Taman kota biasanya dipergunakan oleh warga kota tersebut untuk tujuan bersantai atau melepas kepenatan dari kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah, tidak mengherankan kalau melihat para pengunjung sebuah taman sedang entah bermain bersama keluarga, duduk santai sambil ngobrol dengan teman atau kekasih, atau melakukan sedikit gerak badan mencari keringat, seperti jogging mengelilingi taman.

Itu memang salah satu tujuan kehadiran sebuah taman kota, selain sebagai ruang terbuka hijau.

Meskipun demikian, rupanya ada sebagian orang yang merasa bahwa taman kota bisa menjadi ruang kerja bagi mereka. Dengan berbekal laptop mereka memindahkan, setidaknya sementara, ruang kerja mereka ke taman.

Setidaknya itulah yang tertangkap kamera Lovely Bogor di salah satu sudut Taman Kencana.

Siapa bilang taman kota hanya untuk bermain saja

Heran? Jangan. Fungsi sebuah taman bagi masyarakat adalah tergantung pada warga kota tersebut. Tidak ada batasan selain sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pengelola taman. Mau untuk bersenang-senang atau mau untuk sesuatu yang serius tidaklah masalah. Selama tidak mengganggu aktifitas pengunjung lainnya atau hal-hal yang tidak benar.

(Baca juga : Tata Tertib Pengunjung Taman Kencana Yang Harus Dipatuhi )

Bahkan di banyak negara maju, bukanlah sebuah hal yang aneh menemukan pengunjung disana membuka laptop, baik untuk membalas email atau menyelesaikan pekerjaannya, atau mengerjakan tugas sekolah. Hal itu merupakan sesuatu yang sudah biasa dilakukan.

Hanya, mungkin di masyarakat Indonesia yang terbiasa menganggap kerja adalah sesuatu yang harus dilakukan di ruang khusus, seperti kantor atau ruang kerja, pemandangan seperti ini adalah tidak biasa.

Padahal, beraktifitas dengan cara ini akan semakin banyak dilakukan mengingat perkembangan teknologi dan perubahan budaya dalam masyarakat. Pekerjaan akan semakin tidak terikat pada tempat dan organisasi.

Lagipula, suasana taman kota yang bersih, nyaman dan terawat bagi sebagian orang bisa memberikan nuansa dan kesegaran khusus dibanding berada dalam ruangan.

Dan, saya pun sudah terbiasa “bekerja di taman”, meski tidak bukan laptop yang menjadi peralatan, tetapi kamera. Baik kamera smartphone atau si DSLR kesayangan, Canon EOS 700D, saya tetap “bekerja” untuk blog ini, yaitu dengan merekam momen-momen atau apa saja yang menarik untuk dijadikan bahan tulisan.

Dan, dari hasil bekerja mengeliling sebuah taman di Kota Bogor, ada cukup banyak tulisan yang akhirnya bisa diterbitkan di website ini.

Iya kan? Coba saja hitung sendiri tulisan dengan background Taman Kencana yang terbit dalam beberapa hari belakangan ini. Itulah hasil kerja saya di taman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.