Sate Padang Mak Itam
Sate Padang Mak Itam di Sawojajar

Dalam tulisan sebelumnya tentang Pojok Kuliner Sawojajar, sudah disebutkan bahwa salah satu ikon tempat kuliner ini adalah Sate Padang Mak Itam. Nah, 2 Juni 2015 yang lalu bertepatan dengan Hari Waisak, saya coba memastikan kembali tentang hal itu.

Tentu tidak menyenangkan apabila kita merekomendasikan sesuatu tetapi ternyata ketika dicoba jauh dari apa yang dibayangkan. Kebetulan, hari tersebut libur dan ada keperluan. Saya sempatkan mampir kembali ke tempat ini sekaligus untuk makan siang.

Hasilnya, ternyata pojok kuliner Sawojajar sedang penuh-penuhnya. Maklum, hari itu hari libur dan rupanya banyak pengunjung yang menyempatkan mampir kesana. Untuk mendapatkan tempat duduk saja harus menunggu ada pengunjung yang selesai makan dulu.

Sya memesan seporsi Sate Padang Mak Itam dan tentunya ingin juga memesan ikon lain kuliner pojok Sawojajar ini, yaitu Es Sekoteng. Sayangnya, sang penjual es sekoteng kehabisan es batu, sehingga tidak bisa memenuhi permintaan pelanggannya. Sayang sekali.

Sate Padang
Es Cingcau di pojok kuliner Sawojajar.

Untungnya sate padangnya masih ada. Sebagai temannya dipilih es cingcau.

Penampakannya seperti foto di atas. Sepuluh tusuk sate berisi potongan jeroan dengan kuah kental. Dua potong ketupat kecil ditambahkan dalam kuahnya. Nah, ciri khas dari sang penjual adalah selalu menambahkan tetelan atau gajih yang membuat kuah terasa lebih gurih.

Satenya sendiri sangat empuk dan tidak berbau. Dicampur dengan kuah kental yang terasa pedas dari lada/merica rasanya memang masih sama, enak pisan!.

Tidak salah. Ini sate padang terbaik yang pernah saya temukan di Bogor. Jangan tanya berapa banyak sate padang yang pernah saya coba karena sudah sangat banyak. Dan bisa dibilang ini yang memiliki rasa terbaik. Lunak, lembut, pedas tapi tidak pedas dan kuahnya itu memang enak sekali.

Seporsi sekarang Rp. 16,000.- agak naik dibandingkan sebelumnya yang hanya Rp. 14,000.-. Walaupun demikian sangat sebanding dengan harganya. Sebanding pula dengan keringat yang mengucur selama makan di bawah atap tempat tersebut. Tidak rugi meskipun hanya sebentar.

Hanya bila anda sedang diet ataupun memiliki masalah dengan tingkat kolesterol anda, harap berhati hati. Saya tidak yakin makanan ini akan baik bagi kesehatan anda. Melihat tetelan/gajih yang ditambahkan hampir pasti tingkat kandungan kolesterol dalam sate padang Mak Itam ini tinggi.

Meskipun memang enak, rasanya lebih baik anda mendahulukan kesehatan anda.

O ya penjual sate padangnya laki-laki dan bukan emak-emak yah. Gerobaknya biasanya berada di sebelah gerobak laksa dan susunan posisinya jarang berubah.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.