Gratis loh! Serius. Daripada bengong di akhir pekan, tentunya lebih menyenangkan untuk berkeliling Kota Bogor naik Bus Uncal. Tidak mengeluarkan biaya sepeserpun.

Cukup naik, tunggu, dan kemudian kita akan dibawa berkeliling ke beberapa tempat yang menjadi spot favorit di Kota Hujan, seperti Taman Heulang, Sempur, Taman Kencana, serta berkeliling di seputar Kebun Raya Bogor.

Ditambah lagi, selama perjalanan, seorang pemandu akan menjelaskan berbagai hal menarik yang dilewati oleh kendaraan tersebut.

Apa itu Bus Uncal?

Bus Uncal adalah nama sebuah layanan publik yang disediakan oleh Pemda Kota Bogor, baik bagi warganya atau bagi pelancong yang datang ke Kota Hujan.

Bentuknya adalah berupa sebuah kendaraan berbasis bus tetapi memiliki kabin yang terbuka agar penumpang di dalamnya bisa melihat-lihat pemandangan selama perjalanan.

Bus ini lahir dan diujicoba pada tahun 2017. Kemudian sempat terhenti untuk mendapatkan izin operasi dan baru kemudian beroperasi kembali di perempat akhir tahun 2018.

Bus Uncal menaikka penumpang di depan balai kota Bogor

Sejak itu, bus Uncal menjadi favorit bagi warga Bogor dan wisatawan yang datang. Setiap akhir pekan, terlihat penumpang memadati bus berkapasitas 22-30 penumpang ini.

Maklum saja, untuk menaikinya tidak dipungut biaya apapun dan bisa berkeliling di sekitar pusat kota Bogor dan mengunjungi beberapa spot menarik di dalamnya.

Busnya sendiri cukup menarik karena tanpa penutup dan memiliki “balkon” di bagian belakang yang memungkinkan penumpang berdiri dengan santai sambil melihat aktivitas di Kota Bogor. Warnaya Biru “Persib” yang merupakan kesebelasan kebanggaan masyarakat Sunda.

Akhir Pekan Keliling Kota Bogor Naik Bus Uncal B

Nama “Uncal” berasal dari salah satu ikon lain dari Kota Bogor, yaitu Rusa Totol yang Anda akan bisa lihat setelah turun dari bus. Hewan ini biasanya akan mendekat ke pagar Istana Bogor dan menjadi salah satu daya tarik wisata sendiri.

Uncal - Rusa Totol - axis axis
Rusa Totol / Axis Axis

Bus Uncal hanya beroperasi di akhir pekan, Sabtu-Minggu saja. Jam operasinya biasanya tergantung penumpang, tetapi resminya antara jam 08.00 – 15.00.

Meski jika peminat banyak sekali, tidak jarang jam operasinya melebihi batas waktu tersebut. Seperti kepergok saat Cap Go Meh 2019 yang lalu, bus ini masih beroperasi hingga larut sekali.

Yuk Keliling Kota Bogor Gratis Naik Bus Uncal C1

Rute Bus Uncal adalah Balaikota – Jalan Sudirman – Taman Heulang – Jalan Sudirman – Jalan Jalak Harupat – Sempur – Taman Kencana – Jalan Salak – Jalan Pajajaran – Jalan Otista – Jalan Juanda – Balaikota

Balaikota Bogor merupakan tempat keberangkatan dan pemberhentian akhir.

Nah, kawan, daripada bengong, yuk berkeliling Kota Bogor naik Bus Uncal. Seru loh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.