Tiket Harian Berjaminan
Tiket Harian Berjaminan

Apa itu tiket harian berjaminan commuter line? Bagaimana cara membelinya? Dimana saya bisa mendapatkannya?

Tiga pertanyaan tersebut merupakan hal-hal yang cukup sering ditanyakan oleh para pengguna Commuter Line alias KRL Jabodetabek. Biasanya yang mengajukannya adalah mereka yang baru pertama kali menggunakan jasa kereta komuter yang dikelola PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek).

Nah, untuk Anda pembaca setia Lovely Bogor, saya ingin menyediakan sedikit informasi dan panduan singkat tentang hal itu. Siapa tahu ada diantara Anda yang akan menggunakan jasa si CL dalam waktu dekat?

Apa Itu Tiket Harian Berjaminan Commuter Line?

Tiket Harian Berjaminan atau disingkat THB adalah karcis elektronik yang harus dibeli penumpang untuk dapat  mempergunakan jasa Commuter Line. Karcis ini adalah pengganti sistem karcis kertas yang dahulu dipergunakan ketika KRL belum dikelola PT KCJ.

naik commuter line
Gate Tap in commuter line

Bentuk THB seperti kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri), yaitu dari plastik dan diberi chip di dalamnya. Chip inilah yang ketika tiket ditempelkan (atau istilah kerennya di-“tap” ke pintu masuk/gate) akan membuat pintu terbuka.

Wujud dari Tiket Harian Berjaminan bisa dilihat pada foto pertama di atas.

Tiket Harian Berjaminan adalah jenis karcis yang diperuntukkan bagi mereka yang hanya perlu sesekali menggunakan jasa KRL.

Bagi yang setiap hari berkomuter ria, disediakan sebuah jenis tiket lain, yaitu Kartu Multi Trip (dulu dikenal sebagai abonemen).

Dimana Bisa Membeli Tiket Harian Berjaminan Commuter Line?

THB Commuter Line bisa dibeli di setiap stasiun yang berada di bawah kendali PT KCJ dan dilewati jalur si CL.

Berapa Harganya?

Harga THB Commuter Line bervariasi. Semua akan tergantung pada tujuan akhir sang penumpang.

Perhitungan tarifnya adalah berdasarkan kilometer

  • 25 kilometer pertama – Rp. 2.000.-
  • tiap 10 kilometer berikutnya – Rp. 1.000.-

Hanya tentu saja, akan memusingkan penumpang karena sulit mengukur berapa jarak yang harus ditempuh ke stasiun tujuan. Untuk itu bisa lihat harga yang harus dibayar di Tarif Commuter Line (update 1 April 2015).

travel by commuter line
Commuter Line Ticket Counter

Jadi, misalkan Anda hendak menuju ke Depok yang masih berada dalam 25 kilometer pertama, maka tarif perjalanan yang harus dibayar adalah Rp. 2.000.-/orang.

Tetapi, tunggu dulu. Tarif tersebut masih harus ditambahkan dengan “Uang Jaminan” sebesar Rp. 10.000.-/tiket.

Jadi uang yang harus Anda bayarkan ke loket adalah sebesar

Tarif Perjalanan + Uang Jaminan.

Kalau dari Bogor ke Depok, berarti Rp. 2.000.- + Rp. 10.000.- = Rp. 12.000.-/penumpang.

Mahal? Tidak. Karena yang namanya “uang jaminan” itu bisa di-refund atau diambil kembali. Jadi, penumpang bisa meminta kembali uang jaminan di stasiun ketibaan atau dimanapun ada stasiun Commuter Line.

Biasanya di setiap loket stasiun akan ada tanda “refund” dimana Anda bisa menukarkan Tiket Harian Berjaminan dengan uang.

Tenggat Waktu

THB Commuter Line memiliki masa kedaluwarsa. Panjang masa tenggat adalah 7 hari.

Misalkan Anda membeli pada hari Rabu tanggal 05 Januari 2016, maka kartu tersebut masih berlaku ,bisa diisi ulang, dan uang jaminan bisa di-refund sebelum tanggal Rabu 12 Januari 2016.

Ya, harus diisi ulang sesuai dengan tujuan Anda berikutnya kalau Anda ingin mempergunakan CL lagi.

Jangan pergunakan kartu yang belum diisi ulang untuk masuk stasiun karena denda yang cukup besar akan dikenakan.

