Menuju Bogor dari Bekasi dengan Commuter Line
Commuter Line di Stasiun

Beberapa hari terakhir menjelang akhir pekan panjang, di monitor Lovely Bogor terlihat cukup banyak query atau pertanyaan yang sama. Pertanyaan yang intinya bagaimana cara menuju Bogor dari Bekasi menggunakan jasa Commuter Line.

Besar kemungkinan yang mencari informasi tersebut ingin mengunjungi dan berwisata ke Kebun Raya Bogor.

Bukan pertama kali hal tersebut terjadi. Biasanya pertanyaan tersebut masuk ke pencarian Google muncul menjelang akhir pekan atau hari libur.

Rupanya meskipun Commuter Line sudah cukup lama dikenal, masih banyak yang belum memahami cara memanfaatkan rute-rute yang ada.

Sayangnya, panduan mengenai hal tersebut belum tersedia, hingga hari ini.

Nah, mengingat ke depannya masih ada banyak tanggal merah di kalendar, Lovely Bogor akan coba membantu agar keinginan wisata ke Bogor dapat terealisasi.

Oleh karena ada banyak pintu keberangkatan , maka tulisan akan dibagi sesuai dengan stasiun awalnya. Di tulisan yang pertama ini akan menjelaskan cara menuju Bogor dari Bekasi.

Cara Menuju Bogor dari Bekasi dengan Commuter Line

Penjelasannya akan dimulai dari

Rute Blue Line (Jalur Biru)

Ini adalah trayek Commuter Line yang menjadikan stasiun Bekasi sebagai titik awal atau akhir perjalanannya. Rute Blue Line akan melewati stasiun-stasiun berikut ini

BEKASI – KRANJI – CAKUNG -KLENDER BARU – BUARAN – KLENDER – CIPINANGJATINEGARAMANGGARAI – CIKINI – GONDANGDIA – GAMBIR – JUANDA – SAWAH BESAR – MANGGA BESAR – JAYAKARTA – JAKARTA KOTA.

Warna Merah adalah sebagai tanda bahwa Commuter Line tidak berhenti di stasiun-stasiun tersebut. Sementara , stasiun yang diwarnai hijau menyala adalah STASIUN TRANSIT.

Pada Jalur Biru/Blue Line ada dua stasiun Transit yaitu Jatinegara dan Manggarai. Harap diingat karena kedua stasiun ini penting bagi perjalanan anda.

Dua pilihan rute

Ada dua pilihan rute dan tehnik menuju Bogor dari Bekasi dengan menggunakan Commuter Line (atau CL panggilannya).

Rute Pertama

Rute ini memanfaatkan Jatinegara sebagai persinggahan atau transit perjalanan anda. Selepas dari stasiun Bekasi, anda turun di Stasiun Jatinegara.

Di stasiun ini anda berganti ke Jalur Kuning atau Yellow Line. CL jalur kuning perjalanannya akan berakhir di stasiun ini.

Perhatikan rute Yellow Line sebagai berikut

BOGOR – CILEBUT – BOJONG GEDE – CITAYAM – DEPOK – DEPOK BARU – PONDOK CINA – UNIVERSITAS INDONESIA – UNIVERSITAS PANCASILA – LENTENG AGUNG – TANJUNG BARAT – PASAR MINGGU – PASAR MINGGU BARU – DUREN KALIBATA – CAWANG – TEBET – MANGGARAI – MAMPANG – SUDIRMAN/DUKUH ATAS – KARET – TANAH ABANG – DURI – ANGKE – KAMPUNG BANDAN – RAJAWALI – KEMAYORAN – PASAR SENEN – GANG SENTIONG – KRAMAT – PONDOK JATI – JATINEGARA

 

Jadi setelah berganti kereta, CL tersebut akan langsung ke Bogor.

