Masih gersang sih karena rerumputan dan tanamannya belum tumbuh (atau mungkin tidak tumbuh?). Tetapi, setidaknya kemacetan sudah berkurang sejak pembangunan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (Lingkar Luar Bogor) Seksi IIB selesai dan tol ini mulai beroperasi pasca Lebaran, Juli 2018 yang lalu.

Tidak ada lagi antrian panjang kendaraan karena jalan yang menyempit. Juga debu-debu yang beterbangan sudah berkurang banyak. Apalagi suasananya menjadi teduh (bagaimana tidak sinar matahari terhalang oleh beton-beton raksasa).

Yang pasti pemandangan seperti foto di bawah ini sudah menghilang.

Menikmati Kemacetan Jalan Soleh IskandarYah, setidaknya Jalan Soleh Iskandar, tepat dimana komplek perumahan dimana saya tinggal berada sudah tidak lagi macet. Arus lalu lintas lancar jaya (walau ternyata kemacetan berpindah ke lokasi lain).

Pemandangan di kolong jalan tol Bogor Outer Ring Road Seksi IIB ini juga ternyata lumayan. Walau sebenarnya ingin untuk bisa memotret di kala berada di atas jalan tol, dan bukan di bawahnya (pemandangan saat pagi dan sore keren dari atas), tetapi karena susah memotret sambil menyetir, jadilah hanya bisa memperlihatkan kolongnya saja.

Kira-kira seperti inilah kolong jalan tol BORR Seksi IIB yang baru saja beroperasi ini.

Pemandangan di Kolong Toll Bogor Outer Ring Road Seksi IIB C

Setidaknya, tidak percuma mengalami segala keruwetan selama kurang lebih 500 hari lebih. Situasinya terlihat lebih menyenangkan. Apalagi kalau tanamannya bisa segera rimbun kembali seperti dulu.

2 COMMENTS

  1. Punten pak Anton, kalo saya ngga salah lihat pas proyek tol BORR seksi IIB ini baru selesai, saya pernah sekilas melihat median jalan di kolong tol BORR masih berwarna kehijauan, tapi sayangnya semakin kesini malah semakin menguning rumputnya… 🙁
    Kayaknya Pemkot Bogor perlu mempertimbangkan untuk menanami median jalannya dengan tanaman bandel yang tidak perlu banyak air dan sinar matahari, karena dengan posisinya yg persis di bawah jalan layang tol BORR pasti sinar matahari dan air hujan akan sulit menyinari dan membasahi tanaman di median jalan itu…

    • Betul sekali mas Hadi.. memang makin menguning.. seharusnya begitu karena tanaman perlu dirawat supaya subur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.