Boleh jujur? Saya tidak suka upacara, jenis apapun. Apa enaknya berdiri panas-panasan, karena upacara biasanya di pagi hari, dan kemudian harus mendengarkan pidato yang terkadang melantur kesana-kesini?

Yang pasti, upacara bendera bukanlah acara favorit yang mau saya lakukan. Bukan berarti saya kabur yah karena terkadang mau tidak mau terpaksa, daripada kena hukuman.

Apalagi, kalau kemudian sekolah mendapat instruksi untuk ikut upacara 17 Agustus-an di Lapangan Sempur. Malasnya menjadi berlipat ganda.

Masalahnya, sudah pasti harus datang 2 jam lebih awal. Berdiri lebih lama daripada upacara biasa. Kemudian di hadapan mata para tamu undangan dengan santainya diberi kursi dan duduk di bawah tenda hingga tidak terkena sinar matahari yang panas sambil mengipas-ngipas. Sementara, peserta harus rela berdiri di panas terik matahari tanpa pelindung dan menunggu sampai para orang “penting” hadir.

Malasnya tambah bertumpuk.

Dan, pernah saya berpikir apakah karena saya kurang nasionalis sehingga malas untuk ikut upacara?

Tapi, saat memotret di Upacara Hari Peringatan Kemerdekaan RI Ke-74 yang lalu di Lapangan Sempur, akhirnya saya menemukan jawabannya setelah melihat yang di bawah ini.

Ikut Upacara 17 Agustus Itu Melelahkan Loh... 4Ikut Upacara 17 Agustus Itu Melelahkan Loh... 3Ikut Upacara 17 Agustus Itu Melelahkan Loh... 2

Ikut Upacara 17 Agustus Itu Melelahkan Loh 6

Ternyata bukan karena saya tidak nasionalis. Rupanya banyak yang mengalami hal yang sama dari tahun ke tahun.

Mungkin, semua hanya karena menunggu bukanlah hal yang menyenangkan dan membosankan. Apalagi harus berdiri, mematung, diam tanpa mengerjakan apapun yang menjadi alasan rasa suka tidak hadir saat ikut upacara bendera.

Buktinya, tanggal 17 Agustus 2019 yang lalu, saya tidak merasa bosan meski mengikuti kegiatan yang sama satu jam lebih sebelum acara dimulai. Saat itu saya bukan peserta yang harus berdiri mengikuti perintah dan sibuk dengan memotret kesana sini.

Dan, saya menyukainya bahkan menikmatinya.

Mungkin di masa depan ada bagusnya, para peserta upacara bendera harus diberi sesuatu supaya mereka tidak bosan dan merasa lelah.Sekedar ide gila saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.