LOVELY BOGOR“Bagaimana cara pendaftaran siswa baru SMA Negeri 1? Berapa Passing Grade SMP Negeri 1?”

Beberapa pertanyaan sejenis masuk ke Lovely Bogor beberapa hari terakhir. Intinya pengunjung biasanya mencari penjelasan atau informasi tentang bagaimana cara memasuki sebuah SMP dan SMA Negeri di Bogor.

Pertanyaan tahunan.

Ya. Memang setiap tahun antara bulan Mei dan Juni, blog ini kebanjiran pengunjung yang membutuhkan informasi tentang hal ini. Tidak tanggung-tanggung dua buah artikel yang berisikan hanya daftar SMP dan SMA Negeri di Kota Bogor dikunjungi ribuan orang hanya dalam waktu 1 bulan saja.

Mengapa pada kedua bulan ini? Karena pada bulan Mei adalah saat dimana Ujian Nasional (atau sederajat) untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama selesai. Sudah pasti langkah berikutnya para orangtua dan calon siswa akan bersiap-siap untuk melanjutkan ke jenjang sekolah berikutnya.

Langkah pertama yang mereka lakukan adalah mendapatkan informasi tentang batas minimum atau Passing Grade dari sekolah tujuan.

Itulah mengapa dua artikel di bawah ini kebanjiran pembaca

  • Daftar Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kota Bogor beserta Passing Grade
  • Daftar Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Bogor beserta Passing Grade

(Silakan pergunakan search untuk mencari kedua artikel ini)

Kedua tulisan ini hanya berisi nama sekolah, alamat, nomor telpon, Passing Grade, dan kapasitas tempat duduk pada setiap sekolah berdasarkan data 2 tahun ke belakang.

Informasi ini mungkin akan bisa membantu para orangtua dan anaknya. Mereka bisa memperhitungkan sekolah negeri mana yang bisa diraih sesuai dengan hasil Ujian Nasional mereka.

Sebagai tambahan informasi pelengkap, artikel ini akan menjelaskan sedikit (berdasarkan pengetahuan penulis) tentang tata cara pendaftaran siswa baru SMP dan SMA Negeri di Bogor.

Tata Cara Pendaftaran Siswa Baru Bogor – PPDB Online

Pendaftaran Siswa Baru SMP Dan SMA Bogor
SMA NEGERI 1 BOGOR

“Bagaimana cara mendaftar ke SMA Anu dan Itu?” atau “Bagaimana cara masuk SMP Ini dan Itu?”

Seharusnya pertanyaan ini sudah tidak terdengar mengingat penerimaan siswa baru SMP dan SMA Negeri di Bogor sudah berubah sejak dua tahun lalu.

Sistem penerimaan sudah tidak lagi dilakukan oleh sekolah yang dituju, tetapi dilakukan secara terpusat melalui daring (via internet). Nama sistemnya adalah PPDB Online (Penerimaan Siswa Didik Baru Online).

Jadi para calon siswa SMP dan SMA Negeri di Bogor harus memasukkan datanya ke dalam sistem. Data yang harus dimasukkan adalah jumlah nilai Ujian Nasional , sekolah yang ditargetkan dan beserta data siswa lainnya.

Untuk memasukkannya, biasanya dikoordinir oleh sekolah asal sang calon siswa. Tetapi, bisa juga dilakukan secara perorangan. Hal itu akan terserah pada keputusan siswa dan orangtuanya.

Website PPDB Online, baik Kabupaten maupun Kota biasanya baru akan dibuka beberapa hari sebelum pendaftaran siswa baru dimulai. Sebelumnya akan diadakan sedikit  penyuluhan atau penjelasan kepada orangtua dan siswa bagaimana melakukan data entry.

Kecuali, untuk sekolah-sekolah yang menyediakan kelas jalur khusus, yaitu jalur prestasi. Untuk kelas berdasarkan jalur prestasi, maka penerimaannya dilakukan secara tersendiri dengan persyaratan tersendiri pula. Tidak semua sekolah mengadakan kelas khusus ini dan biasanya hanya 1-2 kelas saja setiap tahunnya.

Jadi, bila Anda sedang mencari cara pendaftaran siswa baru SMP dan SMA Bogor, jawabnya lewat PPDB Online. Ini berlaku untuk semua sekolah negeri di Bogor.

