Rute Commuter Line / KRL Jabodetabek

Setiap hari kurang lebih hingga saat ini kurang lebih 700 ribu orang mempergunakan transportasi umum bernama Commuter Line. Semakin hari semakin banyak orang memadati stasiun di berbagai rute Commuter Line.

Apalagi warga Bogor yang sudah sejak dahulu menggantungkan transportasi-nya pada si ular besi ini. Bukan hanya karyawan atau pegawai yang bekerja di Jakarta tetapi kalangan yang dulunya enggan mulai beralih ke transportasi massal ini.

Rute Commuter Line - Stasiun Jakarta Kota

Mereka dari kalangan inilah yang karena jarang mempergunakan sarana ini sering bertanya-tanya. Bagaimana cara naik commuter line ? Berapa tarifnya ? Harus naik dimana dan turun dimana?

Untuk itulah beberapa tulisan tentang commuter line dibuat. Jika sebelumnya sudah dijelaskan cara naik Commuter Line, kali ini Lovely Bogor akan coba menjelaskan tentang rute Commuter Line Jabodetabek.

Rute Commuter Line Jabodetabek

Perhatikan gambar di bawah ini.

rute commuter line A

Rute Commuter Line resminya disebut sebagai Loop Line. Ada 6 rute yang masing-masing loop atau rute dipanggil dengan nama warna, seperti

  • Blue Line (Rute/Jalur Biru)
  • Red Line (Rute/Jalur Merah)
  • Yellow Line (Rute/Jalur Kuning)
  • Green Line (Rute/Jalur Hijau)
  • Brown Line (Rute/Jalur Coklat)
  • Purple Line (Rute/Jalur Ungu)

Masing-masing rute Commuter Line menempuh rute yang berbeda. Commuter Line atau acapkali disebut sebagai CL dalam bahasa orang kereta hanya bersinggungan di stasiun-stasiun tertentu.

Di stasiun-stasiun inilah biasanya penumpang harus berganti CL dari rute yang lain. Sebagai contoh, bila anda mau ke Bogor dari arah Bekasi, anda harus satu kali ganti CL. Masalahnya tidak ada rute Commuter Line langsung dari Bekasi ke Bogor.

Jadi sebelum anda membeli tiket, anda sebaiknya melihat rute Commuter Line yang biasanya dipampang di papan pengumuman. Biasanya ada di dekat loket atau di dinding sebelah loket.

Pastikan anda tahu harus berganti kereta dimana. Lovely Bogor akan menulis tentang bagaimana menuju satu atau tempat lainnya di tulisan terpisah.

Rute Blue Line (Jalur Biru)

Rute Blue Line akan memiliki ujung di stasiun Bekasi dan Jakarta Kota. Stasiun-stasiun yang dilaluinya adalah (dari arah Bekasi)

CIKARANG – CIBITUNG – TAMBUN – BEKASI TIMUR – BEKASI – KRANJI – CAKUNG -KLENDER BARU – BUARAN – KLENDER – CIPINANG – JATINEGARA – MANGGARAI – CIKINI – GONDANGDIA – GAMBIR – JUANDA – SAWAH BESAR – MANGGA BESAR – JAYAKARTA – JAKARTA KOTA.

PERHATIAN : CIPINANG DAN GAMBIR DIBERI WARNA MERAH. Commuter Line tidak berhenti di kedua stasiun ini. CL hanya akan melewati.

Rute Red Line (Jalur Merah)

Red Line jalurnya seperti garis lurus. Jalur ini menghubungkan antara Stasiun Bogor dengan Jakarta Kota.

Stasiun-stasiun yang dilewatinya adalah

BOGOR – CILEBUT – BOJONG GEDE – CITAYAM – DEPOK – DEPOK BARU – PONDOK CINA – UNIVERSITAS INDONESIA – UNIVERSITAS PANCASILA – LENTENG AGUNG – TANJUNG BARAT – PASAR MINGGU – PASAR MINGGU BARU – DUREN KALIBATA – CAWANG – TEBET – MANGGARAI – CIKINI – GONDANGDIA – GAMBIR – JUANDA – SAWAH BESAR – MANGGA BESAR – JAYAKARTA – JAKARTA KOTA

 Catatan : di rute Commuter Line ini, kereta TIDAK BERHENTI di stasiun Gambir.