Rute Kedua

(Catatan : Update 1 April 2017. Sebagian (atau seluruh) Trayek CL dari Bekasi akan melewati Jatinegara – Pasar Senen – Kota. Rute ini masih mungkin berlaku, tetapi mungkin juga tidak. Tergantung ketersediaan CL yang mengarah ke Jakarta Kota via Manggarai)

Menuju Bogor dari Bekasi
Commuter Line Train

Rute ini akan memakai stasiun Manggarai sebagai stasiun Transit.

Anda tidak perlu berhenti di Jatinegara seperti rute pertama. Lanjutkan saja ke stasiun Manggarai. Pastikan anda berhenti di stasiun ini dan jangan sampai anda terbawa lebih jauh karena akan membuang waktu anda.

Bergantilah dengan CL menuju Bogor yang pertama ada. Akan ada dua rute CL yang melewati Manggarai yaitu Yellow Line dan Red Line.

Rute Yellow Line sudah dijelaskan di atas sedangkan rute Red Line adalah sebagai berikut

BOGOR – CILEBUT – BOJONG GEDE – CITAYAM – DEPOK – DEPOK BARU – PONDOK CINA – UNIVERSITAS INDONESIA – UNIVERSITAS PANCASILA – LENTENG AGUNG – TANJUNG BARAT – PASAR MINGGU – PASAR MINGGU BARU – DUREN KALIBATA – CAWANG – TEBET – MANGGARAI – CIKINI – GONDANGDIA – GAMBIR – JUANDA – SAWAH BESAR – MANGGA BESAR – JAYAKARTA – JAKARTA KOTA

Rute Ketiga (Setelah Update 1 April 2017 dimana rute Bekasi – Kota akan melewati Jatinegara – Senen – Kota)

Rute Ketiga via Jakarta Kota. Naik CL dari Bekasi yang menuju ke Stasiun Jakarta Kota dan turun di stasiun Kota, lalu berganti CL yang menuju ke arah Bogor.

Mana yang lebih baik antara ketiga rute ?

Sebuah pertanyaan yang bagus. Mengingat Yellow Line juga akan melewati Manggarai mengapa tidak berganti kereta di Jatinegara saja.

Bedanya terletak pada

Waktu tempuh

kalau memakai rute pertama akan lebih lama. Perjalanan dari Jatinegara ke Manggarai harus melewati lebih banyak stasiun di Utara Jakarta. Paling tidak ada 12 stasiun yang harus dilewatinya.

Bila diukur dengan waktu, akan memakan waktu kurang lebih 25-30 menit.

Bila anda memakai rute kedua, anda hanya harus melewati satu stasiun saja. Manggarai adalah stasiun berikut setelah Jatinegara. Kira-kira waktu tempuh hanya 5 menit saja

Kesempatan untuk duduk

Kecuali…. bila anda membawa anak kecil , keluarga, tentu anda ingin duduk selama perjalanan. Nah hal tersebut sulit didapat bila transit di stasiun Manggarai.

Menuju Bogor dari Bekasi
Stasiun Bogor

CL biasanya sudah penuh di stasiun-stasiun sebelumnya ketika tiba di stasiun ini.

Kalau di Jatinegara, lebih besar kemungkinannya anda mendapat tempat duduk mengingat Jatinegara adalah stasiun keberangkatan/pertama Yellow Line

——-

Jadi mana rute yang lebih baik untuk menuju Bogor dari Bekasi akan tergantung pada kebutuhan anda. Kalau anda memprioritaskan waktu, pilih rute pertama. Sebaliknya kalau anda tidak terburu-buru , rute kedua lebih baik.

Kalau ini adalah pertama kali anda mempergunakan jasa Commuter Line, perhatikan pula panduan cara naik commuter line.

O ya anda harus juga menyesuaikan jadwal keberangkatan dan menghitung tarif dari Bekasi ke Bogor

Demikianlah penjelasan cara menuju Bogor dari Bekasi dengan Commuter Line.