Passing Grade SMP dan SMA Negeri Bogor

Pendaftaran Siswa Baru SMP dan SMA Bogor
SMP Negeri 1 Bogor

“Berapa Passing Grade SMA Negeri 1 atau 2 atau 3 Bogor?”

Jawabnya?

Saya tidak tahu. Kalaupun Anda tanyakan kepada para guru kenalan di sekolah tujuan, mereka akan menggelengkan kepala. Jika Anda tetap penasaran dan bertanya pada kepala sekolah, mereka akan tersenyum dan akan memberikan penjelasan panjang lebar tentang sistem PPDB Online. Bahkan, walikota dan bupati Bogor pun tidak akan bisa menjawabnya.

Percayalah!

Mengapa?

Karena sistem seleksi penerimaan siswa baru, sejak masa ke masa adalah berdasarkan Sistem Lelang. Ya, dasarnya sebenarnya adalah “bangku” akan diberikan pada penawar TERTINGGI. Jadi Passing Grade ditentukan setelah pendaftaran ditutup bukan di awal sebelum pendaftaran dibuka.

Tentu bukan uang. Dalam hal ini adalah hasil ujian akhir sang siswa pendaftar yang diperhitungkan.

Untuk mempermudah, ilustrasinya sebagai berikut

SMA Negeri 1 Bogor

    • Kapasitas Jurusan IPA : 235 Bangku
    • Pendaftar : 500 orang

Maka berdasarkan sistem PPDB Online, maka data hasil Ujian Nasional atau Sekolah dari siswa pendaftar yang berjumlah 500 orang itu akan disortir. Data tersebut diurutkan mulai dari Nilai Tertinggi hingga Nilai Terendah.

Lalu, kapasitas yang tersedia menjadi penentu. Karena jumlahna hanya cukup untuk 235 saja, maka siswa pendaftar dengan Nilai Tertinggi hingga posisi ke 235 akan diterima.

Nilai terendah, yaitu pendaftar di posisi ke 235 akan menjadi Passing Grade Penerimaan Siswa Baru di sekolah tersebut pada tahun ajaran itu. Itulah yang namanya Passing Grade.

Kalau ada beberapa siswa, entah 2,3,5 atau 10 dengan nilai terendah sama, maka mereka akan diterima di sekolah yang bersangkutan.

Keseluruhan data pendaftar yang masuk dalam sistem akan ditampilkan secara terbuka pada website PPDB Online. Pergerakan data dan posisi siswa pendaftar pun bisa terlihat.

Jadi, kalaupun Anda mencari passing grade penerimaan siswa baru pada sebuah sekolah untuk tahun ajaran baru, tidak akan pernah bisa ditemukan. Yang ada hanyalah data passing grade tahun-tahun sebelumnya.

Menggunakan Data Passing Grade Untuk Memprediksi

Jadi tidak ada gunanya dong data passing grade tersebut? Tidak juga.

Kalau dipergunakan secara baik, data tersebut akan beisa bermanfaat untuk memprediksi apakah dengan nilai Ujian Akhir sekian bisa memasuki SMA Negeri Ini. Perubahan angkanya biasanya tidak terlalu drastis dan hanya 1-2 point saja dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jadi bisa dipakai untuk melihat peluang untuk memasuki sekolah tertentu.

Peluang tersebut bisa diperbesar, kalau orangtua dan siswa rajin mencari informasi mengenai pergerakan naik dan turun hasil ujian akhir di Bogor. Dengan itu, maka prediksi bisa semakin tepat.

Hanya, sekali lagi hanya. Hal tersebut tidak mutlak dan pasti. Sangat sulit untuk mendapatkan data-data tersebut. Butuh perjuangan dan usaha keras.

Tips Untuk Persiapan Memakai Sistem Penerimaan Siswa Baru Berdasarkan PPDB Online

Tipsnya sederhana saja

  • Persiapkan internet
  • Pahami cara memasukkan data ke PPDB Online. Tanyakan bila kurang jelas
  • Persiapkan data dan dokumen dengan baik
  • Berkoordinasilah dengan team PPDB Online di sekolah asal
  • Jangan mengambil target sekolah bila nilai Ujian Akhir dirasa kurang mencukupi. Ambil target yang lebih rendah
  • Bersiaplah begadang. Pergerakan data di PPDB Online sangat cepat dan kadang perubahan terjadi di saat yang tidak terduga. Data tersebut bisa dilihat di website setiap saat
  • Manfaatkan pilihan kedua atau ketiga dengan baik. Kalau target pertama lolos, maka masih ada kesempatan masuk sekolah negeri dengan menuju sekolah dengan Passing Grade lebih rendah
  • Persiapkan pilihan cadangan sekolah swasta yang hendak dituju
  • Pertimbangkan untuk memasuki Sekolah Menengah Kejuruan Negeri bagi lulusan SMP. Persaingan mendapatkan bangku di SMK Negeri Bogor ketat, tetapi tidak seketat SMA Negeri
  • Berdoa

