Zam Zam Tirta Bogor
Pemandangan di Zam Zam Tirta Bogor

Zam Zam Tirta adalah nama sebuah tempat wisata air yang terdapat di Bogor. Lokasinya di Desa Ciomas Kabupaten Bogor.

Meskipun berada di Kabupaten Bogor, letak tempat wisata ini bisa dikata berada di perbatasan antara Kota dan Kabupaten sehingga aksesnya tidaklah sulit. Anda bisa mengunjungi cara menuju ke Zam Zam Tirta untuk mengetahui bagaimana dan rute menuju ke tempat ini

Berdiri sejak tahun 1998, Zam Zam Tirta belakangan ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Bogor.

Namanya mengambil nama air yang sangat diincar oleh kaum muslimin (orang beragama Islam), yaitu Air Zam Zam (Tirta = Air).

Meskipun demikian air yang memenuhi paling tidak enam kolam yang ada disini bukanlah air Zam-Zam. Menurut informasi air tersebut berasal dari mata air dari gunung Salak. seperti yang tertulis pada website resminya.

Hal tersebut bisa dilakukan mengingat lokasinya yang memang bisa dikata berada di kaki gunung Salak. Lokasinya berada di jalan yang bisa ditempuh untuk menuju ke Curug Nangka atau Curug Luhur.

Apa yang bisa dinikmati di Zam Zam Tirta ?

Zam Zam Tirta Bogor
Kolam di Zam Zam Tirta

Rasanya wajar bila anda bertanya apa yang bisa anda nikmati dan rasakan di sebuah tempat wisata. Bisa dikata semua wisatawan akan memiliki pertanyaan yang sama.

Bisa disebutkan maka ada beberapa hal yang bisa anda dapatkan di Zam Zam Tirta seperti

1) Kesejukan Air

Mengingat darimana asal airnya, maka begitu anda menceburkan diri anda bisa merasakan kesejukan air pegunungan menyentuh kulit anda.

Dibandingkan dengan beberapa kolam renang atau tempat wisata air di Bogor, ini adalah salah satu keunggulan Zam Zam Tirta.

2) Fasilitas bermain untuk keluarga

Zam Zam Tirta Bogor
Jamur Penyembur Air

Meskipun tidak sebanyak tempat wisata air di kota besar, terdapat beberapa fasilitas yang akan membuat anak-anak bisa bersenang-senang disini.

Ada ember tumpah yang akan mengguyur anak-anak dengan air. Ada seluncuran (waterboom) melingkar yang akan membuat anda bisa berteriak.

Kalau anak anda masih terlalu kecil , bisa dibawa ke air mancur dengan “jamur” yang akan menyemburkan air.

3) Kolam Renang yang banyak

Terdapat banyak pilihan kolam renang dengan variasi kedalaman yang berbeda. Yang paling dangkal 35 centimeter dan paling dalam 185 centimeter.

Jadi bagi anda yang masih kecil atau belum mahir bisa menyesuaikan dengan kedalaman yang ada.

Tentu saja akan menguntungkan bagi anda yang membawa anak balita. Kolam dengan kedalaman yang pendek bisa dipakai untuk melatih kesayangan anda atau sekedar untuk bersenang-senang.

4) Keamanan

Zam Zam Tirta Bogor
Waterboom ala Zam Zam Tirta

Zam Zam Tirta tidak melupakan sisi keamanan bagi anda dan keluarga selama bermain disana. Pengawas-pengawas kolam terlihat berada di kursi pengawas.

Terdapat juga pengawas yang duduk mengawasi bagian seluncuran atau waterboom.

Juga bila anda perhatikan bagian lantainya bukan hanya batu tetapi juga dilapisi “karpet” hijau. Hal ini membuat lantai di sekeliling kolam terasa tidak licin.

Sebuah hal yang tentu akan membuat anda tenang membiarkan anak anda bermain disana.

5) Kantin

Jangan Khawatir kalau anda lapar setelah bermain air. Tempat wisata Zam-zam Tirta menyediakan fasilitas Kantin atau Cafe.

Pilihannya cukup beragam dan rasanya cukup pilihan bagi pengganjal perut disana

6) Pemandangan Indah

Zam Zam Tirta BogorAnda bisa melihat pemandangan sosok gunung Salak atau si gunung Perak dari sisi di dekat Kafetaria. Bisa juga melihat dari atas balkon di sebelah kanan pintu masuk.

Anda bisa melihat sosok gunung Salak di gambar pertama dari tulisan ini. Bagaimana menurut anda menyejukkan mata kan ?

7) Tarif yang terjangkau

Tentu saja ini salah satu daya tarik tersendiri dari Zam Zam Tirta.

Tiket masuknya sangat terjangkau. Pada hari biasa (non libur) hanya sebesar Rp. 15,000.- / orang dan hari Sabtu/Minggu atau libur Rp. 25,000.-/orang.

Zam Zam Tirta Bogor
Kafetaria Zam Zam Tirta

Bandingkan dengan tiket masuk ke Curug Luhur yang mencapai Rp. 40,000.-/orang ditambah uang parkir Rp. 20,000.-/mobil dan Rp. 8,000.-/orang. Tentu akan terasa sekali beda dari sisi yang ini.

——–

Selama bermain disanapun tersedia penyediaan ban renang bagi anda yang belum mahir berenang. Tempat menunggu dengan peneduh yang membuat anda tidak akan kepanasan menunggu keluarga anda bermain.

Lahan parkirnya juga luas bagi anda yang membawa kendaraan pribadi kesana.

Zam Zam Tirta berada dalam sebuah kompleks yang juga memiliki fasilitas olahraga futsal yang disebut Zam Zam Futsal.

Hanya satu hal yang terlihat menghambat pengunjung datang ke Zam Zam Tirta.

Zam Zam Tirta BogorHal tersebut tidak berasal dari tempat wisata air ini tetapi dari buruknya akses jalan di sekitar tempat wisata ini.

Banyak jalan berlubang disekitar jalur Ciomas. Selain jalan berlubang, aspal yang terkelupas membuat jalur lalu lintas sering terhambat dan kemacetan sering terjadi.

Padahal kalau saja jalan-jalan tersebut mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah, bukan tidak mungkin Zam Zam Tirta bisa menjadi salah satu andalan wisata Bogor.

Meskipun demikian, rasanya hambatan di jalan tersebut akan bisa ditebus dengan kegembiraan bermain air di Zam Zam Tirta.

4 COMMENTS

  1. Tempat nya gak harus jalan kaki jauah kan ya .. soalnya pengen kesana bareng keluarga .. dari parkiran mobil gak jauh kan kolam renang nya

    • Nggak perlu jalan kaki… dari tempat parkir ke dalam kolam renang cuma 10-15 meteran saja kayak kolam renang biasa

  2. Lumayan, tempat renangnya juga murah

    • Yup.. memang begitulah adanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.