Selamat Malam Pembaca Lovely Bogor !

Tulisan ini terpaksa saya buat karena hari ini blog kecil ini kebanjiran pengunjung dan juga pertanyaan terkait dengan PPDB Online 2018/2019. Memang setiap tahunnya blog ini menayangkan hasil PPDB Online yang sudah selesai dilakukan.

Pertanyaannya rutin dan tidak berbeda setiap tahunnya, seperti :

  1. NEM saya (atau anak saya) sekian dan sekian, apakah bisa masuk SMA Negeri di Bogor?
  2. Rumah saya di Kabupaten Bogor, sedang anak saya lulusan SMP Negeri Kota Bogor, apakah bisa masuk SMA Negeri di Bogor
  3. Rumah saya di “sini” dan ingin sekolah di SMP “ini”, apakah bisa diterima?

Dan, pertanyaan-pertanyaan sejenis ini masuk via kolom komentar blog ini.

Saya sangat memahami betapa tegangnya para orangtua dan siswa yang baru lulus dan menerima nilai hasil ujiannya. Apalagi, saya mendengar hari ini hasil ujian SMP mulai dibagikan. Jadi, pasti otomatis semuanya mulai berpikir mau mendaftar kemana.

Dan, Google pun menjadi andalan untuk mencari informasi agar bisa melakukan persiapan untuk melakukan pendaftaran.

Nah, karena kebetulan saya sendiri mengalaminya tahun yang lalu, yaitu 2017-2018 (saat anak saya masuk SMA), izinkan saya memberikan sedikit saran bagaimana harus menghadapi PPDB Online 2018/2019 yang akan segera dilaksanakan.

Saran saya adalah :

a) TENANG :

Jangan grasa grusu dan juga jangan panik. Pendaftarannya belum dibuka. Jadi, masih ada beberapa hari sebelum dimulai.

Mencari informasi boleh, tetapi jangan terlalu tegang karena justru hal itu menyulitkan untuk mendapatkan informasi yang jelas dan benar

b) Website PPDB Online Kota Bogor 2018/2019 Hanya Satu!

Karena andalan para orangtua/siswa dalam mencari informasi adalah via Mbah Google, kalau boleh saya sarankan, lebih baik dihentikan saja usaha pencarian informasi seperti ini.

Saya perhatikan banyak sekali website abal-abal yang bukan dikelola badan resmi yang mencoba memberikan informasi, yang kalau dibaca sebenarnya justru bikin pusing dan rancu.

Lebih baik hanya perhatikan satu website saja karena inilah website resmi yang dipakai untuk pelaksanaan PPDB Online Kota Bogor 2018/2019. Situs ini dipakai juga tahun yang lalu dan sepertinya akan kembali digunakan tahun ini.

Nama situsnya adalah Kota Bogor | SIAP PPDB Online. Silkan klik link berwarna biru ini dan Anda akan dibawa ke website tersebut.

Tampilannya seperti ini.

PPDB Online Kota Bogor 2018 - 2019 Hal Yang Harus Diperhatikan Orangtua dan Siswa A

Abaikan website yang lain karena sebenarnya bukan yang resmi.

Jika pertanyaannya, mengapa website ini tidak bisa diakses? Jawabnya adalah karena website PPDB Online KOta Bogor 2018/2019 ini baru akan diaktifkan ketika pendaftaran sudah resmi dibuka dan diumumkan ke setiap sekolah. Sebelum itu, maka Anda hanya bisa melihat beberapa hal umum saja dan juga hasil dari PPDB Online tahun sebelumnya di halaman Arsip.

Jadi abaikan yang lain.

c) Tempat Bertanya Terbaik adalah Sekolah!

Jangan pernah percaya informasi dari berbagai website selain yang resmi yang sudah disebutkan di atas. Daripada Anda mendapat informasi yang tidak jelas dan membingungkan, lebih baik jangan coba mencari.

Jika Anda butuh informasi yang sahih dan terpercaya, dan pasti Anda butuh itu, hal yang harus dilakukan adalah

  1. Bertanya kepada sekolah asal : Informasi prosedur pendaftaran akan selalu dikoordinasikan dengan sekolah asal mengenai kapan dan tata caranya. Jadi, datang saja ke sekolah asal dan tanyakan kepada mereka kapan PPDB Online dimulai dan bagaimana caranya. Hal itu rutin dilakukan setiap tahun dan bahkan biasanya ada pendaftaran secara terorganisir di sekolah asal
  2. Bertanya langsung ke sekolah tujuan : tiap sekolah yang akan menerima murid baru akan membentuk panitia yang sudah mengetahui mengenai persyaratan, tata cara, dan berbagai hal lain yang harus disiapkan oleh calon siswa pendaftar. Jadi, daripada bingung dengan informasi di dunia maya, datangi sekolah tujuan dan tanyakan. Banyak sekolah yang sudah menyiapkan tim ini dan siap memberikan penjelasan. Luangkan waktu untuk mendapatkan informasi dari mereka.

d) Passing Grade Tidak Ditetapkan Sebelum Data Pendaftar Masuk

Passing Grade adalah nilai minimum seorang calon siswa untuk bisa diterima.

