Sagu Rangi Bogor
Jajanan tradisional khas Bogor, Sagu Rangi

Kenyal ! Manis dan gurih sekaligus ! Itulah rasa dari jajanan masa kecil dulu. Namanya Sagu Rangi.

Walau kalau menurut cerita ini adalah makanan khas Betawi , tetapi tidak salah juga kalau disebut sebagai jajanan khas kota hujan, Bogor. Toh entah sudah berapa puluh tahun makanan ini sudah ada.

Paling tidak sejak saya menjadi penghuni Bogor, 37 tahun yang lalu penjual jajanan ini sudah berkeliaran di depan sekolah.

———

Kenyal . Yah namanya saja terbuat dari sagu, otomatis adonannya akan terasa lengket dan kenyal. Tidak bisa putus sekaligus ketika digigit dan harus agak di”betot”.

Sagu Rangi Bogor
Pedagang Sagu Rangi di Pasar Anyar Bogor

Gurih . Tidak lain dan tidak bukan asalnya pasti dari parutan kelapa yang dicampurkan ke dalam adonan sagu.

Manis. Bagaimana tidak setelah adonan dipanggang dan diangkat, maka kue ini akan dilumuri oleh gula cair

Bagaimana cara membuatnya ? Jangan tanyakan kepada saya. Hanya kalau hasil tanya sana sini dan melihat adonannya , rasanya tidak terlalu sulit untuk membuatnya.

Bahan dasarnya juga sederhana. Adonan hanya terbuat dari tepung sagu, garam dan parutan kelapa.

Walau demikian jangan tanyakan bagaimana mengolahnya. Bila tangan yang tidak terbiasa masak mencoba membuat , hasilnya bisa keras dan gosong.

Jadi, saya lebih suka membeli daripada membuatnya sendiri. Harganya tidak mahal hanya 7,000 rupiah saja untuk satu plastik berisi 5 potong. Lebih murah dibandingkan kalau saya membuatnya sendiri.

Meskipun demikian kalau belum rejeki, agak sulit mencari Sagu Rangi belakangan ini. Penjualnya tidak terlalu banyak.

Padahal dulu hampir di setiap sekolah akan ada satu penjual nongkrong di depan pagar. Jajanan ini termasuk salah satu favorit di era saya duduk di sekolah dasar.

Paling enak kalau dimakan pada saat masih panas dan gulanya masih hangat. Hanya hati-hati dengan gula cairnya yang bisa membuat belepotan mulut dan lengket tangan anda.

——–

Bukan sebuah makanan atau kuliner mewah. Tidak akan pernah juga kembali menjadi trend. Bentuknya terlalu sederhana begitu pula rasanya.

Terlalu sederhana untuk tampil di ajang perkulineran Bogor yang semakin penuh dengan warna warni masa kini.

Semoga saja, masih akan selalu ada generasi penerus penjual sagu rangi. Sayang sekali apabila jenis jajanan anak sekolah ini punah.

——-

Dimana bisa membeli sagu rangi ? Paling tidak di Pasar Anyar Bogor masih ada 2-3 penjual di beberapa sudut terlihat. Salah satunya di dekat blok AB dekat jalan Pengadilan.

2 COMMENTS

  1. pizza delivery depok

    parah sih foto kue ranginya. gula cairnya bikin kepengen cobain banget :”)

    • mangga atuh kang.. silakan cobain.. masih lumayan banyak di bogor yang jual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.