——

Dua tahun yang lalu, saya pernah melakukannya ketika anak semata wayang kami hendak ke jenjang SMP. Tahun depan 2017-2018, rasanya saya akan membaca tulisan ini lagi untuk mengingatkan apa yang harus dipersiapkan untuk memasuki jenjang SMA.

Selamat berjuang. Semoga informasi tentang cara pendaftaran siswa baru SMP dan SMA Negeri Bogor ini bisa bermanfaat.

48 COMMENTS

  1. Comment:kalo untuk aturan tahun 2019 ajaran baru bagaimana Pak untuk daftar smp negeri 1 Bogor

    • Untuk tahun ajaran 2019 belum keluar infonya dik. Biasanya keluar setelah ujian diumumkan.

      Hanya caranya sama saja yaitu via PPDB Online. Hasil Ujian ditambah dengan poin jarak dan lokasi. Mengenai passing grade juga baru bisa ditentukan setelah semua pendaftar masuk. Kalau mau lihat passing grade tahun 2018-2019, bisa kunjungi di SINI.

  2. Beri penyerahan pa.anak sy nem 25.3 klo ke smp 6 kira2 bisa ga pa. Dan sistem zonasi sy blom paham cara ngitung score . Jarak . Sekolah mohon pencearahan dari bpk anton

    • Maaf.. saya tidak tahu bisa atau tidak karena tergantung pada banyak hal, seperti persaingan pendartar.

      Sistem zonasi intinya hanya pendaftar akan mendapat “tambahan” nilai yang ditentukan berdasarkan jarak rumah ke sekolah. Jadi, misalkan nem 25.3 kemudian jarak rumah 1-3 km, maka dapat tambahan nilai 0.9. Artinya total nilainya menjadi 25.3 + 0.9 = 26.2…

      Nilai ini kemudian diurutkan dengan seluruh pendaftar yang masuk dan kemudian dipilih sesuai dengan kapasitas kelas yang ada

  3. Selamat siang pak Anton, anak sy tahun ini lulus SD dengan nilai USBN adalah 235.23. jujur sy msh bingung dengan sistem zonasi. domisili sy adalah dikabupaten tepatnya dikecamatan Kemang Bogor. tp anak sy ingin sekali sekolah dikotamadya tepatnya di SMPN 16 Kayumanis. apabila sy daftar diSMP 16 tersebut anak saya tidak diterima, apakah anak saya masih bisa diterima mendaftar disekolah SMPN dikabupaten. Mohon pencerahannya mengingat sampai saat ini sy masih belum mengerti dan bingung bertanya kemana?
    Terima kasih Pak.

    • Lebih baik ditanyakan ke sekolah tujuan. Masalahanya petunjuk pelaksanaan PPDB tahin 2018 dan 2019 belum diumumkan.

      Hanya kalau berdasarkan tahun kemarin, kalau dari Kabupaten hanya bisa memilih 1 di Kota dan 1 di Kabupaten.

  4. Assalammualaikum wr ,wb mohon informasinya pa , saya mau daftarkan anak saya ke smpn 4 lewat jalur sktm, misalnya ngga ke terima apakah bisa saya daftarkan anak saya lewat jalur reguler ke smpn lain ? Apakah harus lewat daftar online? Nem ya 244,87 makasih.

    • Wa alaikum salam

      Mas..

      Kalau tidak bisa lewat jalur SKTM, bisa masuk lewat jalur reguler dan ikut prosedur yang biasanya, yaitu lewat jalur online

      Kalau jalur SKTM ada kuotanya, dan silakan hubungi langsung sekolah tujuan karena kriterianya mereka yang tahu. Dan biasanya lumayan banyak yang ingin masuk lewat jalur ini juga

  5. Pak Anton Yth
    Mau tanya masa berakhir pendaftaran masuk sma 1 kapan yah mengingat kami sudah berlibur mudik
    trimakasih sebelum nya Pak Anton

    • Maaf saya tidak tahu tepatnya kapan dibuka. Tapi antara tanggal 20-an setelah libur resmi lebaran berakhir.