Rute Yellow Line ( Jalur Kuning)

Stasiun awalnya adalah Bogor dan terakhir Jatinegara. Hanya saja ada juga KRL Jalur Kuning yang diberangkatkan dari Depok dan Nambo (Cibinong)

Stasiun-stasiun yang dilewatinya adalah

BOGOR – CILEBUT – BOJONG GEDE – CITAYAM – DEPOK – DEPOK BARU – PONDOK CINA – UNIVERSITAS INDONESIA – UNIVERSITAS PANCASILA – LENTENG AGUNG – TANJUNG BARAT – PASAR MINGGU – PASAR MINGGU BARU – DUREN KALIBATA – CAWANG – TEBET – MANGGARAI – MAMPANG – SUDIRMAN/DUKUH ATAS – KARET – TANAH ABANG – DURI – ANGKE – KAMPUNG BANDAN – RAJAWALI – KEMAYORAN – PASAR SENEN – GANG SENTIONG – KRAMAT – PONDOK JATI – JATINEGARA

PERHATIKAN :

– CL di jalur ini tidak berhenti di Stasiun MAMPANG (tanda merah)

– PASAR SENEN diberi warna hijau menyala karena kereta TIDAK BERHENTI di stasiun ini ketika berangkat dari stasiun BOGOR. Hanya ketika rute kembali dari JATINEGARA , kereta akan berhenti di stasiun tersebut

-Untuk rute CL jalur kuning ini juga ada yang tidak berakhir di stasiun Bogor, tetapi menuju Cibinong-Nambo

rute commuter line B
Gerbang Elektronik

Rute Green Line (Jalur Hijau)

Rute Commuter Line ini berangkat dari Maja dan berakhir di Tanah Abang. Ada juga CL dari jalur ini yang diberangkatkan dari Serpong dan Parung Panjang pada jam-jam tertentu.

Untuk waktu keberangkatan yang mana yang diberangkatkan dari kedua stasiun tersebut silakan lihat di website PT KCI (cek lewat Google)

Stasiun-stasiun yang dilewati jalur Hijau adalah sebagai berikut

RANGKASBITUNG – CITERES – MAJA – CIKAYA – TIGARAKSA – TENJO – DARU – CILEJIT – PARUNG PANJANG – CICAYUR – CISAUK – SERPONG – RAWA BUNTU – SUDIMARA – JURANG MANGU – PONDOK RANJI – KEBAYORAN – PALMERAH – TANAH ABANG

Rute Brown Line (Jalur Coklat)

Stasiun-stasiun yang dilewati rute Commuter Line jalur Coklat dari arah Tangerang adalah sebagai berikut :

TANGERANG – TANAH TINGGI – BATU CEPER – PORIS – KALI DERES – RAWA BUAYA – BOJONG INDAH – TAMAN KOTA – PESING – GROGOL – DURI

Rute Purple Line ( Jalur Ungu)

Ini adalah rute terpendek dari semua jalur yang ada. Jalur ini menghubungkan Tanjung Priok dan Jakarta Kota.

Stasiun-stasiun yang dilewatinya

TANJUNG PRIOK – ANCOL – KAMPUNG BANDANG – JAKARTA KOTA

Meskipun demikian ada pecahan jalur yang berbeda (jalu abu-abu) yaitu

TANJUNG PRIOK – ANCOL – RAJAWALI

 STASIUN TRANSIT

Selain stasiun-stasiun dimana CL tidak berhenti, ada beberapa stasiun yang harus anda perhatikan.

Rute Commuter Line / KRL Jabodetabek

Stasiun-stasiun ini adalah stasiun transit yaitu stasiun dimana ada dua rute Commuter Line yang bersinggungan. Disinilah tempat dimana anda harus berganti kereta atau rute (bila diperlukan)

Stasiun-stasiun tersebut adalah

  • JATINEGARA
  • RAJAWALI
  • KAMPUNG BANDAN
  • JAKARTA KOTA
  • DURI
  • TANAH ABANG
  • MANGGARAI
  • CITAYAM

CARA MENGGUNAKAN RUTE COMMUTER LINE

Untuk bisa memanfaatkan rute CL / KRL ini sebenarnya sederhana. Silakan ketahui dulu Anda hendak pergi kemana.

