[INFO] Dilarang Berbicara, Ngobrol, Atau Menelpon Di Atas Commuter Line

Pastinya peraturan “dilarang berbicara, ngobrol, atau menelpon di atas Commuter Line” kurang populer bagi banyak kelompok penumpang KRL Jabodetabek ini. Banyak penumpang yang sengaja bergerombol bersama kawan-kawan seperjalanan dan menghabiskan waktunya dengan ngobrol atau menelpon dengan ponsel mereka.

Hanya saja, dalam masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung beberapa bulan ini, sejak Maret 2020, kegiatan-kegiatan ini berpotensi membantu penyebaran virus. Penelitian menunjukkan bahwa virus berbahaya ini bisa ditularkan melalui dropplet air liur yang keluar dari mulut saat berbicara.

Jadi kegiatan yang selama ini menjadi favorit sebagian penumpang menimbulkan resiko yang cukup besar bagi kesehatan penumpang lainnya.

Memang, keharusan memakai masker mengurangi resiko tersebut, tetapi karena mayoritas pengguna KRL menggunakan masker kain, yang kemampuannya membendung virus kurang baik, potensi bahaya ini tetap ada.

Jangan heran kalau naik Commuter Line, pengumuman tentang aturan yang satu ini terus digencarkan baik di stasiun maupun di atas kereta. Bahkan, lewat media sosial pun himbauan ini terus digencarkan oleh PT KCI, Kereta Commuter Indonesia.

[INFO] Dilarang Berbicara, Ngobrol, Atau Menelpon Di Atas Commuter Line 2

Oleh karena itu, larangan berbicara ngobrol, atau menelpon bagi penumpang Commuter Line atau KRL Jabodetabek ini sangat diapresiasi dan sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi seperti ini.

Meski pastinya akan menjengkelkan bagi sebagian penumpang, tetapi demi kebaikan bersama, hal seperti ini haruslah dipatuhi. Toh masih banyak cara lain untuk bisa mengisi waktu selama perjalanan tanpa harus membuka mulut.

(Walau, sayangnya,  dalam pengamatan selama dua hari mulai WFO (Work From Office) terakhir, terlihat beberapa penumpang yang seperti cuek terhadap himbauan ini, saya berharap Anda tidak melakukannya. Bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk kita semua juga. Makanya, tulisan ini dibuat untuk mengingatkan pembaca Lovely Bogor yang juga penumpang Commuter Line mau ikut berperan serta mematuhi aturan ini)

Mari Berbagi