Bagi pengunjung Taman Kencana Bogor, tentunya sekarang sudah menyadari bahwa di salah satu sisi taman favorit warga Bogor telah hadir sebuah ornamen baru. Ornamen ini belum ada hingga akhir tahun 2017 yang lalu. Bentuknya adalah sebuah patung dengan warna emas yang mencolok dan sulit untuk tidak mengundang perhatian.

Namanya, sebut saja Patugn Revitalisasi Sumpah Pemuda. Begitulah kira-kira nama yang disematkan kepada sebuah patung walau kecil tetapi sarat makna ini. Nama resminya tidak diumumkan, tetapi karena hadirnya patung itu terjadi di saat deklarasi Revitalisasi Sumpah Pemuda yang dikumandangkan banyak kalangan di Bogor, jadilah patung itu kerap disebut Patung Revitalisasi Sumpah Pemuda.

Ukurannya tidak seberapa besar. Kurang lebih tingginya sekitar 1 1/2 meter saja. Bagian bawahnya sebagai penopang dan bagian atasnya terdapat patung, seperti orang sedang membaca buku dengan seutas tali terikat pada tangan, dan mata yang tertutup. Yang menjadikannya mencolok adalah cat warna keemasan yang menyelimutinya membuatnya mudah ditemukan bahkan dari sudut terjauh taman peninggalan zaman kolonial itu.

Pada bagian bawahnya terdapat banyak tulisan di berbagai sisinya yang berisi ungkapan, petuah, dan juga mereka-mereka yang terlibat dalam acara Revitalisasi Sumpah Pemuda pada Oktober 2017 yang lalu.
Patung Revitalisasi Sumpah Pemuda di Taman Kencana 3

Makna patung itu sendiri agak sulit dicerna kalau melihat bentuknya, tetapi kalau melihat pihak-pihak yang berada di balik hadirnya patung Revitalisasi Sumpah Pemuda ini, bisa dikatakan bahwa monumen ini diharapkan menjadi pengingat bagi kaum muda di Bogor agar menjauhi narkotika dan obat-obat terlarang.

Selain berbagai tokoh penting Bogor, seperti Walikota Bima Arya, Danrem 601, ternyata juga hadir beberapa pihak yang pernah bersinggungan dengan obat terlarang, yaitu PKNB (Persaudaraan Korban Napza Bogor) dan Bimbim Slank yang dahulu kerap berurusan dengan barang terlarang ini.

Bisa dikatakan patung ini merupakan pesan agar para pemuda Indonesia menjauhi narkotika dan barang terlarang lainnya agar tidak terikat pada hal-hal yang negatif. Patung ini juga mendorong para pemuda warga Bogor untuk memilih kegiatan-kegiatan positif (seperti membaca buku?) agar tidak membuat masa depannya suram.

Patung Revitalisasi Sumpah Pemuda Hiasi Taman Kencana 2

Ornamen tambahan yang bagus bagi sebuah taman bersejarah di Kota Hujan. Apalagi, taman ini terkenal juga sebagai tempat nongkrong kawula muda, yang bukan hanya berasal dari Kota Bogor saja, tetapi juga dari luar kota, patung ini bisa jadi pengingat agar tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif.

Jika hendak melihat patung ini, pergilah ke sebelah Timur Laut Taman Kencana, di sisi yang berdekatan dengan RM Macaroni Panggang. Pasti tidak akan terlewat karena warna keemasannya yang mencolok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.