Misalkan, Anda dari Bogor hendak pergi ke Jatinegara, silakan lihat apakah ada trayek yang langsung kesana. Jawabnya ADA, karena ada jalur Kuning (Yellow Line) yang langsung dari Bogor ke Jatinegara.

Hanya saja, bila Anda hendak pergi ke Tangerang, dari Bogor, TIDAK ADA trayek yang langsung ke sana dari Bogor.

Jadi, Anda harus menggabungkan dua trayek, yaitu

  1. Yellow line atau Jalur Kuning sampai ke stasiun Duri
  2. dan Brown Line atau Jalur Coklat yang berangkat dari stasiun Duri ke Tangerang

Hal ini berarti Anda harus transit/berpindah kereta di stasiun Duri.

——–

Demikianlah penjelasan mengenai rute Commuter Line / KRL Jabodetabek yang ada.

Bila anda ingin bertanya sesuatu, bisa memanfaatkan kolom komentar atau kontak web ini. Sebisa mungkin kami akan coba berikan jawabannya.

Semoga membantu .

(Update : tulisan ini diedit dan diupdate pada tanggal 6 Agustus 2020 untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini serta perbaikan pada layout)

Mari Berbagi

637 thoughts on “Rute Commuter Line / KRL Jabodetabek”

  1. Pak saya belum pernah ke bogor. Saya mau ke RS Siloam di bogor. Kalau dari St. Pasar Senen saya harus beli TIket KRL yg bagaimana ya Pak? Apakah KRL nya langsung terakhir di St.Bogor pak?
    Lalu kalau mau balik lagi ke Jakarta di St. Pasar senen bagaimana pak? Terima kasih

  2. Pak Saya mau nanya
    1. Bagaimana Cara ke stasiun grogol jika dari Taman Budaya Sentul, apakah menggunakan aptb ataukah angkot? Apakah ada rutenya? Sebaliknya, jika dari stasiun grogol ke Taman Budaya Sentul, gimana rutenya ya Pak?
    2. Bagaimana Cara ke stasiun bogor jika dari Taman Budaya Sentul? Sebaliknya klw dari St. Bogor ke Taman Budaya Sentul, gimana rutenya ya Pak?

    • 1. Setahu saya APTB sentul tidak ada yang langsung ke Grogol. Jadi kalau mau ke Grogol dari sentul dan sebaliknya, silakan manfaatkan halte Trans Jakarta senayan sebagai tempat transit. Saya tidak tahu apakah lokasi stasiun Grogol dan halte Transjakarta di Grogol dekat atau tidak

      2. Tidak ada rute langsung mengingat Trans Pakuan Sentul Bogor yang entah beroperasi atau tidak. Jika ada, silakan pakai trans pakuan dari Belanova ke Baranangsing, kemudian naik angkot no 03 Merah ke arah stasiun Bogor. Rute dari stasiun Bogor ke Sentul pun sama, yaitu naik 03 Merah turun di Baranangsiang dan lanjut dengan Trans Pakuan. Semua ini dengan catatan kalau Trans Pakuan beroperasi karena sudah cukup lama stagnan dan tanpa kabar.

      Dari Belanova ke Taman Budaya Sentul tidak ada angkutan lain, jadi silakan pakai taxi.

