Peta Kebun Raya Bogor 5
Peta Kebun Raya Bogor di Pintu I (Gerbang Utama)

Bingung mau lihat apa di Kebun Raya Bogor? Atau, bahkan sampai tersesat dan tidak tahu harus keluar darimana? Janganlah. Pasti tidak enak rasanya kalau begitu. Lagipula, kebun botani kebanggaan warga Bogor ini sudah menyediakan satu hal yang ditujukan untuk membantu para pengunjung yang datang untuk bisa menikmati dan menjelajahi tempat itu tanpa susah. Benda ini mudah ditemukan karena tersebar dimana-mana. Namanya Peta Kebun Raya Bogor.

Tidak percaya? Coba saja rasakan betapa mudahnya menemukan peta dari kebun seluas 87 hektar ini. Pasti tidak akan sulit. Di setiap pintu masuk sudah terpampang satu. Belum lagi di setiap taman tematik yang ada di dalamnya, biasanya akan ada satu buah.

Masalahnya banyak pengunjung mengacuhkannya dan bahkan tidak mau meliriknya. Padahal, Peta Kebun Raya Bogor ini bisa membuat waktu selama berwisata di dalamnya menjadi lebih efisien karena peta ini bisa membantu dalam menemukan lokasi dan rutenya.

Peta ini juga bisa memberikan gambaran tentangisi kebun botani pertama di Asia Tenggara ini karena di dalamnya disebutkan berbagai fasilitas, koleksi tanaman yang ada, bangunan , dan masih banyak lagi informasi lainnya.

Kebun Raya Bogor
Papan Penunjuk Kebun Raya Bogor di Pintu IV

Cara Membaca Peta Kebun Raya Bogor

Peta Kebun Raya Bogor di Pintu III

Sebenarnya tidak perlu dijelaskan karena teramat sangat mudah untuk menemukan informasi yang diperlukan terkait KRB pada petanya. Tidak akan butuh keterampilan pramuka atau penjelajah alam.

Sederhana dan mudah.

Hanya, kalau memang diperlukan, bisa ikuti saja langkah di bawah ini.

Pertama, Peta KRB akan terdiri dari dua bagian. Bentuknya bisa beragam, tetapi intinya tetap sama.

Pertama : Denah

Bentuknya seperti peta biasa tetapi di dalamnya diberi tanda berupa titik-titik bernomor urut dengan warna yang berbeda. Ada 3 warna, pink, hijau, dan oranye. Masing-masing warna berkaitan dengan kategori informasi yang berbeda. (Berdasarkan Peta Kebun Raya Bogor di Pintu I/Gerbang Utama)

Dalam denah ini juga akan diberikan keterangan dimana posisi Anda saat membaca peta itu.

Silakan lihat di bawah ini bentuk denahnya.

Denah Kebun Raya Bogor

Kedua : Keterangan

Tentunya untuk tahu titik apa yang dilambangkan oleh nomor itu diperlukan keterangan. Nah, tinggal lihat saja papan keterangan yang biasanya berada di sebelahnya (pada Pintu I) atau dalam satu papan penunjuk yang sama.

Yang berwarna Oranye berisikan keterangan tentang berbagai fasilitas / bangunan yang ada.

Silakan lihat dan baca sendiri apa saja bangunan yang bisa ditemukan dalam KRB.

Gedung dan Bangunan di dalam Kebun Raya

Kemudian, yang berwarna pink tua, berisikan berbagai tempat/situs menarik dan “terkenal” di dalam kebun botani itu.

Daftar Situs Menarik di Kebun Raya Bogor

Yang terakhir, warna hijau adalah keterangan atau kategori berdasarkan koleksi tanaman. Jadi, kalau mau belajar tentang pandan, pakis, dan sebagainya keterangan yang ini bisa dipergunakan untuk menemukan lokasinya.

Daftar Koleksi Tanaman di KRB

Memang tidak semua Peta Kebun Raya Bogor memakai warna seperti yang ada di perempatan dekat Monumen Lady Raffles/Pintu I, tetapi garis besarnya sama. Ada denah dan bagian keterangan.

Tinggal mencocokkan antara nomor urut dan apa yang tertulis saja.

Percayalah, membaca peta sederhana ini akan bisa menghemat waktu dalam mencari rute berkeliling di sana.

Memang, ada satu kekurangan yang ada di dalam peta. Sesuatu yang penting bagi pengunjung. Namanya lokasi toilet. Nah, untuk itu silakan lihat tulisan mengenai toilet di Kebun Raya Bogor dan masalah ini sudah terpecahkan.

Bagi yang merasa kurang cocok dan tidak akrab dengan peta atau karena tidak tahu apa yang harus dicari atau dituju, bisa melihat tulisan sebelumnya yang berjudul “Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik“. Disana sudah disebutkan beberapa lokasi dan spot menarik di Kebun Raya Bogor beserta dengan rute untuk mencapainya.

Kalau Anda gadget-mania, bisa juga memakai aplikasi JAWARA (harus diinstal dulu).

Yang manapun cara yang dipergunakan, sama saja. Semuanya bisa mempermudah pengunjung untuk menikmati Kebun Raya Bogor.

Kalau saya sih, karena sudah puluhan kali kesana-maklum orang Bogor-, sudah jarang melihat Peta Kebun Raya dan juga tidak instal aplikasinya. Sudah lumayan hapal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.