Sop Buah Saung Pak Ewok Bogor
Sop BUah ala Saung Pak Ewok

Sop Buah – Yang terbayang di benak banyak orang ketika mendengar kata sop atau sup (soup dalam bahasa Inggris) adalah jenis makanan berkuah. Dalam sebuah sop ala Indonesia biasanya terdapat potongan wortel, daun kol, daun bawang ditambah dengan potongan daging.

Sop dalam masyarakat Indonesia, bukanlah sebuah appetizer atau hidangan pembuka. Sop biasanya menjadi teman nasi sebagai makanan utama.

Nah, di Bogor ada sebuah makanan yang cukup kondang dewasa ini. Namanya Sop Buah.

Kalau anda masih bingung bagaimana rasa potongan buah-buahan dimasak menjadi sebuah sop, berarti anda belum pernah menikmatinya.

Apa itu Sop Buah ?

Sop Buah itu bukan seperti yang anda bayangkan. Makanan ini tidak mengalami proses pemasakan.

Kuliner ini adalah saudara jauh dari es campur atau es teler. Idenya sama hanya racikan yang ada di dalamnya berbeda.

Sop buah akan terdiri dari potongan berbagai jenis buah. Rata-rata isinya akan terdiri dari potongan buah melon, apel, sirsak, jambu batu, jeruk, nanas dan lain sebagainya.

Berapa jenis buah yang menjadi penghuni mangkuk akan tergantung dari kreatifitas dari penjualnya.

Kemudian sebagai “kuah”nya, bukan air biasa atau air gula atau air kelapa. Kuah sop buah memakai susu (bisa susu murni atau susu lainnya) atau Yoghurt (turunan susu yang telah mengalami fermentasi).

Apakah kemudian dimasak ? Sama sekali tidak. Memasukkan potongan es batu adalah proses terakhir dari pembuatan jajanan ini sebelum dihidangkan.

Kapan tepatnya sop buah dihidangkan/dimakan ?

Bila sup atau sop adalah hidangan pembuka yang disajikan untuk membangkitkan selera makan, sop buah berada pada posisi berseberangan.

Semangkuk penganan ini akan berada pada posisi penutup saat makan anda alias sebagai “dessert”. Mirip dengan es krim atau cheese cake, sop buah memang akan memper “manis” lidah anda.

Bisa juga, anda menghidangkan sebagai cemilan atau penganan di saat santai dan “kongkow” dengan rekan dan kawan.

Dimana membeli sop buah di Bogor

Sekarang sudah banyak tempat di Bogor yang menyediakan jenis cemilan ini. Dari rumah makan hingga pedagang kaki lima, tidak ingin tertinggal menyajikan saudaranya es campur ini.

Meskipun demikian ada satu tempat yang dikenal sebagai tempat menikmati sop buah, namanya Saung Pak Ewok. Tempat yang sudah saya tulis juga di dalam website ini.

——–

O ya bila anda berkunjung ke tempat yang saya sebutkan tadi, pastikan bahwa anda tahu cara menikmatinya dengan baik dan benar.

Bagaimanapun cara anda itu akan sah-sah saja. Hanya saja ketika anda mencampurkannya dengan nasi, bisa dipastikan akan banyak orang yang keheranan.

Karena sudah jelas bahwa sop buah bukanlah sahabat nasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.