      Saran saya kalau mau dari Taman Budaya Sentul ke stasiun Bogor, dan sebaliknya, pergunakan Grab atau Go Car. Lebih praktis waktu dan pasti mengingat transportasi ke arah Sentul bukanlah hal yang mudah dan pasti

  3. Maaf pak.. Kalo saya dari pasar senen mau ke SMP Salamqu cendekia bogor.. Efektifnya naik KRL rute mana ya pak,mohon penjelasannya .. Makasih pak

    • Chusnul, Salamqu Cendekia itu di Ciawi dan lumayan jauh dari stasiun kereta. Kalau mau naik KRL

      1. dari Senen naik yang langsung jurusan Bogor dan turun di stasiun Bogor
      2. Pakai angkot no 02 Merah dan turun di Pasar Gembrong di Sukasari
      3. Lanjut dengan angkot yang mengarah ke Cibedug/Cicurug/Lido

      Itu saja

  4. assalamualaikum..pagi pak anton..
    mau tanya..rencananya saya akan pergi ke daerah kebun raya cibodas ( bogor) dari tangerang.minta tolong petunjuk nya..hehehee..terima kasih sebelumnya

    • Wa alaikum salam Ina…

      KRB Cibodas lokasinya sebenarnya bukan di Bogor, itu masuk kawasan Cianjur.. hahahahaha.. masih jauh banget dari pusat kota Bogor mah. Tapi kalau mau kesana, coba rute ini (pakai kendaraan umum yah)

      1. Naik Commuter Line ke stasiun Bogor (lihat keterangan di sini )

      2. Dari stasiun Bogor naik angkot no 03 Merah, berhenti di depan terminal Baranangsiang atau di terminalnya

      3. Kemudian bisa naik

      – angkutan L-300 jurusan cianjur, bentuknya seperti di sini. Pakai yang jurusan Cianjur

      Kemudian bilang ke supir untuk diturunkan di Kebun Raya Cibodas. Nah, dari jalan raya ke dalam, masih harus jalan, naik ojeg lagi karena lumayan jauh.

      Lebih efisien kalau mau dari stasiun Bogor naik Grab atau Go Car saja, cuma lebih mahal tetapi lebih irit waktu

  5. Pk kalo dari stasiun gambir ke bogor transit nya di mana dan adanya jam brp?

    • Tidak ada Commuter Line dari Gambir menuju Bogor. Kalau mau ke Bogor naik kereta, Dudi harus pergi ke stasiun sesudah atau sebelum Gambir, yaitu Gondangdia atau Juanda. Dari situ baru ada CL yang ke Bogor.

      Naik bajaj atau berjalan kaki saja kesana karena jarak tidak jauh.

      Jadwalnya sendiri banyak antara jam 05.00-23.00

  6. Maaf Pa, mau tanya kalo dari stasiun senen ada ga yang langsung menuju stasiun bogor kota?

    • Ada.. langsung saja naik dari Senen ke bogor. Nanti berhenti di stasiun Bogor yang berada di pusat kota.

      • Pak mau tanya kalau dari St Tanah Abang ke St Bogor perlu translit atau tidak yah?

        • Tidak perlu. Pakai saja kereta yang datang dari arah Jatinegara/Angke menuju Bogor

      • kalao dr arah bogor mau ke.senen.bagaimana?
        kn.bogor jatinegara tdk berhenti di senen

    • Pak, jika saya dr cibubur mau ke stasiun bogor naik dari stasiun mana? Demikian jg sebaliknya dari bogor ke cibubur

      • Christin, sayangnya kalau dari Cibubur stasiun Kereta itu jauh. Tidak praktis kalau mau naik Commuter Line. Lebih baik memakai bus saja bisa sekali jalan ke Bogor. Kalau naik bus dan berhenti di Baranangsiang, bisa naik angkot 03 Merah ke arah stasiun Bogor.

        Yang ini lebih praktis.

        Tapi, Kalau mau naik kereta harus ke stasiun Cawang atau ke stasiun Depok. Muter-muter jadinya dan rentan terkena kemacetan.

  7. Pa mohon petunjuk.. dari mangga dua ke bogor.. transit apa mgga.. terus alamat st mangga dua sebelah mana..

    • Kardian, Kalau dari Mangga Dua, tidak perlu transit. Naik saja dari stasiun Jayakarta atau Stasiun Jakarta Kota. Kalau dari Harco/Pasar Pagi Mangga Dua, bisa naik ojeg sepeda atau mikrolet ke stasiun Jakarta Kota. Dari situ naik yang ke Bogor tidak usah transit

  8. Pak Anton saya dari purwakarta naik kereta lokal purwakarta , baik nya turun dimana untuk naik CL ke ST Citayam.

    • Saya tidak begitu hapal rute KA Purwakarta, cuma kalau lihat rutenya melewati dan berhenti di Pasar Senen.

