Namanya beriwsata, sudah pastinya setiap orang ingin membawa kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Selain cendera mata, cerita menarik tentang tempat yang dikunjungi, ada satu lagi yang biasanya ingin diperlihatkan kepada keluarga, teman, atau saudara, yaitu foto yang memiliki menjelaskan bahwa kita pernah berada disana. Bukti perjalanan dan kegembiraan disana.

Salah satu jenis foto yang sering diinginkan oleh wisatawan adalah foto dengan latar belakang nama sebuah tempat. Di masa sekarang, pemerintah kota-kota Indonesia menyadari sekali keinginan tersebut dan mempermudah para pelancong untuk mendapatkan foto seperti ini dengan membuat nama tempat wisata dalam huruf-huruf raksasa.

Begitu juga dengan Taman Kencana. Taman peninggalan masa kolonial Belanda di Kota Bogor ini memiliki nama yang tertulis dalam huruf-huruf yang ukurannya sekitar 1 meter tiap hurufnya. Dengana da sekitar 12 huruf berjajar, lebarnya secara total mencapai 10-12 meteran.

Tips Memotret Dengan Latar Belakang Nama Taman Kencana B

Bagus? Bagus banget karena membuat mudah ditemukan. Cuma, ya itu ada cumanya. Ukurannya yang besar dan posisinya kerap membuat sulit untuk mendapatkan foto dengan latar belakang nama TAMAN KENCANA secara lengkap.

Frame/bidang kamera terlalu kecil untuk bisa memasukkan ke-12 huruf dengan lengkap, tapi sambil tetap menonjolkan obyek utamanya, yaitu yang berwisata.

1. Kalau dari depan bisa saja semua huruf terekam dengan baik, tetapi obyek manusianya akan menjadi kecil.

2. Kalau dari depan masalah lain adalah orang yang lalu lalang karena merupakan trotoar. Belum lagi lokasi depan tulisan TAMAN KENCANA itu favorit orang untuk berkumpul. Jadi akan sulit mendapatkan foto yang bersih.

3. Kalau dari depan, dan dari dekat, obyek utama bisa terekam dengan baik, tetapi namanya akan terpotong

4. Kalau dari belakang, bisa saja karena areanya luas, tetapi sayangnya, kata-katanya jadi terbalik dan tidak enak dilihat.

Tips Memotret Dengan Latar Belakang Nama Taman Kencana FJadi, bagaimana caranya untuk memotret dan mendapat foto berlatar belakang nama TAMAN KENCANA secara utuh, dan tentunya tetap bisa menonjolkan obyek utamanya, yaitu sang wisatawan?

Puyeng? Sama, pertama kali juga saya begitu.

Cuma setelah dipelajari, ada satu titik dimana memungkinkan untuk melakukan semua itu dan tetap menghasilkan foto yang enak dilihat. Bisalah dibanggakan kepada orang lain dan membuktikan kalau kita pernah pergi kesana.

Darimana?

Dari samping. Sudut paling memungkinkan untuk mendapatkan foto berlatar belakang ke-12 huruf Taman Kencana berada di samping kiri, arah Timur, atau mudahnya ke arah huruf “T’.

Ini hasilnya.

Tips Memotret Dengan Latar Belakang Nama Taman Kencana C

Ini versi kosong tanpa ada obyek manusia di dalamnya. Bagaimana kalau ada obyeknya?

Tips Memotret Dengan Latar Belakang Nama Taman Kencana EHuruf-hurufnya dapat. Latar belakangnya juga bagus dan di bagian depan ada tanaman yang bisa dijadikan pelengkap supaya tidak monoton.

Foto di atas dipotret memakai kamera Canon EOS 700D dengan lensa Fix 50 mm yang framenya lumayan sempit. Akan lebih enak kalau memakai smartphone dengan lensa F/1.8 atau setidaknya F/2.0 seperti yang banyak dipakai ponsel pintar kelas atas. Tetapi, kalau tidak ada, smartphone apapun juga OK.

(Baca juga : 20 Foto Keindahan Curug Cilember Yang Mempesona)

Bagaimana ? Mau mencobanya? Kalau tidak percaya coba saja sendiri.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.