Wajah Baru Taman Kencana Bogor

Taman Kencana, salah satu tempat nongkrong favorit di Kota Hujan, sejak akhir tahun lalu sudah berubah rupa. Wajah baru Taman Kencana, setelah peremajaan dan renovasi yang dilakukan oleh Pemda Kota Bogor, sudah bernuansa kekinian menyesuaikan dnegan derap perkembangan zaman.

Seperti apa sih wajah baru Taman Kencana Bogor?

Kalau diperhatikan tidak banyak sebenarnya yang dirubah. Hanya beberapa bagiannya ada yang dihilangkan dan digantikan dengan yang baru.

Bagian-bagian yang hilang dan digantikan adalah

Pertama : Tulisan nama Taman Kencana yang sebelumnya berupa dinding kyang menghadap Jalan Salak dihilangkan. Kemudian digantikan dengan huruf-huruf raksasa, seperti yang juga digunakan pada taman-taman yang ada di Bogor, seperti di bawah ini.

Wajah Baru Taman Kencana Bogor

Kedua : Pagar besi pendek yang sebelumnya mengelilingi taman ini sudah dihilangkan. Sekarang taman ini tanpa ada pembatas sama sekali.

Wajah Baru Taman Kencana Bogor

Ketiga : Ini yang membuat sedih. Sebenarnya tidak ada masalah dengan wajah baru Taman Kencana yang kekinian ini. Hanya ada satu ikon yang membuat sedih.

Patung Rusa Totolnya sudah tidak ada lagi. Sebelumnya patung ini ada di tengah taman di dekat pohon flamboyan dan anak-anak biasanya bergembira naik “rusa totol”.

Para rusa totol ini digantikan dengan sebuah lahan lapang dengan lantai beton dengan tiang bendera menjulang di tengahnya.

Taman Kencana Bogor

Keempat : Trotoar atau pedestrian walknya dilebarkan dan ditata lebih rapih.

Beberapa jenis tanaman yang ada juga dihilangkan seperti flamboyan yang digantikan dengan beberapa pohon palem dan juga bunga tasbih atau Canna hybrida.

Taman Kencana Bogor

Kelima : Entah ini menyenangkan atau tidak bagi yang lain, tetapi bagi saya sendiri bagian ini bagus. Hal ini membuat wajah baru Taman Kencana memberikan kesan rapih dan bersih.

Perubahan yang kelima adalah penataan ulang pedagang kaki lima yang biasa mangkal di sekitar taman yang dulunya bernama Von Imhoff Plein atau Von Imhoff Square ini. (Von Imhoff adalah Gubernur Jenderal Belanda pendiri Istana Bogor)

Para pedagang, terutama kuliner digeser lebih ke dalam Jalan Ciremai.

Nah, kira-kira itulah perubahan yang dilakukan oleh Pemda Bogor. Bisa lihat beberapa foto tambahan di bawah ini.

Wajah Baru Taman KencanaTaman Kencana Bogor Wajah Baru Taman Kencana Bogor 17 Wajah Baru Taman Kencana Bogor 44 Wajah Baru Taman Kencana Bogor 24

Kekinian. Agak lebih gersang. Tetapi lebih rapi dan bersih. Secara garis besar, saya sangat bisa menerima wajah baru Taman Kencana ini. Terutama karena lebih bersih dan nyaman.

Banyak orang yang setuju sepertinya. Buktinya kalau malam Minggu, mencari tempat kosong disini adalah sesuatu yang sulit. Penuh dengan para pengunjung yang menikmati suasana malam di Kota Hujan.

Kalau mau melihat wajah lama Taman Kencana, bisa lihat tulisan Taman Kencana : Bukan Sekedar Kuliner. Ada beberapa foto yang memperlihatkan versi lama taman ini.

Walau begitu, selamat menikmati wajah baru Taman Kencana yang kekinian ini.

2 COMMENTS

  1. padahal dinding yang bertuliskan “Taman Kencana” itu juga belum terlalu lama dibuat ya…

    • Iya kang.. sayang sebenernya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.