      Kalau memang berhenti di Senen, turun disana saja, lalu naik CL ke arah Bogor dan berhenti di Citayam. Kalau ternyata tidak berhenti dan hanya berhenti di Tanjung Priuk juga bisa ke Citayam. Naik CL Tanjung Priuk ke Stasiun Jakarta Kota dan kemudian ganti kereta ke arah Bogor

      Begitu saja yah

    • Pak mohon petunjuknya kalau dari stasiun UI depok ke bogor bgmn caranya?

      • Naik CL ke arah Bogor dari stasiun UI saja.. langsung ke stasiun Bogor. Tidak perlu transit. Cukup sekali naik.

        Cuma stasiun UI tidak melayani Tiket Harian Berjaminan (THB) dan untuk masuk hanya bisa memakai KMT Kartu Multi Trip atau e-money. Kalau punya bisa naik dari UI, tetapi kalau tidak, naik dari Pondok Cina saja

  9. Siang Pak,Pak Saya Mau tanya Kalo Dari Tangerang Menuju Taman Rekreasi Wiladatika Kira” Naik kereta Yang Apa aja dan Turun Dimana Supaya Menuju Ke Wiladatika?
    Trimakasih

    • Tidak ada stasiun kereta yang dekat dengan Taman Wildatika. Stasiun terdekat Depok berjarak 15 kilometer dari stasiun Depok. Jadi, agak repot kalau mau pakai CL kesana karena lokasinya justru dekat dengan Cibubur. Mungkin bisa juga turun di Cawang dan kemudian naik bis ke arah Cibubur. Yang manapun perlu naik angkutan lain setelah naik CL

  10. Kalo dr tanah abang mau ke ciracas jaktim naik kereta apa lagi pak?

    • Waduh terus terang kalau ke arah Ciracas sulit karena tidak ada jalur kereta yang langsung kesana. Pilih saja antara Pasar Minggu/Kalibata/Cawang kalau mau ke Ciracas. Lanjut naik angkot

  11. Pak mau nanya kalo perjalan dari st bogor ke st gambir itu makan waktu berapa jam ya?

    • Tidak ada CL yang ke gambir. Dahlia harus berhenti di stasiun Gondangdia atau Juanda, lalu lanjutkan dengan bajaj atau ojeg ke Gambir.

      Perjalanan dari stasiun Bogor ke Gondangdia, sekitar 1 jam 20 menit kalau normal. Kemudian sekitar 10 menit untuk naik bajaj

  12. Pa mau tanya , kalau dari bogor mau ke lemah abang naik apa yah ??

    • Bisa naik Commuter LIne ke Bekasi.. kemudian sambung dengan angkutan umum dari sana

  13. Pak, kalo dari stasiun jatinegara mau ke TMII naiknya kemana dan turunnya dimana yang dekat dng TMII? trims

    • Dari Jatinegara naik yang ke arah Depok/Bogor dan turun di stasiun Cawang.. lalu dari situ lanjut dengan kendaraan umum lain.

      Bisa juga naik ke arah stasiun Kota, turun di Manggarai. Ganti kereta dengan yang ke arah Bogor atau Depo atau Nambo, turun di Cawang

  14. Saya dari Cibinong kalo mau ke stasiun Tanjung priok gimana

  15. Aslkm wr wb pak saya mu tnya baru baru ni kan ada ka pangandaran rute( gambir – banjar )pp dan ktny ny hrg msih promo kbtulan sy dari bogor , yg mu saya tanya klo sya dari bogor pesan tiket ny itu langsung yg ka pngadaran apkah harus nanti d gambir

    • Maaf saya tidak bisa Bantu jawab soal yg ini. Silakan hub PT KAI until lebih jelasnya.

