Patung Little Mermaid-Little Mermaid Statue
Patung Little Mermaid-Little Mermaid Statue

Patung Little Mermaid ? Yang mana ya ? Eta mah patung si Denok (Itu mah patung si Denok)

Itu adalah kutipan beberapa tanggapan dari beberapa anggota komunitas Bogor Heritage di facebook. Respon tersebut keluar ketika foto seperti yang sedang anda lihat ini diposting ke komunitas tersebut.

Banyak dari mereka yang pernah melihatnya mengatakan bahwa nama patung tersebut adalah si Denok. Hanya satu orang yang berhasil menjawabnya dengan tepat.

Foto patung ini bukanlah patung si Denok. Jauh berbeda !

Patung Little Mermaid di Istana Bogor

Foto ini adalah gambar dari patung bernama “Little Mermaid” dan bukan si Denok.

Patung tersebut adalah salah satu replika dari total 14 replika patung “Little Mermaid” yang ada di dunia. Aslinya terdapat di Kopenhagen Denmark dan merupakan ikon dari negara tersebut.

Pemahat patung aslinya bernama Edvard Eriksen seorang pemahat terkenal Denmark dan juga pernah menjadi dosen di Royal Danish Academy of Fine Arts.

Patung Little Mermaid ini diberikan sebagai hadiah dari Kerajaan Denmark kepada Indonesia di tahun 1958 sebagai simbol persahabatan kedua negara. Ukurannya versi yang di Bogor lebih kecil dibandingkan dengan aslinya.

Patung Little Mermaid
Sosok patung little mermaid dari kejauhan

Patung ini ditempatkan di halaman belakang Istana Bogor di dekat kolam teratai. Pengunjung Kebun Raya Bogor bisa melihat keberadaan patung ini dengan mudah.

Sekilas tentang Patung Little Mermaid

Mengapa Kerajaan Denmark menghadiahkan patung ini sebagai tanda persahabatan ? Apakah tidak ada yang lebih berharga sebagai tanda pengikat persahabatan?

Justru apa yang diserahkan oleh pihak Denmark menunjukkan penghargaan yang mendalam terhadap Indonesia. Patung Little Mermaid adalah ikon atau ciri khas yang sangat dibanggakan oleh rakyat negeri tersebut.

Ide patung ini berasal dari sebuah kisah dongeng karya pengarang terkenal asal Denmark Hans Christian Andersen. Judulnya sama dengan nama patungnya yaitu “the Little Mermaid” atau “Ikan Duyung Kecil”.

Anda pasti pernah dong membaca cerita tentang seorang (atau seekor) ikan duyung muda bernama Ariel yang jatuh cinta pada seorang manusia. Kisah yang menyayat hati karena cinta yang tak terbalas.

Kalau belum pernah baca bukunya pasti sudah menonton film animasinya yang beredar di tahun 1989-an.

Patung Little Mermaid di Istana Bogor

Nah Hans Christian Andersen adalah seorang yang menjadi kebanggaan rakyat Denmark. Hasil karyanya dikenal di segala penjuru dunia.

Penghadiahan patung Little Mermaid menunjukkan betapa berharganya Indonesia di mata Kerajaan Denmark. Apalagi hanya ada 14 negara yang memiliki replika patung kebanggaan rakyat Denmark ini.

—-

Patung Little Mermaid yang asli ditempatkan di pelabuhan kota Kopenhagen di atas sebuah karang menghadap ke laut lepas. Bak seorang duyung yang menahan rindu ingin bertemu orang yang disayangnya.

Edvard Eriksen membuat patung aslinya dari perunggu. Bagian badan dicontoh dari badan istrinya , Eline Eriksen sendiri dan kepalanya meniru kepala seorang balerina bernama Ellen Price.

Awal mulanya Ellen Price , sang balerina adalah menjadi model patung tersebut secara keseluruhan. Hanya karena untuk itu ia harus berpose bugil, sang balerina merasa keberatan. Sebagai pengganti bagian badan ditiru dari tubuh istri sang pematung.

 ——–

Nah saya harap ketika anda berkunjung ke Bogor, khususnya Kebun Raya Bogor dan melihat patung ini, setidaknya anda sudah tahu apa namanya. Begitu pula dengan sejarah singkat patung tersebut.

3 COMMENTS

  1. Belum pernah ke Istana Bogor sih, jadi ga tau keberadaan patung ini hehe

    • Ga usah ke Istana Bogor.. ke Kebun Raya saja.. soalnya patung itu kelihatan dari dalam Kebun Raya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.