Semoga bermanfaat !

84 COMMENTS

  1. Maap Pak Saya Mau nanya kalo ingin Ke Gunung Pancar Bogor Nah Saya Dari Stasiun Buaran pak transit Dimna ga pak

    • Yanuar.. kalau mau ke Gunung Pancar, sebaiknya mah jangan naik Commuter Line. Lebih baik naik bus saja ke Sentul.

      Stasiun terdekat ke arah Gunung Pancar, mungkin stasiun Bogor atau stasiun Cibinong, tapi itupun harus diteruskan dengan naik angkota beberapa kali lagi dan lebih ruwet.

      Saran saya, cari bus dari Bekasi/Buaran yang mengarah ke Sentul. Lebih sederhana karena kawasan Gunung Pancar adanya di Sentul dan disana tidak ada stasiun Commuter Line

  2. Avatar Encep amaludin Amaludin

    Maaf pak mau tanya kalau dari Cikampek menuju stasion Cibinong Bogor gimana caranya ya

    • Hadeuh.. banyak cara sih.. cuma kalau dari cikampek mah ruwet juga karena saya tidak tahu pasti rute disana..

      Kalau mau naik Commuter Line berangkatnya dari stasiun Cikarang, turun di Manggarai, dan kemudian nyambung dengan CL ke Nambo/Cibinong. Nah dari stasiun kemuadian naik angkot ke stadion Pakansari/Cibinong.

  3. Pak maaf nau tanya, kalau dari stasiun bekasi ke stasiun bogor bagaimana? Saya mau ke taman bunga nusantara.

    • Lah, yang di atas kan menjelaskan dari Bekasi ke Bogor.. silakan ikuti saja mbak..

      Cuma kalau mau ke Taman Bunga Nusantara, saya justru menyarankan naik bis saja. Kalau naik bis dari Bekasi langsung masuk ke terminal Baranangsiang dan dari sana bisa mencari angkutan L-300 yang mengarah ke Cianjur.

      Kalau memakai Commuter Line lebih repot karena dari sana harus menuju ke Baranangsiang dulu. Lebih baik naik bis, menghemat waktu lumayan

  4. Pa saya mau nanya
    Saya dari cikarang mau ke cileungsi bogor pangkalan 11
    Kira2 naik kereta gimana yaa

    • Repot kalau ke Cileungsi pakai kereta karena tidak dekat stasiun. Saya sarankan sih sebaiknya pakai bis saja. Bisa turun di Cawang kemudian cari bus ke Cileungsi daripada harus ke Bogor dulu

  5. Kalo dari tambun ke satsiun tigaraksa berapa x transit ya pak

    • Tambun-Bekasi ke Tiga Raksa butuh 2 kali transit.

      1. Di Manggarai, kemudian menunggu CL ke Tanah Abang. Dari Bukit Duri naik yang ke arah Tangerang
      2. Di Jatinegara, kemudian menunggu CL ke arah Bogor, turun di Tanah Abang. Baru naik yang ke Tiga raksa

      Cek jadwal keberangkatan CL atau kereta yang ke arah Maja dari Tanah Abang yah

  6. Maaf pak kalo mau ke sentul dari cikarang transit mana pak?

    Perkiraan brp jam cikarang-sentul pak?

    • Kalau ke Sentul tidak bisa pakai Commuter Line. Tidak ada jalur kereta yang langsung kesana.

      Kalau dari Cikarang, sebaiknya pakai bis saja dan turun di Terminal Baranangsiang lalu bisa memakai angkot ke Sentul.

      Bisa juga turun di stasiun Cawang, terus naik bus APTB ke arah Sentul

  7. Maaf pak mau tanya kalo dr Bekasi ingin naek kereta buat arah Puncak gimana ya pak??? Saya icha

    • Icha.. kalau ke Puncak mah malah jauh kalau naik kereta.