      Saran saya Karena dari Gambir lgs saja pesan do gambir, lewat online, atau web KAI

    • Ass.wr.wb Pak sy blm pernah ke Bogor jk sy turun stasiun Gambir ingin Ke Bogor dg KRL sy hrs kemana trs beli tiketnya bgmn? Mhn penjelasan krn bsk hrs ke Bogor,mhn maaf dan terima kasih.

      • Bu Wina…

        Dari Gambir pergi ke stasiun Juanda atau Gondangdia karena Commuter Line tidak berhenti di Gambir. Ibu bisa naik bajaj atau ojeg dari Gambir ke salah satu stasiun itu. Tidak akan makan waktu lama, sekitar 10 menit saja.

  16. Selamat malam pak, kalo saya mau ke pasar senen dari tigaraksa.. Apakah bisa langsung atau gimana? Saya belum pernah naik KRL pak.. Mohon pencerahannya.. Trims

    • Tidak ada yang langsung dari stasiun Tigaraksa.

      1. Pakai CL ke arah Tanah Abang dan turun di stasiun ini
      2. Tunggu kereta dari arah Bogor yang menuju Jatinegara dan naik
      3. Turung di stasiun Gang Sentiong (satu stasiun setelah Pasar Senen) karena CL dari arah Bogor tidak berhenti di Pasar Senen
      4. Kemudian tunggu kereta balik dari arah Jatinegara dan berhenti di stasiun Senen (atau bisa juga keluar di stasiun Gang sentiong dan naik angkutan ke senen)

      Mudah-mudahan membantu

  17. Numpang tanya pak..klo kita mau ke gambir dari bogor harus nik cl yg jalur apa n turun nya dimana?

    • Naik CL ke Jakarta Kota.. turun di Gondangdia atau Juanda, kemudian bisa jalan kaki atau naik bajaj/ojeg

  18. Assalamu’alaikum pak. Pak sya mau tanya soal rute CL dari bogor ke bekasi. Krna sya akan pergi ke kp. Cikarawang. Itu sya naik kerta dri stasiun mana ya pak dan bagaimna sya bisa smpai ke stasiun bekasi ?
    Kira2 berpa kali transit ya pak ?
    Terima kasih

    • Wa alaikum salam..

      Kalau mau ke Bekasi, naik CL yang ke arah mana saja, turun di stasiun Manggarai.. lalu tunggu CL yang ke Bekasi. Itu saja.

      Jangan lupa pas beli tiket, langsung sebut Bekasi saja jadi tidak perlu keluar stasiun untuk beli tiket lagi.

  19. Selamat sore Pak, maaf saya mau nanya
    klo saya mau ke daerah deket terminal citeureup naiknya dari stasiun mana dan nanti saya bisa turun di stasiun mana? Terimakasih

    • Saya tidak hapal banget sih terminal citeureup itu sebelah mana. Yang saya tahu kalau naik CL, yang ke arah sana yang paling dekat adalah Stasiun Cibinong atau Nambo.

      Tapi saya tidak tahu setelah itu harus naik apa ke arah terminal Citeureup.

    • Pak saya mau bertanya jika saya dari stasiun bogor mau ke bsd serpong bagaimana ya? maaf saya belum pernah naik kereta kalo ke serpong. Mohon fast respon ya pak, terima kasih.

      • Maaf Isti tidak bisa fast response karena ngeblog itu masih sekedar hbi saja. Jadi tidak setiap hari saya bisa melototin blog dan menjawab komentar. Jadi, saya tidak bisa fast response karena masih banyak hal yang harus diurus

        Dari Stasiun Bogor ke Serpong.

        1. Naik kereta ke arah Jatinegara, turun di Stasiun Tanah Abang
        2. Lalu lanjut naik CL yang ke arah Parung Panjang/Serpong. Turun di stasiun Serpong.

        Thanks

  20. Hallo pak..saya dari sukabumi mau k bogor tepatnya bojong gede kalo dri statsiun paladang naik CL kah?? Atau gmn? Soalnya baru mau coba..terimakasih

    • Jalan kaki dulu ke arah Stasiun Bogor.. baru dari sana naik CL yang ke arah Bojong Gede

  21. Halo. Kalo dari Surabaya mau ke Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD), turun stasiun mana ya di Jakarta yg terdekat dengan ICE BSD? trus dari stasiun tersebut kalo mau ke ICE nya rute terdekatnya bagaimana ya?

