merokok sambil mengemudi
Merokok sambil mengemudi

Pak ! Merokok itu adalah sebuah tindakan yang berbahaya. Berbahaya bagi kesehatan. Apalagi merokok sambil mengemudi. Itu dua kali lipat bahayanya.

Merokok memang bukan sesuatu yang dilarang oleh hukum. Seorang warga negara boleh menentukan apa yang menurutnya terbaik bagi dirinya. Meskipun demikian, karena kita hidup di dalam masyarakat, ada aturan yang harus dipatuhi demi kenyamanan hidup bersama.

Anda seorang perokok, bukan sebuah masalah. Pastikan saja bahwa anda tidak merokok di sembarang tempat atau area dilarang merokok.

Jadi boleh dong merokok sambil mengemudi? Toh bukan di sebuah area yang dilarang merokok?

Meskipun tidak ada hukum yang mengatur tentang aturan merokok sambil mengemudi, tetapi ada norma bahwa kita jangan sampai mencelakakan orang lain. Sementara merokok sambil mengemudi berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ketika pertama kali berlatih mengendarai mobil atau motor pasti kita diajarkan beberapa hal dasar.

Salah satunya adalah mengemidu kendaraan entah mobil, motor, atau jenis kendaraan lainnya membutuhkan konsentrasi. Pengemudi memerlukan kaki dan tangannya untuk mengontrol setir kendaraan dan laju kendaraan yang dikendarai. Pengemudi harus sebisa mungkin menghindarkan diri dari hal-hal yang bisa mengacaukan konsentrasi.

Anda membahayakan bukan hanya diri sendiri tetapi juga mengancam keselamatan orang lain.

Bahaya merokok sambil mengemudi

 

merokok sambil mengemudi

Foto di atas diambil pada hari Kamis 14 Mei 2015 di bilangan Warung Jambu Bogor. Seorang pengemudi motor menyalakan sebatang rokok menunggu lampu hijau menyala.

Memang terlihat biasa karena banyak yang melakukannya di negeri ini, bukan hanya Bogor.

Pernahkah kita membayangkan hal-hal berikut

  • Bagaimana pengemudi tersebut bisa berkonsentrasi ketika matanya terkena asap rokok. Perih pastinya. Konsentrasi akan sangat terganggu
  • Bila kedua tangan dipergunakan memegang setir. Rokok menyala akan dijepit oleh bibir. Semakin lama akan semakin pendek dan panas dari bara akan semakin dekat ke mulut.
  • Bara api bisa terpercik dan mengenai pengemudi lainnya. Bisa juga mengenai diri sendiri
  • Abu dan puntung rokok harus dibuang kemana selama mengemudi? Sepeda motor tidak diperlengkapi dengan tempat sampah. Biasanya jalan umum akan menjadi sasaran.

 

Kesemuanya adalah hal-hal yang bisa mengacaukan konsentrasi dalam mengemudi. Hal-hal yang bisa menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban.

Bila anda perokok. Tidak masalah! Hanya ketika anda sedang mengemudi dan keinginan merokok timbul, lebih baik anda menepi. Cari tempat untuk merokok.

Bila anda tidak peduli terhadap keselamatan anda, bukan juga sebuah masalah. Meskipun demikian, anda harus peduli terhadap keselamatan orang lain. Jangan sampaii mereka menjadi korban dari kelalaian yang anda buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.