PONDOK RUMPUT BOGOR
Pemandangan di Perumahan Pondok Rumput Bogor

Pondok Rumput adalah nama sebuah perumahan atau desa yang terletak di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal Kotamadya Bogor.

Lokasinya diapit oleh tiga desa lainnya yaitu Cimanggu , Kebon Pedes dan Bubulak. Dengan yang pertama Pondok Rumput dipisahkan oleh sebuah sungai bernama Cipakancilan. Sedangkan dengan dua desa yang lain, bisa dikata tidak ada batas yang jelas.

Di arah Timur terletak Pabrik Ban Good Year dan jalur kereta Bogor-Jakarta.

Perumahan ini termasuk salah satu perumahan tua yang ada di Bogor. Dulunya tempat ini adalah berupa perkebunan karet yang hasilnya dipakai untuk Pabrik Ban Good Year yang terletak tidak jauh dari tempat ini.

Jalan rayanya lebarnya sekitar 6 meter saja dan tidak terlalu banyak kelokan. Hanya bercabang sedikit di beberapa tempat untuk memudahkan akses penduduk saja.

PONDOK RUMPUT BOGOR
Gang di Pondok Rumput Bogor

Nama jalannya disesuaikan dengan nama perumahan yaitu Pondok Rumput. Pada akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an, jalan disini belum diberi nama dan baru di tahun 1990-an disematkan nama yang sama.

Mayoritas penduduknya tinggal dalam gang-gang. Semua gang disini dinamakan dengan nama ikan air tawar seperti Gang Mujair, Gabus, Tawes , Cupang, Gurame, Julung-julung, Ikan Mas, Nila dan sejenisnya.

Tidak ada nama ikan laut yang dipakai sebagai nama gang.

Perumahan ini termasuk sangat padat. Saat ini rumah-rumah penduduk bahkan sudah berdiri di pinggir sungai Cipakancilan. Yang akhirnya sering menyebabkan rumah-rumah di sekitar sungai tersebut terendam ketika hujan deras mengguyur.

Di Pondok Rumput terdapat sebuah sentra pemotongan ayam yang memasok ayam potong untuk pedagang-pedagang di berbagai pasar di Bogor.

Juga terdapat mesjid , Sekolah Dasar Pondok Rumput dan juga kuliner Bakso Pak Mien yang kondang di Bogor.

———

PONDOK RUMPUT BOGOR
Perumahan Pondok Rumput di dekat sungai Cipakancilan

Cara mencapai Pondok Rumput

Pintu masuk menuju perumahan ini ada dua yaitu melalui jalan Bubulak dan jalan Kebon Pedes. Cara menuju kesana

1. Dengan kendaraan pribadi

Rute 1) via Air Mancur

– Patokannya adalah Taman Air Mancur di jalan Sudirman. Di sebelah kiri (dari arah Istana Bogor) akan terlihat jalan RE Martadinata. Anda harap masuk ke jalan ini.

Anda akan menemui sebuah pintu perlintasan kereta di dekat Polsek Bogor Tengah/SDN Dewi Sartika. Akan terlihat ada percabangan ke kiri dan ke kanan. Yang ke kiri masih tetap Jalan RE Martadinata dan yang ke kanan adalah jalan Bubulak. Anda harus memilih yang ke arah kanan.

Setelah itu anda tinggal lurus saja, sekitar 1 kilometer anda sudah memasuki jalan Pondok Rumput. (Akan terlihat Pabrik Ban Good Year ada di sebelah kanan anda)

Rute 2) via jalan Pemuda

Anda dari Air Mancur harus memasuki jalan Pemuda. Lalu akan ditemui sebuah tugu Kujang Mini dan anda harus berbelok ke kiri. Setelah pintu perlintasan kereta (2-3 M saja dari perlintasan) ada sebuah jalan dan anda harus berbelok ke kiri. Lurus saja dan Ponduk Rumput sudah bisa ditemui

PONDOK RUMPUT BOGOR
Sentra Pemotongan Ayam di Pondok Rumput

Rute 3) via jalan Soleh Iskandar (Solis)

Anda jangan masuk ke underpass. Tetap lurus dan ikuti jalan melengkung. Setelah lengkungan jalan Solis di kiri anda akan terlihat ujung jalan Kebon Pedes dan harap masuk ke jalan ini. Kemudian sebelum pintu perlintasan di sebelah kanan ada jalan (lihat rute 2 hanya dari arah sebaliknya) dan silakan belok ke kiri

2) dengan angkutan umum

Ada satu trayek angkot yang khusus menuju Pondok Rumput yaitu angkot no 22 Merah. Anda bisa naik di Pasar Anyar atau di jalan Sudirman. Tarifnya sekarang Rp. 3000.- per orang.

Kalau anda dari terminal Baranangsiang bisa naik angkot 03 dan berhenti di depan Regina Pacis, berjalan sedikit ke arah jalan Pengadilan untuk menunggu angkot 22 Merah

2 COMMENTS

  1. Salam kenal Pak Anton, saya Fery. terakhir saya ke sana sekitar tahun 1992. saya ada saudara namanya ibu Santi Yulianti gg. tawes RT 04/05 no. 26. udah lama kami gak ada kontak. kira2 masih disana gak ya?

    • Salam kenal juga

      Kalau tidak salah memang ada yang namanya Santi di gang Tawes, tetapi saya nama lengkapnya tidak tahu.

      Sudah banyak berubah kang, soalnya banyak warga yang dulu tinggal sudah pindah. Dan saya sudah 10 tahun lebih tidak tinggal disana lagi.. sudah di Bukit Cimanggu, tetapi seminggu sekali masih kesana menjenguk ibu.

      Kalau boleh tahu nama orangtuanya siapa, nanti saya coba tanyakan deh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.