    • Kalau naik kereta, dari Surabaya turun di Gambir…

      Nah dari situ naik CL yang ke arah Bogor, terus turun di Manggarai. Dari Manggarai, naik yang ke arah Tanah Abang, dan dari Tanah Abang naik yang ke arah serpong kalau mau ke BSD.

      Tapi kalau mau lebing singkat dari Gambir naik bajaj ke stasiun Tanah Abang dan dari Tanah Abang naik CL ke Serpong.

      Maaf saya tidak tahu ICE itu di sebelah mana, jadi tidak bisa kasih gambaran lebih lanjut dari StasiuN Serpong

  22. Selamat pagi pak , saya dari surabaya ingin menuju Univ pertahanan,Sentul,Bogor. setelah saya lihat di map ternyata stasiun cilebut yang paling dekat dengan univ pertahanan. kira2 stasiun apa di jakarta yang jurusannya langsung ke Stasiun Cilebud ya pak? dan bagaimana rutenya?.terimakasih pak.

    • Sentul jauh dari Cilebut. Kalau dari Surabaya brenti di Senen lebih baik naik APTB -BUS yg ke arah Sentul saja. Jangan naik krt krn tidak ada stasiun krt yg dekat Sentul. Rutenya panjang

      Kalau naik APTB bisa berhenti di BELANOVA dan lalu naik taxi saja

  23. Misi pak numpng tnya sy mau ke st lemah abang .dr st siun depok baru ad yg langsunv ap g ya

    • Nggak ada. stasiun lemah abang juga tidak ada commuter line yang mengarah kesana.. jadi coba naik yang ke arah cikarang.

      Dari Depok turun di Manggarai dan kemudian menunggu yang ke arah Cikarang

  24. met pagi pak…
    saya mau nanya kalo mau ke stasiun tigaraksa dari bandung turun dimana trs naik KRL apa ya ???
    mohon penecerahannya pak ..hehehe
    mksih …

    • Lha.. dari Bandungnya naik apa dan turun dimana.. Kalau naik kereta turunnya di Gambir kan.. langsung naik Bajaj aja ke Stasiun Tanah Abang, soalnya kalau naik CL agak lama.. harus naik yang ke Bogor, terus turun di Manggarai turun di Tanah Abang.

      Dari situ kalau tidak salah naik kereta ke arah Rangkas Bitung. Setahu saya belum ada CL yang ke Tigaraksa.. cek saja di stasiun Tanah Abang

    • Izin bantu menjawab yaa pak. Kalau dr bandung, pertama-tama naik Bus tujuan bogor, terus lanjut CL tujuan jatinegara/angke turun di st.tanah abang setelah itu naik CL lagi tujuan Maja/Rangkas Bitung turun di St.Tigaraksa.

  25. pagi Pak Anton, saya wibisono, mau bertanya jika saya dari Stasiun Bekasi mau ke stasiun cibinong bagaimana rutenya ya pak? lalu biasanya apakah kondisi penumpangnya padat atau tidak? terimakasih sebelumnya

    • Rutenya naik ke stasiun kota turun di Manggarai.. dari situ tunggu CL yang ke arah Nambo.

      Soal padat tidak, biasanya tergantung pada jam keberangkatannya bertrpatan dengan masuk atau pulang kerja tidak.

      • selamat siang pak anton, saya blm pernah naek KRL, dan saya mau kebogor dari stasiun bekasi, saya harus berganti KRL brpa kali, dimana dan apakah saya harus membeli tiket lg saat ganti KRL??
        Terimakasih..

        • Cukup berganti satu kali saja di stasiun Manggarai atau Jatinegara, tapi saya sarankan Manggarai saja.

          1. Beli tiket : langsung sebutkan tujuan akhirnya yaitu Bogor, jadi tidak perlu beli tiket lagi saat transit
          2. Naik kereta dan turun di Manggarai
          3. Tunggu kereta jurusan Bogor
          4. Naik dan turun di stasiun akhir (stasiun Bogor

          Begitu saja langkahnya.

