Tanjakan Sarijan Bogor
Tanjakan Sarijan di Gunung Batu Bogor

Mencoba merasakan berjalan kaki di Tanjakan Sarijan, Kelurahan Gunung Batu, Kota Bogor benar-benar membuat keringat bercucuran dan nafas ngos-ngos-an.

Tanjakan Sarijan adalah nama sebuah tanjakan yang dimulai dari ujung Jalan Veteran dan berakhir di Pertigaan Gunung Batu.

Panjangnya kurang lebih 250-300 M saja tetapi kecuramannya kira-kira mencapai 45 derajat. Cukup curam apalagi awal tanjakan ada di sebuah belokan.

Kecuraman ini tidaklah aneh karena beberapa tanjakan serupa tersebar di beberapa daerah di Kota Bogor. Jangan lupa bahwa Bogor sendiri terletak di kaki 3 gunung, yaitu Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Salak.

Jadi sangat biasa ditemukan kawasan perbukitan dengan tanjakan-tanjakan yang curam.

Tanjakan Sarijan Bogor
Awal Tanjakan Sarijan

Cocok Bagi Penggemar Gowes

Tanjakan adalah hal yang paling menyebalkan dalam pengalaman saya sebagai pesepeda. Di sisi lain, menaklukan sebuah tanjakan memberikan kepuasan tersendiri.

Oleh karena itu, saya pikir Tanjakan Sarijan akan menjadi tantangan persendiri bagi penggemar gowes.

Dibutuhkan bukan hanya kekuatan kaki, tetapi juga kecerdikan mengatur gigi sepeda untuk dapat sampai ke ujung tanjakan tanpa harus turun dari sepeda.

Yang pasti, pada saat kembali dan menikmati tanjakan ini lagi dari arah atas, akan terasa sangat menyenangkan. Tidak perlu bersusah payah menggowes pedal.

Meskipun demikian, tetap harus dalam posisi waspada karena kecuramannya memberi daya dorong yang sangat besar. Tangan harus tetap memegang rem.

Tanjakan Sarijan Bogor
Ujung Tanjakan Sarijan

Hanya bisa ditempuh dengan gigi satu

Untuk mobil bukanlah sebuah masalah. Tetapi, karena awal Tanjakan Sarijan berada di belokan, maka kita tidak bisa memanfaatkan daya dorong sebelumnya.

Biasanya bagi pengemudi yang sudah terbiasa, maka memakai gigi 2 sudah cukup, tetapi seringnya, gigi 1 yang jadi andalan. Tidak jarang angkot pun tersengal-sengal menaikinya.

Apalagi di ujung atas sering terjad kemacetan di Pertigaan Gunung Batu. Jadi sulit untuk melaju kencang.

Tanjakan Sarijan Bogor
Pemandangan di Tanjakan Sarijan

Pemandangan Tanjakan Sarijan sendiri sebenarnya cukup enak di mata.

Hal tersebut karena di sisi kiri (dari awal tanjakan) terdapat sebuah Hutan Buatan milik Badan Penelitian Pengembangan Dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Terlihat berbagai pohon dengan postur menjulang tinggi. Kehadirannya seperti membentuk kanopi alam yang menutupi tanjakan tersebut.

Cukup memberikan kesan seperti berada di Puncak, Bogor.

Tanjakan Sarijan Bogor
Pemandangan Tanjakan Sarijan dari Bagian Atas

Tetapi, kalau saya disuruh lagi berjalan disana atau bersepeda, maka jelas saya akan menolak. Capek dan juga tanjakan ini membuat ngos-ngosan, bahkan meski berjalan kaki.

Coba bayangkan beratnya sambil mendorong gerobak bakso seperti foto pertama di atas?

Bagaimana kawan? Anda berniat mencoba gowes atau berjalan kaki disini? Lumayan kok. Hanya 250 meter saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.