Plaza Jambu Dua Bogor
Plaza Jambu Dua Bogor

Plaza Jambu Dua adalah sebuah pusat perbelanjaan yang dikenal sebagai “Mangga Dua” nya Bogor.

Dikenal demikian bukan karena merupakan pusat perdagangan tekstil seperti yang banyak terdapat di Mangga Dua aslinya. Istilah ini lebih karena kemiripannya sebagai sentra penjualan komputer dan gadget.

Lokasinya berada di ujung jalan Ahmad Yani Bogor dan berada di titik pertemuan antara jalan tersebut dengan jalan Pajajaran.

Wilayah dimana tempat plaza ini berdiri merupakan sebuah daerah yang ramai, sibuk dan padat.

Plaza Jambu Dua memiliki 6 lantai ditambah dengan lantai semi dasar dan basement. Diperlengkapi dengan gedung parkir khusus yang terletak berdampingan dengan bangunan utama dan lahan parkir di sekitar area gedung.

——-

Plaza Jambu Dua Bogor
Counter-counter smartphone di Plaza Jambu Dua

Istilah “Mangga Dua”-nya Bogor sendiri sebenarnya agak kurang tepat. Plaza Jambu Dua bukanlah sebuah pusat perbelanjaan yang dikhususkan untuk perdagangan komputer seperti yang ada di Sentra Komputer Mangga Dua¬† Jakarta.

Dari 6 lantai yang tersedia, hanya lantai basement, semi dasar dan dasar saja yang dijadikan arena jual beli komputer dan gadget. Sisa lantai yang ada dipakai untuk Ramayana , Robinson Dept Store selain berbagai toko lainnya.

Di pasar modern yang katanya merupakan sentra komputer dan gadget sebenarnya lebih banyak dikuasai oleh perdagangan smartphone dan gadget.

Plaza Jambu Dua Bogor
Konter smartphone di Plaza Jambu Dua

Ratusan konter smartphone dan gadget bertebaran memenuhi lantai dasar. Ukuran konter mulai dari yang besar hingga yang hanya memajang etalase di tengah ruangan memenuhi lantai dasar Plaza Jambu Dua.

Di lantai semi dasarpun dominasi perdagangan smartphone dan gadget masih mendominasi. Meskipun demikian di lantai semi dasar jumlahnya lebih sedikit dan berpadu dengan berbagai toko komputer.

——-

Plaza Jambu Dua Bogor
Konter Smartphone di Plaza Jambu Dua Bogor

Jenis smartphone dan gadget yang dijual disini tidak pernah ketinggalan trend yang terkini. Tidak berapa lama setelah gadget terbaru di-release di pasaran Jakarta, maka pedagang-pedagang di Plaza Jambu Dua akan mulai menawarkan yang sama kepada pengunjung.

Harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh penjual di Jakarta.

Hal yang sebenarnya tidak mengherankan karena banyak dari pedagang disini memiliki akses langsung ke distributor atau toko-toko besar di Jakarta.

Begitu pula dengan perdagangan komputernya. Berbagai jenis komputer mulai dari desktop, notebook, netbook hingga kamera digital beredar disini. Jenis yang terbaru atau yang bekas semua ditawarkan disini.

Anda juga bisa memesan sebuah desktop rakitan yang spesifikasinya sesuai kemauan anda disini.Selain menjual banyak konter juga menawarkan jasa servis

Semua hal yang ada di Computer Centre di Mangga Dua Jakarta.terdapat juga disini meskipun dalam ukuran yang jauh lebih kecil.

Mungkin karena hal itulah istilah “MangDu”nya Bogor.

Plaza Jambu Dua Bogor
Plaza Jambu Dua Bogor

Untuk pengunjung yang lapar dan haus tersedia beberapa gerai makanan seperti Dunkin Donuts, California dan Texas Fried Chicken tersedia di lantai dasar dan semi dasar.

Saat ini Plaza Jambu Dua memiliki saingan dalam hal perdagangan smartphone dan gadget. Tempat lainnya tersebut yaitu Bogor Trade Mall yang terletak di dekat Kebun Raya Bogor.

Meskipun demikian “MangDu”-nya Bogor ini sepertinya masih tidak terusik dengan kehadiran pesaingnya dan terlihat tetap ramai setiap harinya.

——–

Cara menuju Plaza Jambu Dua

Sangat mudah untuk menuju tempat ini dari dua titik masuk utama Bogor yaitu Stasiun Kereta Bogor dan Terminal Baranangsiang. Hal ini mengingat pusat perbelanjaan ini terletak di pertemuan beberapa jalan utama.

1) dari Stasiun Bogor : anda cukup naik angkot no 07 Merah dengan trayek Merdeka-Ciparigi. Angkot ini akan lewat di depan plaza ini

2) dari Terminal Baranangsiang, anda bisa naik Bus Metromini tujuan Depok dan berhenti di halte tepat di dekat Plaza Jambu Dua. Tinggal berjalan kaki memasuki area saja.

Bisa pula memakai Trans Pakuan dan berhenti di halte yang sama. Meskipun demikian tidak praktis karena anda harus menyeberang ke Pool Trans Pakuan di jalan Cidangiang.

3) dari arah Salabenda – Parung , anda harus naik angkot no 16 Merah dan berhenti di jalan Dadali. Ganti angkot no 07 Merah.

4) dari arah Cibinong, naik angkot 08 Biru atau naik bus Metromini dan berhenti di depan Plaza Jambu Dua

24 COMMENTS

  1. pak saya mau nanya, disitu ada yang nerima service LCD & Touchsreen iphone gak yaa?