          Maaf terlambat menjawab karena beberapa hari sempat tidak enak badan

  26. Pagi Pak Anton, salam kenal hendry dr bad serpong, sy kebetulan ada keperluan ke alamat : Rumah Duka Sentra medika Jl.Mayor Oking Cibinong. Dekat pintu tol cibinong/citereup. , mohon arahannya Pak, jika naik commuter dr rawabuntu turun dimana ya Pak, yg dekat dengan lokasi tersebut ? Terus naik apa lagi ya Pak terusannya? Terima kasih sebelumnya atas bantuannya Pak, salam.

    • Rawa Buntu.. Turun di Tanah Abang lalu tunggu CL yang ke arah Nambo. Turun di Stasiun Cibinong. Hanya jadwalnya sangat sedikit. Jadi cek langsung jadwalnya ke website PT KCJ

      Maaf saya tidak hapal rute ke Sentra Medika. Jadi tidak bisa bantu banyak selain rute CL saja

  27. Selamat sore pak
    Saya hari Sabtu sore ada rencana mau ke Bogor, tepatnya daerah pasir Muncang .
    Transportasi yang paling cepat dan mudah pakai Cl apa APTB ya pak,
    Berapa lama waktunya dan bagaimana rutenya ?
    Terima kasih

    • Sore..

      Kalau bisa pake APTB yang ke arah Ciawi lebih baik. Dari situ baru naik angkot ke Pasir Muncang di wilayah Caringin. Kalau pake CL malah kejauhan. Lokasi pasir muncang ada di jalan ke arah Sukabumi

  28. Halo pak saya riri, saya mau nanya kalo dari stasiun tigaraksa mau ke stasiun priuk itu gimana ya pak?

    • Naik ke arah Tanah Abang.. turun di Tanah Abang, lanjut dengan CL yang ke arah Jatinegara turun di Kampung Bandan lalu lanjut dengan CL ke priuk

      • Mlm pak…maaf saya mau tanya ….klo dari stasiun pasar senen ke stasiun bojong gede ada gax yua?☺

        • Mala.. ada.. Tunggu saja Commuter Line dari arah Jatinegara yang menuju Bogor. Nah, Bojonggede itu dua stasiun sebelum Bogor. Jadi tidak perlu transit.

  29. Permisi mau tanya..
    1. Kalo dari parung pnjang ke tmii naik krl stasiun terdekat apa ya?
    2. Dari parung panjang ke bekasi juga gimana ya.. apa ada yg langsung tanpa transit?

    Masih bingung..
    Makasih..

    • Tidak ada yang langsung ke Bekasi atau TMII

      1. Ke TMII – turun cawang dan naik bis ke arah TMII
      2. Ke Bekasi – Turun di Tanah Abang, naik CL yang ke arah bogor, turun di Manggarai, lanjut naik yang ke arah Bekasi
      atau turun Tanah Abang, naik CL ke arah Jatinegara dan turun disana, baru lanjut ke Bekasi

  30. Selamat sore pak.. saya mau nanya kalo dari pasar senen ke bogor tiketnya beli manual (tiket kertas) atau pakai emoney ya (kartu) ?
    Terima kasih

    • Za… Commuter Line sudah tidak pakai tiket kertas lagi, semuanya sudah berbentuk kartu elektronik.

      Kalau ada emoney, pakai saja. Hanya jangan lupa diaktifkan dulu. Caranya mudah, cari alat pengecek saldo dan aktifkan emoneynya disana. Setelah itu tinggal langsung pakai kok.

      Bisa juga beli di loket atau di automatic ticket vending machine.. yang mana saja dapat tiketnya berupa kartu

      • Hallo pak
        Saya mau bertanya kalo saya berangkat dari stasiun pasar senen kemudian ingin menuju stasiun grogol bagaimana caranya?

        • Dari Pasar Senen, naik yang ke arah Bogor.. turun di stasiun Duri. Dari sana naik CL yang ke Tangerang, turun di Grogol

Comments are closed.