MPP Mal Pelayanan Publik (Grha Tiyasa) - Ramah, Nyaman, Cepat A

Keterangan foto : Pintu Masuk MPP atau Mal Pelayanan Publik Kota Bogor (Grha Tiyasa) di Lantai Dasar Lippo Kebun Raya

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya untuk bisa berhubungan langsung dengan MPP atau Mal Pelayanan Publik Kota Bogor atau yang diberi nama Grha Tiyasa tidak lama setelah diresmikan.

Sentra pelayanan publik terpadu ini memang baru diresmikan oleh walikota Bogor, Bima Arya, tanggal 26 Agustus 2019 yang lalu. Jadi, memang baru saja.

Hanya karena masalah Kartu Tanda Penduduk si Kribo Cilik yang tidak kunjung beres saja, akhirnya terpaksa harus datang ke Mall Lippo Kebun Raya dimana Grha Tiyasa berada. Itupun sekedar mencoba-coba saja karena belum sepenuhnya yakin bahwa blanko KTP tersedia.

Maklum , secara total sejak mulai mengurus KTP ini bulan Juli 2019, KTP belum bisa dicetak dengan berbagai alasan. Yang terakhir adalah tidak tersedianya blanko KTP di kecamatan.

Jadi, saat datang kesana , tetap ada keraguan bahwa hal itu bisa terselesaikan.

Meskipun demikian, saat berada di depan Mal Pelayanan Publik Kota Bogor ini, mau tidak mau cukup kagum juga. Bukan apa-apa, kesannya benar-benar bonafide dan profesional. Sangat berbeda dengan kondisi kantor pelayanan publik yang pernah saya datangi, apalagi kalau dibandingkan kantor kecamatan atau kelurahan.

Kesan yang didapat adalah

RAMAH DAN INFORMATIF

Berbeda dengan kalau masuk ke kantor pelayanan publik yang kadang bingung harus menuju kemana, hal itu tidak terjadi disini.

Beberapa staf berpakaian layaknya pramugari dengan cepat dan penuh senyum  mendatangi serta membantu memberikan penjelasan tentang proses untuk mendapatkan layanan di MPP. Bahkan, seorang petugas keamanan berpakaian safari biru tua juga tidak segan dan sungkan untuk membantu menerangkan.

Ramah dan sangat informatif. Begitu kesan yang tertangkap, bahkan sebelum memasuki ruangannya. Masih di depan pintu masuk.

NYAMAN

Kursi keras, panas, dan pengap, biasanya begitulah kesan kalau masuk ke kantor pelayanan publik. Setidaknya di masa lalu. Tetapi, tidak disini.

Tempat duduknya berbentuk sofa yang empuk dan nyaman diduduki. Ruangan ber-AC yang pastinya akan menenangkan.

Nyaman sekali.

Pastinya sangat membantu saat menunggu giliran untuk dipanggil.

Belum ditambah antrian yang memakai sistem aplikasi sangat menjamin keteraturan. Tidak ada yang saling sodok. Semua menanti sesuai nomor antrian yang tertera.

MPP Mal Pelayanan Publik (Grha Tiyasa) - Ramah, Nyaman, Cepat b

CEPAT DAN TUNTAS

Kenyamanan memang menyenangkan. Keramahan memang menenangkan. Tetapi, semua itu bisa sirna kalau masalah tidak bisa diselesaikan secara tuntas.

Sudah lebih dari dua bulan sejak anak semata wayang memenuhi kriteria mendapatkan KTP dan selama itu pula usaha untuk memberikannya KTP dilakukan. Yang didapat hanya SUKET (Surat Keterangan) saja.

Dan, masalah itu selesai oleh petugas Disdukcapil yang berada disana hanya dalam waktu sekitar 30 menit saja. Itupun waktu yang dipakai untuk menunggu giliran dan pengecekan data.

Dalam waktu yang sesingkat itu, KTP sudah tercetak dan bisa dibawa pulang untuk diserahkan kepada yang punya, si Kribo Cilik.

Dan, tanpa biaya tambahan apapun.

MPP Mal Pelayanan Publik (Grha Tiyasa) - Ramah, Nyaman, Cepat C

 

Wow….!

Tidak pernah menyangka bahwa pelayanan publik bisa seperti ini sebelumnya. Jika yang seperti ini dilakukan oleh perusahaan swasta, bukan hal yang aneh, tetapi pelayanan publik yang prima seperti ini baru saya rasakan sejak berpuluh tahun tinggal di kota ini.

Terus terang, sangat memuaskan.

Mudah-mudahan saja pelayanan Mal Pelayanan Publik pertama di Jawa Barat yang luar biasa prima seperti ini bisa terus dipertahankan seterusnya. Pastinya akan membantu menghapus impresi buruk dalam masyarakat.

Jadi, untuk kali ini 4 jempol untuk Grha Tiyasa.

Really a good job.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.