Tempat Buka Puasa Terbaik Di Kota Bogor

Bulan Ramadhan 1437 Hijriyah sebentar lagi akan berakhir. Tinggal 3 hari lagi menuju Hari Kemenangan. Masih kah tepat waktunya untuk membicarakan tentang Tempat Buka Puasa Bersama terbaik di Kota Bogor?

Saya rasa masih.

Insya Allah, bulan suci itu akan kembali pada tahun-tahun mendatang. Sedikit informasi mengenai hal itu masih akan berguna di lain waktu, meski mungkin tidak untuk tahun ini.

Toh juga mengadakan buka puasa bersama seperti sudah menjadi sebuah tradisi. tidak afdol rasanya kalau tidak mengadakannya paling tidak satu kali selama bulan puasa. Bisa diharapkan di tahun-tahun mendatang, kegiatan ini akan dilakukan oleh banyak orang.

Tradisi bukber ini sebenarnya sangat bagus karena bisa meningkatkan silaturahmi, baik dengan keluarga, teman, dan orang-orang yang kita kenal. Hanya, untuk membuat kegiatan  ini menjadi bermakna dan meninggalkan kesan mendalam bagi pesertanya, ternyata membutuhkan usaha tersendiri.

Hal yang paling menentukan, selain peserta adalah tempat dimana bukber diadakan.

Kira-kira kriteria apa yang harus dipertimbangkan ketika menentukan lokasi untuk bukber. Mungkin hal-hal ini bisa dijadikan bahan pertimbangan

Kriteria Tempat Buka Puasa

1. Luas

Relatif memang. Luas tempatnya akan tergantung pada jumlah peserta bukber. Paling tidak tempat harus bisa menampung semua orang yang datang.

Jangan sampai ada yang datang tetapi tidak ada tempat yang tersedia bagi mereka.

2. Nyaman

Dalam artian, para peserta akan menjadi betah selama berada disana. Bukber bukan hanya sekedar makan atau minum, tetapi juga harus membuat yang datang menikmati suasana dan merasa nyaman.

Dengan merasa nyaman maka silaturahmi antar peserta akan terjalin

Tempat Buka Puasa Bersama Terbaik Di Kota Bogor3. Tidak Terikat Waktu

Terburu-buru tidak akan memberikan kesan mendalam selain rasa kenyang. Tempat buka puasa bersama harus menyediakan waktu yang agak longgar sehingga yang datang tidak sekedar hanya makan dan minum saja.

Tempat buka puasa bersama harus memungkinkan adanya interaksi antar peserta agar silaturahmi bisa terjalin dengan baik.

4. Makanan

Makanan yang disajikan harus bisa dinikmati oleh semua orang. Dalam hal ini tidak berarti harus menuruti selera satu per satu yang datang, tetapi jenis makanan yang disediakan harus agak beragam.

Juga, makanan harus disajikan tepat waktu. Buka puasa adalah saat adzan atau bedug Maghrib berkumandang, jadi pada saat itu harus sudah ada setidaknya sesuatu untuk dipergunakan untuk membatalkan puasa.

5. Menyediakan atau dekat tempat ibadah

Buka puasa bersama hanyalah sebuah tradisi. Kegiatan ini tidak sepenting menunaikan ibadah sholat maghrib.

Jadi, sebuah tempat buka puasa bersama harus menyediakan atau paling tidak dekat dengan mesjid atau musholla. Jadi, para peserta setelah membatalkan puasa bisa bersegera menjalankan sholat maghrib.

6. Biaya yang terjangkau

Tidak semua orang mampu membayar mahal. Padahal kehadiran mereka lebih penting. Oleh karena itu tempat yang dijadikan sasaran harus juga memperhitungkan daya beli. Ongkos yang harus dibayar untuk makanan dan minuman yang disajikan harus terjangkau oleh semua orang.