Nah, banyak yang berpikir bahwa nilai itu ditetapkan sekarang sebelum pendaftaran dibuka. Padahal sebenarnya hal itu salah besar.

Passing Grade baru akan diputuskan setelah data pendaftar masuk dan kemudian dibandingkan dengan kapasitas yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor.

Jadi misal ada 1500 orang pendaftar dan hanya ada kapasitas sekitar 250 orang, maka passing gradenya adalah nilai yang dimiliki oleh posisi ke-250 (terendah) dari semua yang mendaftar. Inilah passing grade minimumnya.

Passing Grade dari tahun sebelumnya seperti yang ada di

tidak berlaku tahun 2018-2019. Hasil ini hanya memberikan gambaran tentang apa yang terjadi di tahun sebelumnya, bukan berarti passing gradenya akan sama.

Jadi jangan salah memandangnya.

e) Sistem Zonasi bukan berarti siswa dari luar kota tidak bisa mendaftar

Banyak orangtua yang sepertinya khawatir anaknya tidak bisa diterima di sekolah idaman karena wilayahnya berbeda, misalkan sekolah tujuan di Kota sedangkan ia tinggal di Kabupaten.

Sebenarnya tidak demikian.

Sang anak bisa tetap bersaing dengan yang lain dalam sistem zonasi berdasarkan total nilai. Hanya saja, mereka yang tinggal di dekat sekolah akan mendapat keuntungan berupa tambahan nilai, seperti tahun lalu siswa yang tinggal di rumah berjarak 1-3 Km akan mendapat tambahan nilai 0.9.

Jadi, kalau NEM atau Hasil Ujian Nasionalnya 32.90 dan rumahnya berjarak 1-3 Km dari sekolah tujuan, maka nilainya menjadi 32.90 + 0.90 = 33.80.

Semakin jauh jarak dari sekolah maka nilainya akan mengecil, seperti 4-6 Km, yang mendapat tambahan nilai hanya 0.80. Ini sistem zonasi

f) Prosedur Siswa Dari Luar Kota Bogor

Siswa yang berasal dari luar kota Bogor bisa tetap memilih sekolah di Kota Bogor dengan

  1. Prosedur yang berbeda dengan siswa dari dalam Kota Bogor (Silakan kunjungi website PPDB Online Kota Bogor 2018/2019 yang saya berikan linknya di atas)
  2. Kalau tidak salah, mereka hanya bisa memilih 1 sekolah tujuan saja, sedangkan siswa dari Kota Bogor diperbolehkan memilih 2 sekolah

g) Dokumen Yang Harus Disiapkan

Pada dasarnya dokumen yang harus disiapkan itu biasa saja dan ada yang sudah diberikan, tetapi ada sebagian yang harus dilengkapi oleh orangtua dan siswa.

Beberapa yang pasti diperlukan :

  1. Surat Kelulusan
  2. Surat Hasil Ujian atau Surat Keterangan Tentang Nilai Hasil Ujian
  3. KTP/KK Orangtua
  4. Akte Lahir

Siswa nantinya juga akan diminta mengisi berbagai formulir oleh panitia yang bersangkutan terkait sekolah pilihan. Untuk itu pasti orangtua dan siswa akan harus datang ke sekolah untuk mengisi dan mengembalikannya.

Panitia juga akan memberikan / menetapkan nilai tambahan berdasarkan zona. Jadi, tidak perlu mengukur sendiri saat ini karena kriterianya ada di tangan panitia penerimaan.

h) Jalur Prestasi

Untuk pendaftar yang memiliki keahlian atau kemampuan dan prestasi dalam bidang tertentu, beberapa sekolah menyediakan kelas khusus. Hanya kriteria “Prestasi” ini juga sudah ditetapkan oleh masing-masing sekolah dan begitu juga kapasitasnya.

Prosedur dan jadwal penerimaannya juga berbeda dengan jalur akademik biasa. Untuk mengetahui apa yang harus dipersiapkan, seperti sertifikat prestasi yang bisa diterima, pendaftar harus bertanya langsung ke sekolah tujuan.