      Semuanya akan dibuka serentak, jadi sebaiknya tetap bersiap dan perpendek liburannya

  6. Assalamualaikum, boleh tanya cara hitung jarak nya. Melalui google maps atau ada cara khusus, seperti dari griya katulampa ke SMA 3?

    • Penetapan jarak sudah ada kriterianya di tangan panitia penerimaan Arvy. Jadi mereka punya standar sendiri dan dari kriteria itu merekalah yang menentukan berapa nilai tambahannya.

      Tidak bisa dihitung sendiri. Tetapi, untuk mengira-ngira silakan saja. Berdasarkan pengalaman tahun yang lalu (saat anak saya mendaftar) jarak 1-3 KM dari sekolah mendapat tambahan maksimum 0.90 dan setiap 3 kilometer angkanya berkurang dengan 0.10

  7. Assalamualaikum bapak,
    Mohon ijin bertanya, anak saya tahun ini masuk SMP, adapun SMP yang dituju lokasinya beda kecamatan dengan tempat tinggal calon siswa (anak saya), tetapi masih satu kabupaten Bogor.
    Yang ingin ditanyakan,bisakah anak saya mendaftar ke sekolah yang dituju tersebut, mengingat adanya sistem Zona ? sistem zona ini pula yang kami belum paham penerapan nya untuk anak didik atau calon siswa.
    Selanjutnya apakah perlu kami (orang tua calon siswa) untuk membuat surat keterangan domisili dari kecamatan sekolah tujuan agar bisa mendaftar di sekolah tujuan tersebut.

    Mohon pencerahan dan saran dari bapak Anton,
    Terima kasih.

    • Wa alaikum salam pak Ridwan..

      Sistem zona bukan berarti anak bapak tidak bisa bersekolah di luar area tempat tinggal bapak.

      Sistem zona pada dasarnya adalah memberi “tambahan nilai” pada mereka yang rumahnya berada dekat dengan sekolah yang dituju. Contohnya bila rumah si A berjarak 3 KM dari sekolah yang dituju, maka si A mendapat tambahan nilai misalkan 0.9 yang kemudian ditambahkan ke nilai hasil ujian.

      Misalkan Nilai Hasil Ujian 26.04 , kmudian ditambahkan dengan nilai tambahan berdasarkan jarak/zona yang 0.9, maka nilainya adalah 26.94.

      Nah, nilai ini kemudian akan dijadikan penentu apakah bisa melewati passing grade sekolah yang dituju.

      Begitu saja penjelasan saya pak. Kebetulan tahun yang lalu, anak saya juga masuk SMA, jadi begitulah pengalaman saya.

  8. Assalamualaikum, Ijin minta informasi dan saran dari bapak untuk anak yang sekolahnya di SD kotamadya dan menginginkan meneruskan sekolah di SMP kotamadya, sedangkan tempat tinggal kami diwilayah kabupaten, karna menurut informasi ada sistem zona. Sistim inilah yang kami belum begitu paham. Dapatkah Anak kami sesuai keterangan diatas bisa masuk ke smp yang diinginkan oleh anak kami ?.
    Trimakasih sebelumnya, semoga bapak dapat memberikan informasi dan pencerahan buat kami.

    • Wa alaikum salam

      Tdaik masalah pak.. Anak bapak tetap bisa bersekolah di SMP Negeri Kota.

      Cuma dalam sistem zona, calon siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah tujuan akan mendapatkan nilai tambahan tergantung jarak, yaitu antara 0,0 – 0,9

      Misalkan Hasil ujian 26, kemudian jarak antara rumah dan sekolah hanya 4 kilometer, maka nilainya ditambah 0,8 menjadi 26.8

      Jadi, walau rumah bapak di Kabupaten, si anak tetap bisa didaftarkan ke sekolah yang dikehenaki. Hanya, mungkin tidak akan mendapatkan nilai tambahan dari jarak. Jadi kejar saja nilai hasil ujian setinggi mungkin karena posisinya lebih lemah dibandingkan yang rumahnya dekat dengan sekolah.

      Itu saja.

