Pernah hadir di acara Cap Go Meh? Tahukan salah satu kehadiran atau penampakan yang paling ditunggu semua orang? Yup, betul sekali, semua orang menantikan kehadiran atraksi Barongsai. Tanpa kehadiran yang satu ini, perayaan hari ke-15 Tahun Baru Imlek akan terasa seperti sayur tanpa garam.

Wujud Barongsai sendiri, sejak beberapa belas abad yang lalu, mengadopsi postur Singa oleh karena itu, Barongsai juga disebut tarian Singa pada awalnya dan dilakukan oleh dua orang.

Bentuknya bisa beragam, mulai dari yang menghadirkan kesan imut, sampai yang menyeramkan. Beberapa di antaranya bisa dilihat setiap tahun di acara CGM Bogor Street Fest atau yang dikenal sebagai Cap Go Meh Bogor.

Silakan dilihat beberapa wujud Barongsai di acara itu sejak tahun 2016 hingga yang terakhir 2019.

Spesies BAru Barongsay Ditemukan di Bogor 7spesies barongsai baru ditemukan di Bogor (1)spesies barongsai baru ditemukan di Bogor (2)Spesies BAru Barongsay Ditemukan di Bogor 6Spesies BAru Barongsay Ditemukan di Bogor 8

Keren kan. Meski bervariasi, tetapi pakemnya tidak berubah, yaitu mengadopsi Singa sebagai dasarnya.

Meskipun demikian, pada perhelatan acara itu tahun ini, 2019, bisa dikata sudah hadir spesies baru Barongsai! Bentuknya bukan lagi singa.

Silakan lihat di bawah ini penampakannya.

spesies barongsai baru ditemukan di Bogor A spesies barongsai baru ditemukan di Bogor (5)spesies barongsai baru ditemukan di Bogor (4)spesies barongsai baru ditemukan di Bogor (3)

Barongsai tipe baru ini mengadopsi ‘ANJING”. Entah apa namanya, apakah “Ghou-say” (Ghou=Anjing). Yang pasti kelakuannya sama dengan barongsai yang lain, yaitu menarik perhatian pengunjung dan menerima angpauw.

Cukup kreatif juga, meski mungkin tidak akan begitu saja diterima mengingat asal muasal Barongsai sendiri yang sudah beratus tahun menggunakan pakem Singa. Pasti agak kagok juga melihat versi anjingnya.

Tapi, kehadiran spesies baru Barongsai ini cukup memberikan warna tersendiri yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

2 COMMENTS

  1. Kirian spesiesnya dari mas, eh ternyata.. Kalau barangsoi itu kan singa atau kucing besar ya mas, yang spesiesnya ini si anjing ya… 🙂

    • Hahahaha.. iyah… Barongsai itu wujud singa…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.