Masuklah dari Pintu 3 Kebun Raya Bogor dan kemudian berjalanlah menuju Taman Astrid. Disana Anda sekarang akan menemukan sebuah monumen peringatan yang akan membuat Anda akan teringat berapa usia tempat yang sedang Anda nikmati keindahanya. Namanya Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor.

Dua ratus tahun lebih usia dari sebuah kebun besar yang dulunya merupakan halaman belakang dari mansion mewah Te Buitenzorg yang dibangun agar seorang gubernur jendral Belanda bisa merasakan ketenangan dan kedamaian. Dua abad lebih satu tahun tepatnya saat tulisan ini dibuat.

(Baca : Sejarah Kebun Raya Bogor – Kerjasama Antar Bangsa? )

Bentuk dari Tugu dan Prasasti 2 Abad Kebun raya ini bentuknya seperti di bawah ini.

TUGU DAN PRASASTI 2 ABAD KEBUN RAYA BOGOR -TUGU RAFLESIA ARNOLDI 2

Pada bagian atasnya yang seperti piring itu sebenarnya melambangkan satu ikon khas KRB, yaitu berupa tanaman yang ditemukan oleh Dr Joseph Arnold , salah satu anggota tim yang dipimpin seorang penjelajah Inggris terkenal, Sir Thomas Stamford Raffles, Raflesia Arnoldi atau si Padma Raksasa.

Flora yang ditemukan di propinsi Bengkulu ini dipilih untuk memperlihatkan kepada dunia keberhasilan dari pengelola Kebun Raya Bogor untuk membiakkan spesies ini. Tanaman ini sangat sulit ditanam di luar habitat aslinya, tetapi dengan kegigihan , spesies ini bisa tumbuh di sini.

TUGU DAN PRASASTI 2 ABAD KEBUN RAYA BOGOR -TUGU RAFLESIA ARNOLDI

Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor ini sebenarnya memiliki dua bagian, yaitu tugu dan prasasti atau batu bertulis.

Tugunya sendiri, yang menjulang hampir 10 M ini diresmikan oleh mantan Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnopoetri pada hari ulang tahun KRB yang ke-200 tanggal 18 Mei 2017. Peresmian ini dilakukan bersamaan dengan berbagai kegiatan peringatan HUT KRB yang berisikan berbagai macam kegiatan, mulai dari Pameran Perkebunrayaan hingga Lomba Fotografi.

Satu bagian lain adalah Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor yang ditandatangani oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Pak Jokowi pada tanggal 11 Maret 2018.

(Baca Juga : Taman Astrid )

TUGU DAN PRASASTI DUA ABAD KEBUN RAYA BOGOR 2

Nah, selain tentunya bisa mengingatkan siapapun yang melihat perjalanan panjang yang telah dilalui salah satu cagar budaya Kota Bogor ini, Tugu dan Prasasti Dua Abad Kebun Raya Bogor ini lumayan fotogenik untuk dijadikan latar belakang berfoto atau selfie kok.

Coba saja sendiri kalau tidak percaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.