  9. Mhn info PPDB SMAN di Bogor kapan ya mulai di buka, kalo anak sy dari kabupaten bisa memilih SMAN di kota

    • Belum dibuka bu.. biasanya dibuka setelah pengumuman kelulusan ..Saat ini belum ada websitenya

  10. Assalamualaikum wr wb pak
    Kalau mau daftar online lewat japres ke web mana yaa? Terimakasih 🙂

    • Wa alaikum salam.. nanti tunggu karena saat ini belum ada. Biasanya keluar setelah pengumuman hasil ujian keluar

      Kalau tidak salah harus ke sekolah tujuan dulu untuk mengklarifikasi data dan kemudian baru ditunjukkan cara untuk memasukkan data di web mana.

  11. Sore pak Anton…
    Anak saya saat ini SMPnya di kabupaten Bogor, ada update ga pak mengenai pemilihan SMAN nya? kalau ga salah yang dulu2 kalau dari kabupaten hanya bisa memilih 1 SMAN di kotamadya dan 1 SMAN di kabupaten, dan saat ini untuk 2018 rumorsnya berdasarkan zonasi (jauh dekatnya rumah kesekolah/ sistem zonasi) mohon pencerahan pak, tks pak sebelumnya..salam lovely Bogor

    • Belum ada bu… biasanya baru akan ada update mendekati Ujian Nasional atau setelahnya.

      Tahun lalu pun sudah berdasarkan zonasi bu. Kalau lokasi rumah dan lokasi sekolah dekat maka akan diberikan tambahan poin seperti yang rumahnya berjarak 3 kilometer dari sekolah dapat poin 9 (atau 0.9). Semakin jauh semakin berkurang poinnya.

      Jadi sistem zonasi sudah berlaku tahun yang lalu (maklum anak saya tahun yang lalu masuk SMA)

      Pantau terus saja bu, cuma jangan terlalu percaya gosip dulu. Tunggu informasi resminya karena kadang banyak informasi yang bersliweran. Cuma kalau sistem zonasi memang sudah berlaku

  12. Assalamualaikum wr.wb
    Mau tanya pak, sebelumnya kalau ingin tahu pendaftaran SMAN via online itu kapan ya dan bisa di daftar lewat mana?
    Terimakasih
    Wassalamualaikum wr.wb

    • Wa alaikum salam

      Pendaftaran baru dibuka setelah Ujian selesai dan hasil ujian dibagikan. Tahun yang lalu harus datang ke sekolah yang dituju untuk mendapatkan token / password untuk masuk ke website.

  13. Assalamulaikum, bapak infonya untuk yang dari luar kota prosedur pendaftarannya bagaimana yah untuk siswa baru? Dengan nem 28,65 apakah bisa masuk ke SMPN 1 Bogor?

    • Setahu saya… pendaftaran smp sudah selesai dan sudah selesai…pengumuman dilakukan tgl 23 juni yg lalu

      • Tidak ada pendaftaran gelombang dua pak untuk masuk smp kota bogor?

        • Kalau smp negeri tidak ada… ?

  14. Ass” paj ank sy lls sklh sd nem 239, bsa g msk smp negri 6

    • Wa alaikum salam Wely. Tidak ada jaminan.

      Penentuan Passing Grade ditentukan berdasarkan pelamar yang masuk ke sekolah tersebut dan bukan ditetapkan di awal penerimaan. Jadi, kalau ada 1000 pelamar tetapi kapasitas hanya 200, maka NEM terendah / passing gradenya adalah nem dari yang menempati posisi ke-200 tadi.

      Jadi, saya tidak bisa menjawab bisa atau tidak.

  15. Assalamu’alaikum…selamat pagi pak.mohon bantuannya pak,saya mau daftarin anak saya k smpn 11,tapi begitu sy masuk ke situs ppdb kota bogor selalu dihalangi oleh iklan google,gmn caranya y pak .terima kasih.

    • Pak Achmad…

      Sepertinya bapak salah membuka website. Website PPDB tidak ada iklannya. alamat websitenya ini https;//kotabogor.siap-ppdb(dot)com (ganti ; dengan : dan kata dot dengan . )

      Dan sudah saya coba tidak ada iklan sama sekali. Kemungkinan besar masalah ada di perangkat (laptop atau notebook atau komputer) yang bapak pergunakan karena sudah saya coba beberapa kali di komputer dan smartphone saya tidak ada iklan satupun.

      Cek lagi alamat websitenya dan juga kebesihan perangkat yang dipergunakan.

      • Baik pak saya akan coba kmbali,terima kasih saran dan informasinya.