Itu saja yang bisa saya sampaikan via blog ini.

Tenang, teruslah mencari informasi lewat jalur resmi alias sekolah asal atau tujuan. Untuk kali ini, saya sarankan tidak memanfaatkan Mbah Google untuk mencari informasi seperti ini karena banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan tidak berasal dari pihak resmi. Lebih baik datang sendiri ke sekolah asal atau tujuan dan tanyakan langsung ke mereka.

O ya, yang terakhir, persiapkan alternatif sekolah karena setiap tahunnya kapasitas sekolah negeri (SMP dan SMA) itu terbatas dan selalu lebih kecil dari pendaftar. Jadi, persiapkan sekolah alternatif. Dimanapun bersekolah selama putra dan putri kita mau belajar dan bekerja keras kesuksesan itu pasti bisa diraih. Jangan terpaku pada pemikiran harus masuk sekolah negeri.

Itu saja hal-hal yang harus diperhatikan dan disadari oleh para orangtua dan putra putrinya dalam menghadapi PPDB Online Kota Bogor 2018/2019.

Semoga bermanfaat.

16 COMMENTS

  1. Pak jika saya ingin mendaftar SMA negeri yang jaraknya 9 km dri rmh saya apakah boleh? Trmksh

    • Setahu saya boleh.. silakan cek ulang dengan sekolah tujuan

  2. Maaf Pak, mohon masukannya, kami tinggal di ciomas ( masuk kabupaten ) dan anak kami sekolah di SD Insan Kamil ( kota bogor ), apakah dengan kondisi ini jika mau masuk ke smp negri di kota bogor pilihannya 2 atau 1 ( termasuk luar kota? )

    • Silakan cek dengan sekolah tujuan pertama saja bu.. karena terkadang peraturan tiap tahun akan berbeda. Kalau tahun yang lalu masih bisa 2 pilihan, cuma tahun sekarang saya belum tahu peraturannya seperti apa.

      Jadi, koordinasi saja dengan sekolah tujuan atau asal karena mereka pasti update dengan peraturan pendaftaran terbaru

  3. Maaf saya mau tanya buat pendaftaran jalur zonasi tingkat Bogor tanggal berapa ya?

    • Silakan cek langsung ke sekolah tujuan saja.. mereka lebih tahu dan paham tentang kapan mulainya. Dengar-dengar tanggal 2 Juli, tetapi lebih jelasnya pihak sekolah akan lebih tahu dibandingkan saya

  4. Jadwal zonasi sd ke smp untuk kota bogor kapan ya pak?

    • Saya tidak tahu bu.. tanyakan ke sekolah asal atau tujuan saja langsung

  5. Mau tanya pak untuk sistem zonasi SD ke SMP apakah jadwal berbarengan dengan PPDB Online nanti 7,9,10 Juli? Atau ada jadwal sebelumnya ? Di 22-23Juni?
    Anak saya mau ke SMP Kota Bogor, KK Kel.Cimahpar Bogor Utara dimana masuk Zonasi 1, SMP 3 Kota Bogor dng Skoring Zonasi 20 poin.
    Terima kasih pak

    • PPDB Online memakai sistem zonasi.. jadi sama saja

  6. Maaf pak mau tanya, apakah benar masuk smp negeri di kabupaten bogor biayanya bisa mencapai 4juta rupiah.? Terimakasih jawabannya.

    • Ratu..

      Maaf saya tidak tahu darimana info itu berasal. Yang saya tahu pengalaman masuk SMA Negeri tahun yang lalu tidak ada biaya karena sudah lewat PPDB Online dan penerimaan dilakukan secara terbuka.

      Itu saja.

  7. Pak mau tanya ..kl asal sekolah kab.tp domisili di kota apa bisa mendaftar 2 sekolah di kota

    • Setahu saya bisa.. tetapi silakan tanyakan langsung ke panitia penerimaan untuk kepastiannya

      • Pak Anton jika dari smp swasta borcess yg bagus tapi d kabupaten, ketika sma mau ke negeri di kota, pilihannya boleh berapa? Kk saya d kota Bogor

        • Tinggalnya di kota Bogor atau Kabupaten, kalau di Kota Bogor, berarti bisa dua pilihan (seperti anak saya tahun yang lalu), tetapi kalau tinggal di Kabupaten, gosipnya hanya boleh satu tahun ini.

          Kalau KK di Kota Bogor.. seharusnya dua pilihan.. tapi silakan cek lagi yah dengan persyaratan pendaftaran terbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.