardt

Sebagai wujud penghargaan terhadap Bapak Kebun Raya Bogor terdapat sebuah prasasti di dalam kebun raya ini. Tempatnya sebenarnya gampang terlihat, hanya saja seringkali pengunjung melewatkan bagian ini.

Penampakan prasasti tersebut seperti gambar-gambar ini. Perhatikan prasasti berbentuk batu yang menghadap ke Istana Bogor pada awal tulisan ini . Inilah prasasti Reindwardt. Lokasinya seperti foto di bawah ini.

Istana Bogor

 

2) Museum Zoologi

Mungkin anda sudah melihat Museum Zoologi dalam gambar di kategori “Bogor dalam gambar”. Meskipun demikian, jangan pernah lupa mengunjungi tempat yang satu. Gratis !

Pada dasarnya Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi tidaklah terpisah. Keduanya bertujuan sama .

Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

 

3) Lapangan dekat Cafe Dedaunan

Pemandangannya indah lho. Pengelola Kafe dan Kebun Raya cukup bijak dengan membuat kafe bak menyatu dengan suasana disana. Sambil menikmati hidangan disana anda bisa menikmati hijaunya Kebun Raya

 

kebun raya bogor dalam gambar-bagian ketiga

 

4) Sungai Ciliwung

Jangan lupa bahwa Kebun Raya dibelah dua oleh Sungai Ciliwung. Ada sisi dimana sungai tersebut terlihat indah walau di lain waktu terlihat kotor akibat tangan-tangan tak bertanggung jawab. Pastikan anda tidak membuang sampah atau apapun ke sungai atau tempat lainnya selama berada disini.

 

kebun raya82

 

5) Makam Mbah Jepra

Terlepas dari masih banyaknya tanda tanya tentang keberadaan makam ini, kompleks makam Mbah Jepra adalah sebuah tempat yang layak dikunjungi. Terutama anda penggemar wisata ziarah.

 

Kebun Raya Boor

 

6. Treub’s Laboratory dan sekitarnya

Tidak jauh dari pintu masuk ke arah kiri anda ada sebuah tempat yang juga sering terlewatkan. Pemandangannya cukup indah selain itu terdapat beberapa bangunan kuno yang dulu pernah dipakai untuk penelitian.

Treub Laboratory

 

Treub Laboratory

 

Treub Laboratory

 

7) Dan terakhir untuk edisi ini.. Teratai Raksasa

Ada beberapa jenis teratai yang ada di Kebun Raya Bogor. Yang paling menonjol adalah Teratai Raksasa (Victoria Amazonica)

kebun raya bogor66

 

Demikianlah Kebun Raya Bogor dalam gambar-bagian ketiga.

Semoga anda bisa menikmati!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.