Nah, berdasarkan kriteria tersebut, Lovely Bogor mencoba mencari tempat buka puasa bersama terbaik di Kota Bogor.

Tempat Buka Puasa Bersama Terbaik di Kota Bogor

Bisa Anda tebak dimana?

Botani Square ? Tempat ini memang cukup luas dan menyediakan banyak tempat kuliner. Saung Pak Ewok ? Selera tradisional dan salah satu tempat favorit di Kota Bogor. Atau berbagai tempat kuliner lain yang berserakan di kota hujan ini?

Saya jawab.. BUKAN. Bukan semua itu.

Tempat buka puasa bersama terbaik adalah di… RUMAH!

Tempat Buka Puasa Bersama Terbaik Di Kota BogorBukan tanpa pertimbangan karena ini hasil pengamatan selama tinggal di Bogor. Juga berdasarkan beberapa puluh tahun menjalankan puasa di kota ini dan mengikuti entah beberapa puluh kali kegiatan buka puasa bersama.

Mengapa RUMAH menjadi yang terbaik?

Perhatikan foto pertama di artikel ini. Sebuah foto yang diambil beberapa hari yang lalu di Botani Square mall. Pemandangan orang-orang terpaksa harus “ngampar”, “melantai”, sambil menikmati makanan. Itu adalah suasana saat berbuka puasa bersama keluarga.

Nyaman? Jelas tidak. Menyenangkan mungkin tetapi duduk di lantai dimana orang berlalu lalang sambil makan dan minum, tentu bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Hal ini terjadi karena bisa dikata semua tempat kuliner di Kota Bogor dibanjiri pengunjung pada waktu bersamaan, mendekati saat berbuka puasa.

Tidak ada tempat yang tersisa. Bahkan, satu jam sebelum adzan maghrib, semua tempat sudah penuh dan daftar tunggu alias waiting list sudah panjang sekali. Sangat sulit mendapatkan tempat.

Hal ini tidak memungkinkan beberapa kriteria lain terpenuhi. Tidak mungkin tidak terburu-buru kalau pada saat menikmati hidangan, tatapan orang yang menunggu giliran terus melirik ke meja. Sulit untuk berbincang-bincang dengan santai ketika pesanan belum disajikan karena pelayannya sudah terlalu sibuk mondar mandir.

Jangan harap bisa meluangkan waktu mendengarkan cerita sahabat atau keluarga kalau kita seperti berburu dengan waktu.

Tempat Buka Puasa Bersama TerbaikBelum lagi, lokasi musholla atau mesjid yang agak terpisah dengan tempat buka puasa bersama. Jangan ditanya antrian untuk berwudhu dan sholat. Sama panjangnya dengan waiting list.

Jenis makanan yang disajikan juga terspesialisasi. Tidak fleksibel. Jadi, kalau ada yang tidak suka dengan yang disajikan, sulit untuk memberikan alternatif lain.

Harga pun, jelas sebagai kota wisata, harganya tidak semurah yang dibayangkan. Belum ditambah kemacetan yang selalu timbul di saat menjelang waktu berbuka.

Kesemua itu sangat mudah diatasi dan diatur ketika kegiatan bukber dilaksanakan di rumah. Mulai dari kenyamanan, waktu, tempat ibadah, akan tersedia atau bisa diatur dengan lebih leluasa.

Jadi, RUMAH tetap merupakan tempat buka puasa bersama terbaik di Kota Bogor, pilihan Lovely Bogor.

Itulah alasan mengapa, saya dan keluarga sangat jarang sekali berbuka puasa bersama di luar rumah. Berbagai kesulitan yang harus dihadapi untuk kegiatan yang sebenarnya hanya sebuah tradisi atau kebiasaan.

Mungkin bisa jadi pertimbangan di waktu mendatang bagi yang hendak mengadakan bukber di Kota Bogor.

2 COMMENTS

    • Alhamdulillah ada yang setuju… ?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.