  16. Assallamualaikum wr, wb
    Pak maaf saya mau nanya adek saya tahun ini lulus dengan nem 269,00 apakah adek saya bisa masuk SMPNegeri 6 Bogor?
    TerimaKasih pak

    • Wa alaikum salam…

      Kalau melihat Nem nya ada kemungkinan bisa. Tetapi, semua itu tetap tergantung pada pelamar yang ingin masuk ke sekolah itu.

      Jadi usahakn bahwa pilihan keduanya posisi passing gradenya kemungkinan lebih rendah dibandingkan smp 6, jadi kalau tidak lolos disana bisa diterima di smp berikutnya

  17. Assalamualaikum pak Anton…mo tanya anak saya alhamdulilah lulus tahun ajaran 2017 /2018 nemnya 236.8
    Kira kira rekomendasi smpn mana y pak trima kasih sebelumnya

    • Wa alaikum salam Mutty…

      Selamat atas kelulusan anak ibu dan bersyukur bahwa putra/i kesayangannya sudah selesai menempuh satu tingkat pendidikan.

      Kalau melihat pelajaran beberapa tahun terakhir, SMP Negeri di Bogor memiliki standar yang lumayan tinggi bagi siswa baru SMP, kalau melihat NEM 236, mungkin bisa mencoba ke SMP Negeri 11 atau 20.

      Ada baiknya juga mempersiapkan SMP N swasta jika ternyata tidak diterima. Ada cukup banyak yang berkualitas, seperti SMP Borcess, yang bisa Mutty baca di blog ini juga.

  18. Pendaftaran ke SMA negeri thn 2017/2018 tanggal brp ya?

    • Kalau jalur akademik tanggal 3-8 Juli, pengumuman tanggal 10 Juli.. Kalau jalur prestasi 6-10 juni ini sudah dimulai. Lalu dilanjutkan dengan seleksi 12-14 juni.

  19. minta infonya juga pak apa saja yang perlu di persiapkan bagi calon siswa smp ? rencana mau mendaftarkan anak saya ke salah satu smp di bogor trimakasih

    • hasil UN yang bagus bu yang utama… persaingannya ketat sekali di Bogor. Jadi persiapan yang terbaik adalah menghasilkan nilai sebagus mungkin supaya bisa diterima di sekolah negeri.

      kalau yang lainnya hanya administrasi saja. Memang sekarang sekolah bukan di Bogor bu?

  20. Anak saya gagal masuk Japres.

    Jadi nya ikut jalur reguler yang akan di mulai besok 30 Juni 2016.
    Mo tanya, apakah Piagam tsb bisa di jadikan tambahan dokumen, saat pendaftaran besok..?
    Harapan nya dengan piagam tersebut, bisa menambah poin dari NEM yang ada.

    terima kasih,
    Salam silaturahmi – Lovely Bogor

    • Wah sayang sekali.. semangat Pak.

      Tidak bisa pak. Piagam itu hanya untuk Jalur Prestasi. kalau jalur reguler hanya berlandaskan hasil Ujian Akhir saja.

      Tetap semangat pak untuk meraih yang terbaik.

      Salam silaturahmi dari Lovely Bogor

  21. Apa bila sekolah smp asal ada di kabupaten, tapi domisili di kotamadya dan ingin ikut mendaftar di SMAN kota bogor. Apa tetap harus mengurus surat rekomendasi / pindah rayon dari dinas kabupaten bogor Pa….?. sebab ini masih cukup membingungkan. Terima Kasih Atas Bantuannya

    • Sepertinya demikian kalau mau pilihannya lebih dari 1. Setahu saya diperkenankan tanpa surat pindah rayon tetapi pilihannya dibatasi menjadi 1 sekolah.

      Kalau diurus pindah rayon, maka pilihannya menjadi sama dengan yang di kota.

      Lebih baik menunggu penjelasan PPDB sebentar lagi. Biasanya akan ada perubahan dalam peraturannya dibandingkan sebelumnya

  22. bisa minta infonya kalau berasal dr luar bogor dan mau mendaftar SMP dibogor krn ada rencana pindah ke bogor,,terima kasih

    • Mendaftar sebagai siswa baru kelas satu? atau pindahan?

      Kalau siswa baru kelas satu, harus melewati PPDB online Kota Bogor. Kalau pindahan harus berhubungan langsung dengan sekolah yang dituju. itupun kalau ada kuota kursi yang tersedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.