Blangko KTP Kosong Ke MPP (Mal Pelayanan Publik) Ajah A

Sama banget!  Membaca sebuah surat pembaca di harian Radar Bogor edisi Minggu 13 Oktober 2019 menghadirkan perasaan itu di dalam hati. Pengalaman yang sama kami rasakan selama dua bulan saat mengurus KTP untuk putra semata wayang kami, si Kribo Cilik. Blangko KTP Kosong atau Habis!

Apa yang dikatakan seseorang yang memiliki nomor HP 081293941123 itu tepatnya seperti di bawah ini :

Ia mengatakan,

Katanya harus segera membuat KTP Elektronik, tapi giliran bikin blangkonya habis. Padahal saya sudah daftar lewat online. 081293941123

Saya paham betapa menyebalkannya menunggu dengan ketidakpastian seperti itu. Sebagai warganegara yang baik, kami juga ingin patuh kepada aturan dan hendak segera membuat KTP ketika si kribo cilik mencapai usia 17 tahun.

Dimulai dari 2-3 hari setelah hari ulang tahunnya kami coba mengurus dari meminta surat pengantar dari RT/RW, kemudian kelurahan, dan kemudian kecamatan. Cukup lama juga karena saat itu kata petugas alat perekamnya rusak.

Hampir lebih dari satu bulan harus menanti, baru kemudian perekaman bisa dilakukan. Tetapi, itupun tidak bisa langsung jadi. Kribo cilik hanya mendapatkan SUKET saja. Bukan KTP.

Alasannya, ya itu tadi “Blangko KTP Habis”, kata petugas kecamatan. Bahkan, setelah beberapa kali menghubunginya lewat WA, jawabannya tidak berubah juga. Kosong!

Sampai akhirnya, sang mantan pacar mengajukan ide untuk coba mengunjungi MPP atau Mal Pelayanan Publik di Lippo Kebun Raya. Kebetulan saya harus membuat paspor dan setelah urusan di kantor imigrasi selesai, kami berkunjung kesana.

Ternyata, hasilnya, hanya dalam waktu 30 menit saja, KTP si Cilik yang sudah tidak lagi kecil itu “SELESAI”. Iyah, selesai dan langsung dibawa pulang untuk diserahkan kepada yang berhak.

Dilayani dengan ramah oleh petugas MPP yang baru diresmikan pada Agustus 2019 yang lalu. Mendapatkan penjelasan detail. Dan, masalah selama hampir dua bulan bisa selesai dalam waktu yang sangat singkat.

Tuntas dan beres.

Tidak urung hadir rasa kagum dan senang bagaimana sebagai warga kami benar-benar dibantu untuk mendapatkan hak dan sekaligus untuk menunaikan kewajiban memiliki kartu identitas diri. Sambil tentunya berharap kinerja baik seperti ini bisa untuk seterusnya.

Jadi, kalau Anda warga Kota Bogor, bila menghadapi masalah klasik pembuatan KTP, yaitu “Blangko KTP kosong”, ada baiknya coba pergi ke MPP (Mal Pelayanan Publik) atau Grha Tiyasa. Mungkin disana masalahnya bisa dipecahkan seperti yang saya alami.

(Baca juga : Cara Daftar Booking Antrian Online Grha Tiyasa (Map Pelayanan Publik – MPP)

Sayang, saya tidak tahu apakah sang penulis surat pembaca itu warga Kota Bogor atau Kabupaten Bogor. Entah kalau di wilayah Kabupaten apakah ada MPP juga karena kalau menurut berita, MPP Kota Bogor adalah yang pertama di Jawa Barat. Jadi, kemungkinan besar belum ada di Kabupaten Bogor.

Tetapi, mudah-mudahan saja, tulisan ini bisa membantu menyebarkan informasi kepada warga Bogor yang mengalami situasi yang sama.

Bisa bantu sebarkan? Klik saja tombol Facebook atau Twitter di bawah ini agar semakin banyak orang yang tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.