      Lebih baik, naik bus ke Bogor yang mengarah ke Terminal Baranangsiang. Dari sana cari angkutan L-300 ke arah Cipanas/Cianjur. Lebih mudah daripada harus naik kereta karena dari stasiun kereta harus naik angkot lagi ke terminal Baranangsiang

  8. Maaf pak saya mau tanya.. Saya beli tiket kereta untuk tgl 7 september jurusan bogor sukabumi di alfamart.. Di tiket jadwal keberangkatan nya jam 7 pagi.. Yang mau saya tanya apa bisa saya gunakan tiket itu untuk keberangkatan jam 7 sore??
    Terimakasih

    • Tidak bisa karena keberangkatan ke Sukabumi bukan memakai Commuter Line. Itu pakai kereta pangrango dan kursinya terbatas.. Jadi, pakai sesuai jadwal yang tertera di tiket

  9. Permisi pak saya mau tanya..
    jumat esok saya akan menggunakan kereta untuk pertama kali. Rencana saya berhenti di stasiun bekasi.
    dan dari stasiun bekasi saya akan melanjutkan ke bogor. Tepatnya stasiun cilebut. Kira kira gimana ya pak biar saya tidak bingung.?

    • Nanda..

      1. Beli tiket langsung ke stasiun akhir, stasiun cilebut
      2. Dari bekasi, naik yg ke arah stasiun jakarta kota, turun di manggarai. Tidak perlu beli tiket lagi, tunggu saja kereta sambungan
      3. Di manggarai, naik yang ke arah Bogor. Cilebut itu stasiun sebelum stasiun bogor.

      Gitu saja Nanda.. hati2 di jalan yah

  10. Saya mau ke Parung Bogor(Bogor Kemang residence…)sebaiknya turun d stasiun mana..?

    • Bisa turun di Serpong dan kemudian lanjut dengan angkot/bus Pusaka ke arah bogor.

      Bisa juga turun di Bogor dan kemudian naik angkot ke arah Parung di terminal Merdeka

  11. kalo dari bekasi mau kearah serpong gimana pak?tolong jelaskan ya pak makasih

    • 1. Dari bekasi naik ke arah jakarta Kota, turun di Manggarai
      2. Dari Manggarai naik yang ke arah Jatinegara, turun di stasiun Tanah Abang
      3. Dari Tanah Abang naik yang ke arah Serpong

    • Kalo mau ke Nambo dari Bekasi transit dmn ??

      • Transit di Manggarai lebih baik. Harap perhatikan jadwal ke Nambo karena hanya ada beberapa perjalanan saja kesana setiap harinya

  12. Maaf pa klw.dari bekasi ke bogor untuk mlam takbiran ada gk ya trus trakhir perjalanan jam.barapa ya trus klw dari bogor ke sulabumi nya ada gk ya

    • Kalau commuter line ada setiap hari dan ga ada hari libur.. jadi terus jalan.

      Commuter line tidak ada jurusan sukabumi.. harus naik kereta lain dari Stasiun paledang. Silakan hubungi saja PT KAI untuk pesan tiket yang ke arah Sukabumi

  13. Maaf pak mau tanya saya dri bogor mau ke stasiun cikarang. Harus transit dimana dan selanjutnya naik apa.
    Terima kasih

    • Kalau dari Bogor mau Ke Cikarang ada dua rute

      1. Dari Bogor naik CL yang ke Kota atau Jatinegara lalu turun di Manggarai. Dari sini tunggu kereta yang ke Cikarang
      2. Dari Bogor naik kereta yang ke Jatinegara, turun di Jatinegara dan kemudian lanjut dengan kereta ke Cikarang

  14. Kalo misal dari bekasi ke cibinong setelah transit di jati negara apa harus transit lagi di stasiun bogor. Arah cibinong

    • Kalau dari Bekasi, lebih baik transit di Manggarai saja.

