Talas Kukus Bogor
Talas kukus gorengan rasa original ala Pak Heri

Mulai dari kuliner tradisional sehari-hari, menjadi kuliner kontemporer. Dari kayu bakar, jadi gas. Dari hanya pengganti makanan utama, menjadi cemilan. Terutama teman bersantai sambil ngopi di depan televisi. Ya. Kawan pembaca, ini kita sebut saja taleus kukus alias talas kukus, bisa disebut juga lompong kukus kali ya.

Bagaimana rasa Talas Kukus?

Bagi saya sih, rasanya enak, namun sederhana. Teksturnya empuk ketika dikunyah, entah jika di mulut orang lain ya tergantung selera saja. Bagaimana makanan ini tidak enak, bahkan sehat tanpa pengawet.

Rasanya ini khas banget talas asli Bogor. Sayang, sore saat 2 minggu lalu sepulang saya kuliah, saya tidak sempat mencicipi Taleus Kukus dengan parutan kelapa dan gula merahnya. Long weekend saat itu, membuat konsumen bergegas lebih cepat untuk menyantap, bahkan membungkus talas kukus untuk menjadi teman ngopi ataupun sekedar ngeteh di rumah. Hingga pukul 16.00 WIB, talas kukus Bapak Heri ini sudah laris manis tanjung kimpul.

Siapa yang menjual dan memasarkannya?

Talas Kukus Bogor
Pak Heri, salah seorang pedagang talas kukus di Bogor

Bapak Heri, warga Gunung Batu Pasar Purbasari ini setiap harinya menjual talas kukus di Jl. K. H. Abdullah Bin Nuh sebrang Taman Yasmin III Kemuning. Dari pukul 08.00-19.00 WIB, bisa jadi tutup lebih awal ketika liburan. Pak Heri menjajakan dagangannya dengan gerobak sederhana, akan tetapi sangat dicari oleh seluruh warga, khususnya warga asli Bogor. Bahkan warga pendatang pun mengantri terus menerus dan tak kunjung bosan untuk membeli. Pak Heri juga menerima pesanan catering kue untuk resepsi pernikahan loh.

Bagaimana aksesibilitas menuju Talas Kukus original?

Aksesibilitas menuju kesana, lebih mudah menunjukkan arah dan lebih dekat pula dari daerah Terminal Bubulak maupun Persimpangan Yasmin. Jika Kawan Pembaca menggunakan kendaraan pribadi dari Tol Jagorawi, maka tinggal belok kanan, lalu ikuti Sistem Satu Arah hingga Terminal Bubulak.

Talas Kukus Bogor
Jalan Raya depan Taman Yasmin III Kemuning

Setelah itu tinggal lurus saja, hingga depan Taman Yasmin III Kemuning. Lain halnya, jika menggunakan angkutan umum dari Stasiun maupun Terminal Bus, dapat menggunakan angkutan umum trayek 03 maupun 02 menuju Terminal Bubulak. Kemudian transit dengan menggunakan angkutan umum 32 hingga depan Taman Yasmin III Kemuning.

Apakah hanya Pak Heri yang menjualnya?

Hanya Pak Heri? Ya!

Tadinya hanya Pak Heri ini yang sudah bertahun-tahun berjualan talas kukus dengan rasa yang original, hampir sekitar 2-3 tahun menjual original talas kukus ini. Pak Heri bahkan ingin mengembangkan produk kuliner tradisional, dengan membuat Dodongkal khas Bogor dari talas asli, bukan sekedar dari tepung talasnya saja.

Tapi, sayangnya untuk masa mendatang talas sulit sulit dijangkau untuk dijual pada jangka panjang. Suplai talas Bogor atau Colocasia Esculenta semakin susah didapat. Lahan pertanian menyempit di Bogor.

Talas Kukus BogorTetapi, kawan pembaca jangan khawatir, beberapa waktu dekat ini, kawan pembaca masih bisa mencicipi talas kukus ini.

Silahkan kawan pembaca dapat memesan sebelum stok talas terbatas, menghubungi Bapak Heri 081299303460.

Created by : Dimulya Mila

2 COMMENTS

  1. Sepertinya di jl suryakencana juga ada yg jual talas kukus. Situs ini bagus dan informatif. Trims.

    • Ada mas.. cuma ga banyak.. kudu mau jalan kaki menyusurinya tuk dapat kuliner unik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.