Cap Go Meh Bogor 2016Kalau mendengar kata Cap Go Meh, atau perayaan akhir dari Hari Raya Imlek, tentunya yang terbayang adalah akan dipenuhi oleh berbagai kegiatan dari satu etnis tertentu saja, yaitu etnis Tionghoa atau Cina. Hanya, ketika menghadiri sendiri perayaan Cap go Meh Bogor 2016 yang lalu, kesan tersebut seperti sirna.

Para penonton yang menyaksikan berbagai atraksi, pawai dan parade disuguhi beragam kreasi dari berbagai budaya. Tidak hanya dari etnis Tionghoa.

Memang tidak semua suku dari Indonesia terwakili, tetapi pagelaran ini tidaklah dimonopoli oleh salah satu budaya saja.

Paling tidak ada wakil dari budaya Bali dalam bentuk Ogoh-Ogoh dan juga rombongan peserta pawai dengan pakaian adat dari Pulau Dewata tersebut. Ada pula Reog Ponorogo dari Jawa Timur yang sempat dinaiki oleh walikota Bogor, Bima Arya. Ada pagelaran wayang Sunda.

Selain itu budaya “modern” pun terwakili oleh kehadiran drum band dengan berbagai kostum yang menarik.

Cap Go Meh Bogor 2016Cap Go Meh Bogor 2016 juga sekaligus seperti menjadi sebuah ajang unjuk diri bagi banyak orang. Tentu dari sisi kreatifitas.

Banyak dari peserta parade atau pawai tidak lagi terfokus pada satu jenis budaya untuk merancang kostum yang dikenakan. Banyak dari rombongan peserta memadukan berbagai unsur, modern dan tradisional, Jawa, Sunda, Cina dan lain sebagainya.

Bahkan sulit untuk memisahkan yang mana membawa ciri khas budaya mana. Kesemuanya menjadi campur aduk, tentu dalam artian bagus.

Sulit sekali membayangkan hal tersebut terjadi pada sebuah acara, yang menurut beberapa kalangan, adalah puncak dari perayaan agama tertentu. Jauh sekali dari kesan tersebut.

Perhatikan saja beberapa foto di bawah ini. Kenalkah Anda?

Cap Go Meh Bogor 2016 Cap Go Meh Bogor 2016 007 Cap Go Meh Bogor 2016 008 Cap Go Meh Bogor 2016 009 Cap Go Meh Bogor 2016 b001

Cukup yakin kalau Anda mampu menebak dengan tepat berasal darimana mereka itu.

Tetapi.

Saya tidak yakin Anda bisa menbak asal dari yang di bawah ini.

Cap Go Meh Bogor 2016 a003 Cap Go Meh Bogor 2016 a002 Cap Go Meh Bogor 2016Cap Go Meh Bogor 2016

Cap Go Meh Bogor 2016

Bisakah menebaknya? Saya yakin tidak. Mereka tidak mencirikan satu etnis atau budaya tertentu.

Kostum-kostum unik dan juga gerakan mereka merupakan percampuran berbagai unsur budaya. Sulit untuk memisahkannya lagi berdasarkan asal muasal unsur masing-masing.

Kreatifitas perancangnya seperti mencerminkan dengan tepat apa yang ada di Kota Bogor. Pada kenyataannya memang begitulah adanya Bogor yang sudah menjadi plural dalam artian terdiri dari berbagai banyak suku dan budaya. Tidak lagi hanya terdiri dari satu jenis budaya saja.

Bukankah begitu kawan? Atau Anda masih sedang sibuk menerka unsur-unsur budaya dari foto-foto tersebut di atas?

Kalau begitu selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.