      Kemudian naik yang ke arah Bogor dan turun di Citayam. Dari situ harus nunggu satu lagi, yaitu CL yang ke arah Nambo (Cibinong)

  15. Dari statsiun cakung mau ke arah bogor tiket nya beli di statsiun aja apa pake jasa online sh trus tu keretanya jadwal keberangkatannya kapan aja apa tiap jam ada jdi ga usah tggu lama

    • CL ga bisa dipesan lewat online. Beli langsung di loket saja.

      Jam eberangkatannya banyak, silakan lihat langsung di stasiun saja. Tiap setengah jam ada

  16. Selamat sore pak Anton, saya mau tanya kalau pakai kartu multi trip, itu bisa turun di stasiun mana saja dan naik di stasiun mana saja kan?
    Mohon information nya ya pak.
    Terimakasih

    • Tul. Dengan KMT bisa naik dan turun di stasiun mana saja

    • Avatar Feri Wahyu Dian Syah

      Pak kalau mau ke kebun raya bogor rute CLnya kemana ya
      Saya dari stasiun serpong
      Terimakasih

      • Naik CL ke Tanah Abang.. dan kemudian naik CL dari arah Jatinegara ke Bogor. Turun di Stasiun Bogor dan bisa cari di blog ini cara menuju Kebun Raya dari Stasiun Bogor. Bisa pake angkot atau jalan kaki

  17. Kalo dari stasiun kranji ke bogor harga tiketnya nya berapa ya ? Dan jadwalnya juga ?

    • Silakan cek di website KRL saja mas.. saya tidak hapal semua jadwal dan tarifnya.

      Ongkos paling jauh adalah 12.000 itu saja

  18. Kalo dari bogor mau ke station bekasi transit di manggarai kan? Itu station bekasi sama jati asih sama ga? Tarifnya gimana?

    • Tidak ada stasiun Jati Asih di dalam jalur Commuter LIne, yang ada Bekasi dan Pondok Jati.

      Kalau ke Pondok Jati dari Bogor, cukup memakai CL yang mengarah ke Jatineraga tanpa perlu transit. Kalau ke Bekasi, bisa Transit di Manggarai atau Jatinegara

  19. Klo dari stasiun cilebut ke bekasi timur..transitnya dmn ya….terus turun d stasiun ap…tarifnya brp

    • Transitnya di Manggarai atau Jatinegara.. silakan pilih saja.

      Tarifnya.. waduh saya nggak bisa ngitung.. kira2 7000 saja

  20. Avatar Melinda siti rahmah

    Kalau dari bogor mau ke jalan kalimalang ruko niaga kalimas 1 beli tiket stsiun apa pa? Trus transit ga?, mohon bantuannya pak trimakasih

    • Waduh.. Kalimalang itu panjang.. juga saya tidak tahu persis alamat yang disebut.Cuma kalau menurut Google Maps maka harus turun di stasiun Bekasi.

      Silakan naik CL yang mana saja jurusan ke Jakarta Kota atau Jatinegara, turun di Manggarai. Lalu naik yang ke arah Bekasi. Dari san pakai taksi/grab atau yang lain ke Ruko Niaga Kalimas.

  21. Pak. Kalau dari Stasiun Bekasi ke Stasiun Bogor kira-kira memerlukan waktu berapa jam ya? Kebetulan, Saya ingin mempersingkat waktu. Jadi, lebih cepat transit di Manggarai atau di Jatinegara? Terimakasih.

    • Transit Manggarai lebih enak menurut saya.. pilihan kereta lebih banyak.

      Bekasi- Manggarai 30 menit
      Manggarai – Bogor – 1 jam

  22. Pak mau tanya kalo saya dari bekasi mau ke daerah cibinong bogor… Apa harus turun di stasiun bogor? Ada gak stasiun yg lebih dekat di daerah itu?

