Pernah Ke Bogor? Tahukah Anda yang namanya Tepas Lawang Salapan, atau Teras Sembilan Pintu? Kalau belum ada bagus baca dulu artikel sebelumnya untuk tahu landmark atau ikon paling baru dari Kota Hujan, Bogor. Artikelnya ada di sini (klik saja)

Nah, kalau sudah tahu, atau setidaknya membaca artikel itu, tentunya bisa menjawab dong pertanyaan yang satu lagi ini.

Pertanyaannya apa warna “Lawang Salapan”?

Nah, kalau Anda menjawab “PUTIH” berarti Anda….. 50% benar. Memang betul sekali warna yang dipergunakan untuk bangunan berbentuk pilar berderet itu adalah putih. Kalau dari jarak dekat akan terlihat agak kekuningan.

Ini fotonya.

pilar di tepas lawang salapan dasakreta

Jadi, cukup benar. “Cukup” atau 50% saja. Tidak seratus persen benar.

Alasannya adalah warna sembilan pilar itu berubah di malam hari. Warnanya tidak putih lagi dan bahkan terdiri dari beberapa warna, oranye, ungu, biru, atau hijau.

Tidak percaya. Ini buktinya.

warna warni tepas lawang salapan di malam hari B

warna warni tepas lawang salapan di malam hari C

warna warni tepas lawang salapan di malam hari A

Betul kan warnanya tidak lagi putih saat di malam hari?

Warna-warni Tepas Lawang Salapan di malam hari bukanlah karena terasnya Bogor itu dilapisi dengan cat yang bisa berubah-ubah, tetapi karena permainan lampu yang berada di bawahnya. Lampu-lampu itulah yang memberi warna.

Penampakannya sendiri memang menjadi sangat menarik karena permainan cahaya tersebut.

Itulah yang membuat saya tertarik untuk memotretnya. Meskipun kaki sudah pegal, teklok, dan berjalan saja diseret akibat terlalu capek berburu foto dan momen saat Cap Go Meh yang lalu, saya masih menyempatkan diri untuk berhenti dan mengambil fotonya. Itupun dengan kamera smartphone saja, si tuwir Asus T00N karena rasanya sudah terlalu malas mengeluarkan si Canon 700d dari tasnya.

Jadi harap maklum kalau fotonya tidak setajam dan sebagus biasa karena agak sulit memotret dengan smartphone di malam hari. Tetapi, setidaknya dengan begitu saya bisa menceritakan sedikit tentang warna-warni Tepas Lawang Salapan.

Iya kan?

2 COMMENTS

  1. iya ya… klu mlm penampakanya berbeda dan ditangan seorang fhotografi handal fotonya jadi tambah menawan, sayang sekali yg memfotonya tdk berpose. 🙂

    • Kalau saya ikut foto, siapa yang motret? ????

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.