Stasiun Bogor dan Cilebut Jadi Stasiun Non THB (Tiket Harian Berjaminan)

Entah apa alasannya. Mungkin saja, PT KCI melakukannya untuk mengurangi kepadatan penumpang di stasiun Bogor dan Cilebut selama pandemi berlangsung. Bisa juga karena memang secara perlahan merubah sistem ticketing menjadi berbasis cashless (tanpa uang tunai) dan menggalakkan penggunaan uang elektronik, seperti kebijakan pemerintah.

Yang jelas, tambah tiga stasiun lagi, dua diantaranya adalah stasiun Bogor dan Cilebut ditambah dengan Cikarang, yang berubah menjadi stasiun Non THB (Tiket Harian Berjaminan).

Sebelumnya sudah ada 5 stasiun, yaitu Cikini, Sudirman, Palmerah, Taman Kota, dan Universitas Indonesia, tidak melayani penjualan THB. Pengguna Commuter Line, yang bisa naik dari kelima stasiun itu harus menggunakan KMT (Kartu Multi Trip) atau kartu e-money dari bank yang sudah bekerja sama dengan PT KCI.

Stasiun Bogor dan Cilebut Jadi Stasiun Khusus Non THB (Tiket Harin Berjaminan) A

Kebijakan ini berlaku mulai tanggal 13 Juli 2020 yang lalu seperti yang terlihat pada spanduk yang terpampang di depan stasiun Cilebut.

Bagaimana dengan pengguna yang turun di ke-8 stasiun itu? Tentu saja, bila stasiun keberangkatan di luar ke-8 stasiun tersebut, penjualan THB masih dilayani. Penumpangnya juga masih bisa turun di stasiun Non THB tanpa masalah.

Tetapi, jika penumpang hendak naik kereta di 8 stasiun tadi, loket tidak akan memberikan THB. Mereka akan memberikan KMT atau Kartu Multi Trip seharga Rp. 30.000.-.

Nilai ini sudah termasuk dengan saldo sebesar Rp. 10.000.- yang bisa dipergunakan.

Tentu, bagi yang tidak rutin menggunakan jasa si KRL Jabodetabek ini akan merasa rugi karena membeli lebih dari yang dibutuhkan. Meskipun demikian, sebenarnya bisa diatasi kalau calon pengguna memiliki beberapa kartu e-money, seperti Indomaret Card, Flazz, Brizzi.

Fungsi kartu-kartu ini sama dengan Kartu Multi Trip setelah dilakukan aktivasi dan tidak perlu membeli KMT lagi.

Jadi, ingat yah, kalau hendak bepergian dengan kereta dan berangkat dari Cilebut atau Bogor, persiapkan kartu e-money Anda. Kalau tidak, yah terpaksa harus keluar uang ekstra sedikit, walau tentunya tidak rugi karena KMT tidak memilih batas kedaluwarsa dan bisa diisi ulang.

Mari Berbagi