    • Tidak usah.. bisa turun di stasiun Cibinong memakai CL yang menuju ke arah Nambo. Cuma jadwalnya masih sedikit. Jadi harus perlu atur waktu supaya pas dengan jadwal krt ke Nambo

  23. Avatar Andrian Suyono Cipto

    maaf kang kalo mau ke stadion pekansari, saya di bekasi naik commuter line naik yang kemana ya….?

    • Report juga.. karena Stadion Pakansari tidak pas di jalur CL. Jadi harus turun entah di stasiun Depok/BojongGede atau di stasiun Cibinong. Setelah itu lanjut dengan angkot yang mengarah ke jalan raya Pemda Tegar Beriman.

      Jadi, silakan turun di Manggarai, kemudian sambung dengan CL yang ke arah Bogor atau Nambo. Turun di Depok, Bojonggede, atau Cibinong (yang arah Nambo) lanjut dengan angkot.

  24. maaf pak kalau dari bekasi jatiasih mau ke pondok labu naik CL turunya mana terus nyambung apa

    • Agak repot kalau ke Pondok Labu karena tidak ada stasiun yang benar-benar dekat. Tetapi dua stasiun yang terdekat adalah Stasiun lenteng Agung dan Stasiun Tanjung Barat. Tetapi saya sarankan di stasiun Tanjung Barat karena akses kendaraan umum lebih banyak.

      Cuma nyambungnya pakai angkot apa, saya tidak paham karena saya tinggal di Bogor. Kalau nanya yang wilayah Bogor, saya bisa bantu secara detail, tapi kalau Jakarta, saya tidak paham rute angkutannya

  25. Pak, saya mau ke Jl. Jatimakmur Pondok Gede Bekasi dari stasiun bogor gimana caranya?

    • Terus terang agak ruwet kalau ke Jatimakmur karena lokasinya tidak dekat dengan stasun Commuter Line dan harus disambung dengan kendaraan.

      Tetapi bisa coba naik CL dari Bogor ke Manggarai lalu pindah kereta ke arah Bekasi naik ke Stasiun klender. Dari sana kalau tidak salah naik Metromini ke arah Pondok Gede

      • jadi maksudnya turun di stasiun klender kali ya pak? oke terimakasih pak.. sangat terbantu sekali.

        • Iyah..mudah mudahan bermanfaat

  26. Sangat membantu sekali untuk traveler. Terimakasih.

  27. Pak maaf mau tanya ..jika mulai tgl.1 april semua KRL dari Bekasi lewat Jatinegara langsung senin. Nah kalau mau ke Manggarai transit di mana. Karena kan selama ini dari Bekasi Jatinegara .manggarai

    • Yuni, yang saya baca adalah sebagian bukan semua. Jadi masih ada yang akan lewat Manggarai.

      Tetapi, kalau ternyata memang semuanya lewat Jatinegara dan Senen, maka berarti kalau mau ke Manggarai ya transitnya di Jatinegara atau di Kota. Di Jatinegara bisa naik CL yang ke arah Bogor sampai Manggarai. Bisa juga dari Kota naik yang ke arah Bogor turun di Manggarai

  28. maaf pak, kalo dri bekasi ke bogor jm keberangkatanya jm brp aja ya

    • Tidak ada CL yang langsung menuju Bogor dari Bekasi. Harus transit di Manggarai atau di Jatonegara.

      Setahu saya sejak jam 05.00-06.00 pagi sudah ada keberangkatan menuju Jakarta Kota. Turun di Manggarai dan tunggu kerata yang mengarah ke Bogor. Silakan cari jadwal lengkapnya di blog ini juga.

  29. Bekasi-bogor transit dimanggarai bisa naik jalur merah pak?

    • Tidak usah lihat rutenya Kang Kim.

