Commuter Line Ticket Vending Machine
Stasiun Bogor, 2016

Setelah cukup lama tidak menggunakan Stasiun Bogor sebagai stasiun keberangkatan akhirnya satu minggu yang lalu, saya kembali menginjakkan kaki ke salah satu stasiun tertua di Indonesia ini.

Banyak sekali perubahan yang sudah dilakukan oleh PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek). Tetapi, ada satu hal yang sangat menarik di stasiun yang aslinya dibangun tahun 1881 ini, yaitu Commuter Line Ticket Vending Machine.

Apa itu Commuter Line Ticket Vending Machine?

Commuter Line Ticket Vending Machine dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai Mesin Penjual Tiket Otomatis . Entah alasan apa sehingga PT KCJ mempergunakan istilah asing padahal mayoritas pengguna jasanya adalah orang Indonesia.

Tetapi, tidak apalah. Yang penting sudah tersedia.

Apa fungsi Commuter Line Ticket Vending Machine? Sama persis dengan apa yang dilakukan sebuah loket di stasiun. Yang membedakannya dengan loket konvensional adalah tidak ada petugas yang akan melayani.

Semua dilakukan oleh penumpang sendiri dengan bantuan mesin tersebut.

Pada Commuter Line Ticket Vending Machine, calon penumpang bisa

  • Melihat rute perjalanan Commuter Line
  • Membeli Tiket Harian Berjaminan
  • Menambah saldo Kartu Multi Trip
  • Mengambil kembali uang jaminan (Re-fund)

Sebagai contoh, bila Anda ingin membeli Tiket Harian Berjaminan (THB)ke Jakarta Kota , cukup melihat ke layar yang ada di mesin tersebut. Kemudian tekan tujuan yang dikehendaki. Di layarnya kemudian akan tampil ongkos yang harus dibayar (termasuk uang jaminan).

Setelah penumpang memasukkan uang ke dalam mesin, maka THB akan keluar dari salah satu slot. Begitu pula uang kembaliannya.

Commuter Line Ticket Vending Machine
Stasiun Bogor, 2016

Hal yang tidak berbeda ketika mengisi ulang saldo Kartu Multi Trip (KMT). Tinggal letakkan pada kotak yang tersedia, masukkan uang ke dalam slot khusus. Selesai, saldo KMT Anda sudah bertambah.

Proses refund (mengambil kembali uang jaminan) pun sangat mudah. Masukkan kartu ke slot yang sudah disediakan, lalu mengambil uang yang keluar di sebuah kotak lain.

Itu saja. Sangat sederhana dan PT KCJ terlihat juga menempelkan petunjuk yang cukup tentang cara pengoperasian mesin.

Terdapat 7 Commuter Line Ticket Vending Machine di Stasiun Bogor. Lokasinya berjejer dengan loket-loket konvensional (dengan petugas).

——-

Bukan sebuah hal yang baru mengingat di berbagai negara, seperti Thailand, Singapore, Hongkong, penggunaan Penjual Tiket Otomatis bagi transpoirtasi umum sudah dilakukan sejak belasan tahun yang lalu.

Meskipun demikian, perubahan yang dilakukan PT KCJ dalam hal ini sangat diapresiasi karena akan sangat membantu mempercepat pelayanan kepada penumpang.

Memang masih banyak penumpang terlihat gugup dan gagap mempergunakan mesin ini. Bisa dimaklum karena mungkin mesin ini terpasang belum terlalu lama. Hanya masalah waktu sebelum penumpang terbiasa dengan sistem otomatis ini.

Kalau Anda ragu tentang cara penggunaannya, jangan ragu untuk bertanya pada petugas terdekat. Mereka akan menjelaskannya kepada Anda. Bahkan Petugas Keamanan Dalam pun akan membantu Anda dengan senyum.

Stasiun Bogor
Stasiun bogor, 2016

Mudah-mudahan, Commuter Line Ticket Vending Machine juga dipasang di stasiun-stasiun lainnya. Sejauh ini, di Bogor saya baru menemukan mesin ini di Stasiun bogor saja. Di Stasiun Cilebut (tempat saya naik dan turun) belum tersedia.

Semoga.

6 COMMENTS

  1. indrayansyah mastup

    Punten pak,

    Saya mau nanya, kalau saya beli THB di vending machine, trus bayar sesuai tujuan, apa THB bisa dipakai untuk pulang-pergi ?

    • THB Pulang Pergi belum bisa dibeli lewat Vending Machine. Jadi hanya bisa sekali jalan, tetapi THB bisa diisi ulang. Jadi isi saja pada saat hendak kembali.

      Kalau mau THB pulang pergi beli saja di loket dan sebutkan tiket PP

  2. assalamualaikum Pak
    Numpang tanya kalo dr stasiun bogor mau ke ipb cilibende naik apa ya…..begitu juga jalur pulangnya apakah sama…
    Kalo aku sering bolak balik bogor amannya beli tiket jenis apa
    Terima kasih sebelumnya

    • Ke Cilibende dari stasiun Bogor pakai 03 Merah saja dan berhenti di jalan Juanda. Kemudian lanjut dengan 08 merah. Sebaliknya pakai 08 Merah ke arah warung Jmabu lalu lanjut dengan 08 Biru ke arah Pasar Anyar. Dari PAsar Anywr tinggal berjalan kaki

      Bisa juga dari Cilibende naik 08 Merah ke arah Tugu Kujang. Lalu dilanjut dengan naik 03 Merah menuju stasiun Bogor.

      Kalu sering bulak balik Bogor, mending pakai Kartu Multi Trip, jadi tidak perlu ngantri dan ambil uang jaminan setiap hari. Harganya 50000 termasuk saldo 30000. Bisa juga pakai Flazz kalau punya

  3. Permisi pak mau tanya dong,

    1. kl naek kreta commuter line yg ke arah st. cibinong adanya jam brapa aja jadwalnya?
    2. Kl mau ke mall cibinong city point yg deket turun dr st. mana cibinong atau st. nambo?
    3. Kl dari st. cibinong mau ke Cibinong Mall rute angkot nya gmn pak? ada gk yg langsung ke mall tsb?

    • 1. Turun di stasiun Cibinong. Kalau soal jadwal saya tidak hapal tapi bisa lihat di web ini atau di http://www.krl.co.id untuk lebih pastinya
      2 + 3) Turun di stasiun cibinong saja, kemudian naik angkot 08 yang ke arah Bogor. lalu turun di pertugaan Jalan Pemda karea Cibinong City Mall ada di salah satu sudut pertigaan itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.