Memang itu harapan saya, semoga Taman Malabar tidak terlupakan.

Maksudnya sederhana saja. Di tengah gencarnya usaha pemerintah Kota Bogor untuk memperbaharui dan membuat taman-taman baru di berbagai sudut kota, sepertinya Taman Malabar seperti belum tersentuh.

Memang posisinya tersembunyi dan tidak terlihat dari pandangan umum atau turis. Bahkan, mereka yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor tidak akan melihat taman ini meskipun jaraknya hanya sekitar 100 meter saja dari Pintu Masuk III.

Kalaupun tidak diperbaharui dan diperindah pun tidak akan memancing perhatian publik. Tetapi, toh taman ini sudah seharusnya menjadi bagian dalam rangka mewujudkan Bogor sebagai Kota Sejuta Taman.

Letak Taman Malabar Bogor

Taman Malabar Bogor

Anda tidak akan melihatnya secara langsung kecuali Anda ada keperluan untuk ke RS PMI Bogor. Bisa juga kalau Anda sedang iseng melewati jalan Malabar sekeluarnya dari Botani Square. Barulah mungkin taman ini akan terlihat.

Memang lokasinya agak terpencil diantara RS PMI Bogor dan Pangrango Plaza yang sedang dalam perbaikan tersebut.

Silakan lihat : Menuju Ke RS PMI Bogor untuk bisa menemukan taman kecil ini.

Jaraknya hanya kurang lebih 100 M saja dari Kebun Raya Bogor tetapi berada di belakang beberapa hotel seperti Hotel Permata dan Hotel Golden Flower Savero.

Itulah sebabnya luput dari pandangan.

Taman Malabar

Taman Malabar Bogor

Bentuknya persegi panjang, memanjang dari Utara ke Selatan dengan lebar sekitar 40 meter saja.

Penataannya sebenarnya sangat bagus dengan trek untuk berjalan kaki mengelilingi taman.

Terdapat pula sebuah trek pendek dengan batu kerikil yang sering dipergunakan orang untuk berjalan kaki. Rasanya seperti mendapat pijatan refleksi ketika berjalan di atasnya.

Beberapa tempat duduk juga tersedia bagi mereka yang hanya ingin beristirahat dan berbincang-bincang. Pepohonan penghias pun masih cukup lengkap dengan pepohonan yang juga masih rindang.

Kesemua hal yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah taman masih tersedia di tempat ini.Taman Malabar Bogor

Fungsinya sebagai ruang terbuka hijau dan kegiatan publik pun masih berjalan sebagaimana adanya. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh warga Bogor masih terlihat di Taman Malabar ini.

Yang membuat sedikit kurang enak dari taman ini hanyalah tentang kurangnya perawatan yang terlihat disana-sini.

Pada beberapa bagian taman terlihat sudah tidak ada lagi rumputnya. Juga trek pejalan kaki sudah sangat memerlukan perbaikan disana sini.

Memang ketika Lovely Bogor berkunjung kesana terlihat beberapa pekerja sedang merapikan taman ini. Hanya tidak terlihat adanya penanaman rumput baru, perawatan sekedar pemeliharaan kecil saja.

Hal ini sepertinya kurang dibandingkan dengan hal-hal yang dilakukan pada Taman Ekspresi atau Taman Heulang. Juga bisa lihat bagaimana cantiknya Taman Air Mancur dan Taman Perlintasan Bogor.

Taman Malabar Bogor

Oleh karena itulah, mudah-mudahan kebijakan pembangunan atau perbaikan taman segera menyentuh taman ini. Mudah-mudahan pula kehadiran pekerja yang sedang mengerjakan sesuatu di Taman Malabar ini berkaitan dengan rencana merenoasi taman ini.

Sayang sekali bila Taman Malabar ini dibiarkan begitu saja. Kondisinya hanya memerlukan sedikit polesan agar kembali cantik dan diminati warga Bogor.

Tentu saja harus dengan sedikit tambahan promosi agar pengunjung lebih sering datang kesini.

Bagaimana dengan Anda? Sudah tahu dimana Taman Malabar?

 

2 COMMENTS

  1. Indri Lidiawati

    Taman malabar di bogor baru dengar saya. Satu hal yg selalu menghiasi bogor, yaitu cuaca seringkali berawan karena kota hujan.

    Kapan ya saya bisa main2 ke bogor dan mampir ke rumahnya mas Anton hehe… semoga saja bisa, amin 🙂

    • Iya Mbak memang rada tersembunyi. Jarang yang tahu bahkan warga Bogor juga. Kebetulan saya beberapa waktu yang lalu akrab dengn RS PMI, jadi beberapa kali lihat taman ini.

      Woww.. kalau Mbak Indri ke Bogor, kontak saya ya mbak. Dengan senang hati jadi tuan rumah buat Juragan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.