      Betul sekali kalau ke Bekasi bisa transit di Manggarai dan kemudian tinggal tuju CL ke Bekasi. Akan ada pengumuman dari pihak stasiun tentang kereta mana dan di jalur mana. Biasanya di jalur 2 atau 4

  30. Pak anton, kalau dari bekasi ke bogor transit di manggarai apa boleh naik kereta jalur merah? atau cuma boleh jalur kuning aja pak?

    • Yang mana saja asal ke Bogor Navia. Semua boleh dipergunakan. Bebas. Sistemnya asal sesuai dengan arah yang dituju

      Kalau sudah di Manggarai dengarkan saja pengumuman dari stasiun kereta yang ke arah Bogor ada di jalur berapa. Biasanya sih di jalur 6.

  31. Nuhun pak, infonya sangat membantu 🙂

  32. Avatar akhmad fahrur rozi

    Kalo transit dari manggarai?? Beli tiket lg nggak pak??

    • maksud transit gimana.. dari mana mau ke mana?

      Yang pasti kalau di stasiun keberangkatan sudah langsung disebut tujuan akhirnya, tidak perlu beli tiket lagi

  33. Minta petunjuk pak. Saya berada di bekasi timur mau ke bogor. Pertanyaan saya..
    1. Saya harus naik KRL di stasiun apa ,,? (“Saya berada di bekasi”)
    2. Apakah dari bekasi bisa langsung menuju bogor atau ada transit2 nya. Atau pindah2 krl ?

    • Naik dari stasiun Bekasi Putra. Lalu bisa turun di stasiun Jatinegara atau Manggarai untuk transit.

      Baru kemudian lanjur naik CL ke Bogor.

      Kalau saya saran turun di Manggarai saja

  34. maaf Pak, mau tanya. kalau saya naik kereta jogja-jatinegara, apa bisa saya langsung naik yellow line di jatinegara terus langsung ke bogor? terimakasih pak

    • Dari Jatinegara bisa langsung ke Bogor.

      Hanya pastikan dulu Anda memegang tiket commuter line karena tiket kereta luar kota tidak berlaku di commuter line.
      Jangan sampai terkena denda.

  35. Sangat membantu terima kasih pak
    Salam saya saya dari bekasi

    • terima kasih mas.. salam kembali

  36. Pak kalau dari bogor mau ke bekasi bagaimana?

    • Naik CL ke manggarai lalu tunggu Cl ke Bekasi

  37. Sangat membantu info nya. Bekasi bogor kira2 brp lama ya kang? Krn sy mau lanjut ke sukabumi, biar bisa menperhitungkan waktunya. Tks

    • Dua jam kira-kira mas 30-4t menit dari bekasi ke Manggarai.1 jam waktu manggarai bogor dan 15 menit waktu tunggu

      Itu waktu normal yah.. sediakan waktu lebih takut takut ada gangguan

  38. Mas sy maunke bogor dr solo,naik kereta langkahnya gimana?

    • Kereta dari Solo berhenti di Gambir,Jakarta. Itu yang pertama. Beli tiket tujuan Gambir.

      Nah, kereta ke dan dari Bogor tidak berhenti di Gambir, tetapi di sts Juanda dan Gondangdia, satu stasiun sebelum dan sesudah Gambir. Dari Gambir Dedy harus naik bajaj ke salah satu stasiun itu. Tidak jauh hanya 5-10 menit saja. Tarif biasanya sekitar 15 ribu.

      Dari situ baru naik Commuter Line ke Bogor.

      Untuk naik CL silakan lihat caranya di Naik Commuter Line – Penjelasan cara

      Mudah mudahan membantu

  39. Maaf pak mau tanya. Saya ingin prgi drbekasi- bogor. Apakah saya beli tikeet nya jurusan jatinegara apa langsung jurusan bogor

    • Langsung Jurusan Bogor. Setelah itu tinggal transit saja.

      Kalau beli jurusan Jatinegara harus keluar disana terus masuk lagi .

      Jadi inget ya kang, langsung beli jurusan Bogor jadi ga perlu keluar stasiun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.