Taman Kolong Jalan Tol Bogor

Biasanya, kolong jalan tol di berbagai kota di Indonesia identik dengan kesan kumuh, kusam, semrawut dan “menyeramkan”. Tetapi, tidak demikian halnya dengan satu-satunya jalan tol layang yang ada di Kota Bogor, Lingkar Luar Bogor.

Penampilannya sebentar lagi akan segera menepis semua kesan yang biasa ada di bawah jalan layang.

Tidak akan ada gubuk-gubuk dan warung-warung liar. Tidak akan ada lingkungan gelap dan kumuh yang biasanya tidak tumbuh subur di bawah beton-beton raksasa sebuah jalan layang.

Taman Di Kolong Jalan Tol Lingkar Luar Bogor

Yang akan ditemukan adalah warna-warni ceria, keindahan kecil dari tanaman hias. Yang kemudian akan berpadu dengan keceriaan lukisan di tiang-tiang penunjang di sepanjang kolong jalan tol tersebut.

Rupanya Pemerintah Daerah Kota Bogor benar-benar serius untuk membenahi dan memperindah kota ini.

Penampakan kolong jalan tol Lingkar Luar Bogor ini, meski belum selesai pengerjaannya saat tulisan ini dibuat, sudah berubah sekali.

Silakan lihat beberapa foto yang diambil beberapa waktu yang lalu ini.

Taman Kolong Jalan Tol Bogor

Pengerjaan Taman Kolong Jalan Tol Bogor

Taman Kolong Jalan Tol Bogor

Sulit untuk tidak bilang bahwa ini adalah sesuatu yang dinantikan oleh banyak warga Bogor.

Bogor memang tidak mungkin lagi kembali menjadi Kota Taman seperti di masa lalu. Sebuah hal yang tidak mungkin bisa dikembalikan.

Dengan adanya taman di kolong jembatan tol ini, warga Bogor tidak perlu khawatir akan bertambahnya lingkungan kumuh di kota ini. Sesuatu yang patut diapresiasi dan disyukuri.

Akan ada tantangan pemeliharaan karena orang Indonesia sangat terkenal kreatifitasnya dalam kejahilan dan merusak, tetapi setidaknya sebuah usaha telah dilakukan. Sisanya, warga Bogor lah yang harus ikut serta menjaganya.

Semoga bisa bertahan lama.

3 COMMENTS

  1. Indah dipandang mata pak, hejo euy… 😁
    Tapi karena posisinya yg di kolong jalan tol tentu sinar matahari dan air hujan akan sulit nyampe, perawatannya mungkin akan lebih menantang ya pak dibanding merawat tanaman di area yg terbuka…
    Harapannya sih semoga bisa awet, bisa menambah “hararejo” di Kota Bogor, itu perlu keseriusan bersama baik dari Pemkot Bogor dan juga warga sekitar di dalam pemeliharaannya agar bisa tetap “hararejo” 😁 dan tidak bernasib sama seperti di kota tetangga Jakarta, yg mana banyak kolong jembatan atau fly over yg malah digunakan sebagai tempat pemukiman liar atau parkir liar… 😣

    • Betul sekali Kang.. memang sisi perawatannya yang agak berat karena tidak terkena matahari. Cuma sampai sekarang terlihat masih lumayan kok.

      Untung juga kalau di Bogor mah, kolong jalan tol tidak kumuh dan tidak jadi kawasan dengan penghuni liar.. Untunggg…

  2. betul, semoga bisa bertahan lama…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.