Patung wanita dan anak

 

Patung wanita dan anak. Itu nama tidak resmi yang diberikan oleh Lovely Bogor pada sebuah patung yang berdiri di jalan masuk utama Perumahan Bukit Cimanggu City.

Tidak resmi karena hingga sekarang tidak ada keterangan apapun tentang patung ini. Nama tersebut keluar melihat bentuk patung yang terdiri dari wujud seorang wanita sedang menuntun seorang anak.

Patung tersebut berada di tengah sebuah taman di jalan utama menuju ke perumahan. Berdiri di atas sebuah tonggak dan menjulang melebihi tinggi kebanyakan pohon penghias di taman tersebut. Posturnya kelihatannya memang disengaja menjadi pusat dari taman tersebut.

Dari segi usia, tentu saja patung ini belum memiliki nilai sejarah yang membuatnya patut dicatat dalam buku sejarah Bogor. Meskipun demikian, dari segi artistik, keberadaan patung wanita dan anak ini memberikan kesan tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Patung wanita dan anakKeberadaan patung ini menjauhkan kesan bahwa sebuah kompleks perumahan hanyalah berisi rumah-rumah tanpa mempertimbangkan segi keindahan. Kesan tersebut berhasil dihilangkan disini.

Segi artistik yang selama ini sering tidak terlihat justru mendapat tempat tersendiri di Bukit Cimanggu City. Selain Patung wanita dan anak, masih terdapat beberapa penghias jalan lagi yang terlihat menarik dipandang mata. Contohnya seperti Patung Sang Pemikir atau Patung Wanita Menunggu Es Krim, kesemuanya memberikan nuansa tersendiri bagi yang memandangnya.

 

Image4445Sebuah hal yang harus dipandang sebagai sesuatu yang positif. Selama ini pihak pengembang dipandang hanya mementingkan profit atau keuntungan saja. Keberadaan Patung Wanita dan Anak ini membuktikan bahwa profit dan keuntungan bisa sejalan dengan keindahan. Hal yang seharusnya ditiru oleh para pengembang perumahan di Kota Bogor lainnya.
Bisa jadi, suatu waktu patung ini akan menjadi sebuah warisan atau cagar budaya kota Bogor. Tentu saja tidak dalam waktu dekat karena untuk menjadi sebuah benda cagar budaya, usia sebuah bangunan haruslah di atas 50 tahun.

Hanya saja, bila kita bayangkan beberapa puluh tahun ke depan, maka benda seperti ini bisa menjadi sebuah tonggak sejarah Bogor di tahun 1990-2015. Keindahan dan keunikannya bisa menjadi cerita tersendiri bagi anak cucu warga Bogor. Toh, banyak tempat dan bangunan di masa lalu yang tidak pernah dibangun secara khusus untuk menjadi warisan budaya, saat ini dijadikan cagar budaya Bogor.

Prosesnya akan panjang. Teramat panjang untuk membuktikan bahwa patung wanita dan anak ini, di suatu hari memang layak dipandang sebagai sebuah warisan budaya dan sejarah Bogor.

Tulisan inipun dibuat dengan memandang ke depan. Suatu waktu, mungkin 50 atau 100 tahun dari sekarang, seseorang akan mencari kejelasan tentang apa, siapa, dan kapan Patung Wanita dan Anak ini berdiri.

Setidaknya pada saat itu, mereka bisa dengan mudah menemukan informasi tersebut ketika melihat tulisan ini. Setidaknya, mereka tidak mengalami kesulitan yang sama dengan yang dialami penulis ketika hendak menulis tentang Bogor di masa ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.