    • Silakan datang langsung saja .. ada beberapa tempat service HP disana.

  2. Dewi Khairunnisa

    assalamualaikum
    disana jual lcd asiafone type af9908 gak ya ??

    • Cek langsung ke lokasi saja.. saya tidak tahu merk apa saja yang dijual disana

  3. Ada jual disk game utk latop ga ya…misal game the sims

    • Ada cuma biasanya di bagian belakang. Palign tidak ada 2-3 toko yang menjual CD game atau sejenisnya di bagian sebelah belakang

  4. Pak kalo mau jual hp bisa ga di sana nerima hp bekas ga pak,makasih

    • Disana banyak toko.. ada yang bisa ada yang nggak. Langsung aja kesana dan cari yang bisa jual beli hape

  5. Kalo buat benerin printer bisa nggak ya di jambu dua?

    • Bisa.. banyak toko untuk servis

  6. Klo toko grosir jenis2 kertas ada gk di situ kang?

  7. Pak, mau nanya dong, saya dari depok mau ke plaza jambu dua. Rute nya bagaimana ya, dtunggu jawabannya pak.terimakasih

    • Mau naik apa? Kereta?

      Kalau naik Kereta turun di Bogor dan kemudian naik angkot 07 merah atau semua angkot yang mengarah ke warung jambu. Pasti nanti berhentinya di depan Plaza Jambu Dua

  8. Mau jual kamera DSLR di mana ya pak?

    • Bisa kesini juga Kang.. ada lumayan banyak counter jual beli kamera disana.

  9. Comment:kalo Dari kampus ke ipb ke mangga dua itu Naik Mobil angkot APA ya PA yang cepet? mohon dijawab ya

    • Nggak perlu memohon untuk dijawab ya Nita… hahahaha insya Allah pertanyaan apapun segera dijawab kalau sudah sempat. Kalau belum, harap maklum.

      Dari IPB (Dramaga) ke Jambu Dua bukan Mangga Dua. Kalau Mangga Dua itu di Jakarta, Jambu Dua di Bogor.

      Naik angkot no 05 biru yang menuju terminal Bubulak. Disitu ada pool Trans Pakuan. Dah naik itu saja nanti akan lewat Jambu Dua kok.

      Soal cepet tergantung karena harus lewat Jalan Soleh Iskandar yang terkenal macet dan saat ini tambah macet karena ada pembangunan jalan tol.

      Kalau dari Kampus IPB Baranangsiang, nyebrang dulu, lalu bisa naik angkot no 09 yang ke arah Warung Jambu atau Trans Pakuan. Bisa juga naik Bus Pusaka.

  10. Permisi pak

    Mau tanya seputar transport bogor :

    1. Kl dari mall BTM yg paling cepat sampe plaza jambu 2 itu angkot 07, angkot 09 atau 08A??
    2. Kl dari plaza jambu 2 adakah angkot yang bs langsung/lwt ke mall PGB??

    Skian Pak, tolong dijawab ya. Thx

    • Saya ga mau jawab ya… hahaha (bercanda)

      1. Kalau antara 3 itu saya pilih 07 merah karena tidak terlalu muter dan juga titik kemacetan yang dilewati seditit. Kalau yang 08-09 biasanya melewati perumahan Indraprasta dulu. Jadi lebih lamaan dikit.

      2. Kalau dari Jambu Dua ke PGB, cari 07 yang menuju terminal meredeka karena PGB ada di kawasan terminal Merdeka

  11. kalau saya bilang malah seperti roxy-nya bogor. karena lebih didominasi oleh penjualan smartphone/tablet dan aksesorisnya. toko-toko yang jual perlengkapan komputer cuma di lantai basement, itu pun tidak banyak.

    dari semua toko komputer di jambu dua ga ada satupun yang terlihat unik ataupunya ciri khas tertentu. hampir semua produk yang dijual adalah model/merek yang sama, jadi ga banyak pilihan kalau pengen merakit komputer.

    kalau dilihat dari sistem jualannya pun seperti satu wholesaler (distibutor) yg punya banyak lapak. soalnya dari segi harga standar aja.

    kebetulan dulu salah satu kenalan buka toko sparepart komputer di jambu dua, agak susah untuk bersaing krn terikat soal harga pasaran dengan toko-toko lain disana, kalau jual harga lebih murah dari rata-rata, seperti “dimusuhi” oleh toko-toko lain

    beda seperti di mangga dua, karena disana memang banyak distributor dan importir, tiap toko bisa menjual produk yang sama dengan harga berbeda satu-sama lain, tergantung dari distributor mana barang tsb diambil. tiap toko bisa bebas menentukan distributor/importir mana sebagai partnernya, sesuai dengan kontrak dagang yg disepakati

    jadi pembeli pun lebih fun aja buat hunting sparepart komputer rakitan, karena tiap toko punya harga terbaik masing-masing. pilihan merek dan model lebih banyak, dari yang low-end sampai yang high-end pasti ada

    • Bisa juga disebut Roxy-nya Bogor. Sah! Karena memang sebenarnya merupakan tempat gabungan kedua jenis merchandise, smartphone dan juga komputer.

      Bogor tidak mempunyai sentra khusus komputer selain di Jambu Dua. Penamaannya pun merujuk ke Mangga Dua.

      Thank you mas sudah meluangkan waktu meninggalkan komenter yang sedemikian detail.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.