Jadi, kalau Anda terlupa menukarkan THB pada hari yang sama, tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa hari masa tenggat.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Tiket Harian Berjaminan

a) Ketika Anda membeli THB untuk sebuah tujuan, pastikan bahwa Anda tidak melebihi stasiun yang sudah disebutkan di loket. Kalau Anda pergi melebihi atau melewati stasiun yang sudah disebutkan, maka ada denda yang dikenakan, yaitu

  • Tiket Harian Berjaminan akan diambil petugas
  • Uang jaminan hangus alias tidak dikembalikan
naik commuter line
Commuter Line

Jadi pastikan Anda tahu stasiun mana yang dituju dan jangan sampai melewatinya.

b) Bila Anda tidak mengisi ulang THB CL ketika hendak berangkat, maka Anda bisa masuk ke dalam stasiun tetapi tidak bisa keluar. Petugas akan memberikan suplisi kepada Anda dan besarannya mencapai Rp. 50.000.-

c) Jangan pergunakan THB yang sudah kedaluwarsa atau habis masa berlaku, karena Anda akan dikenakan suplisi Rp. 50.000.-

d) Kalau kartu sudah di tap-in (memasuki stasiun) tetapi Anda lupa melakukan tap-out, maka THB Anda akan dianggap kedaluwarsa. Uang Jaminan tidak bisa direfund.

e) Jaga kartu Anda jangan sampai rusak atau patah, karena selain menyulitkan untuk keluar stasiun, uang jaminan pun tidak bisa diminta kembali.

f) Kalau Anda masih memerlukan THB untuk perjalanan berikutnya, simpan tiket tersebut. Ketika mengisi ulang, Anda hanya perlu membayar tarif perjalanan tanpa uang jaminan lagi.

g) Kalau Anda keluar di stasiun yang sama dimana Anda masuk, maka Anda dianggap sudah melakukan perjalanan. Jadi, yang bisa diminta kembali hanya uang jaminan saja. Hal itu berlaku meskipun sebenarnya Anda belum naik CL sama sekali

Beda Tiket Harian Berjaminan Dengan Kartu Multi Trip

Tiket Harian Berjaminan sebenarnya bisa dipergunakan terus menerus selama Anda mengisi ulang sebelum masa tenggat berakhir. Ketika Anda mengisi ulang, otomatis tanggal jatuh tempo atau kedaluwarsa diperpanjang selama 7 hari.

Etika Penumpang Commuter Line
Penumpang dalam Commuter Line

Hanya, hal tersebut akan merepotkan karena harus antri di loket paling tidak sekali setiap satu minggu.

Kalau Anda secara rutin menggunakan si CL, lebih praktis mempergunakan Kartu Multi Trip karena KMT tidak memiliki tanggal kedaluwarsa. KMT hanya perlu diisi ulang saat saldonya mencapai nilai minimum Rp. 11.000.-

Tips :

Kalau Anda hanya sesekali menggunakan jasa CL, sebenarnya Anda tidak perlu membeli Tiket Harian Berjaminan. Hanya, ada syaratnya.

Syaratnya Anda memiliki e-money seperti Flazz atau Brizzi dan sebagainya. Cukup dengan mengaktivasi kartu e-money Anda di stasiun (dengan menempelkan pada alat yang tersedia), maka Anda bisa langsung masuk ke dalam stasiun dan mempergunakan CL.

Cukup dengan sekali mengaktivasi, kartu e-money Anda sudah bisa menjadi Kartu Multi Trip.

Itu saja sedikit panduan tentang Tiket Harian Berjaminan Commuter Line. Semoga bisa bermanfaat.

46 COMMENTS

  1. Pak saya mau tanya, semisal saya mau beli thb jurusan stasiun bekasi-jakarta kota pp , tapi saya pengen turun di stasiun gondangdia dulu sebelum ke jakarta kota, terus saya lanjutin lagi perjalanan ke jakarta kota, apakah tiket saya masih berlaku dan tidak terkena denda karena saya gak langsung turun di stasiun tujuan, karena saya turun terlebih dahulu di stasiun gondangdia??

    • Ga papa.. selama tidak keluar stasiun dan saldonya masih mencukupi. Kalau keluar stasiun Gondangdia, maka saldonya sudah terpotong. Harga dari Bekasi sampai Kota sekitar 5000-7000. Kalau sudah keluar Gondangdia, saldo itu sudah terpotong dan ketika dipakai lagi untuk masuk saat menuju Kota, berarti terpotong lagi 3000 rupiah.

      Saldonya bisa tidak mencukupi untuk dipakai pulang ke Bekasi. Kalau mau keluar, tidak masalah. Tapi nanti pada saat pulang bisa diisi kembali di loket untuk memastikan saldonya cukup sampai ke Bekasi.

  2. Pak mau tanya pas sy turun di stasiun buaran tap out tdk bisa krn mesin tap rusak, semua penumpang diizinkan lewat tanpa tap out. Sy pake flaz. Apakah nanti pd saat sy tap in ke stasiun bs?

    • Lapor ke loket dulu karena berarti masih ada transaksi yang belum selesai. Jelaskan situasinya

  3. Pak tadi pagi kluarga saya naik comuter line dari cikarang-kota PP trus THBnya blm ditukar krn antrian panjang dan buru2 juga,pertanyaannya bisa ga THB nya di tukar di stasiun bekasi atau kranji..trimakasih

    • Bisa om… besok juga tidak apa-apa karena masa berlaku THB 7 hari

  4. Kemaren saya beli tiket untuk pulang pergi. Trus hari itu cuma di pake untuk pergi. Besoknya saya mw pulang. Tiketnya masih berlaku ga yaa?

    • Masih…jangka waktu 7 hari

  5. pak kluarga saya tadi naik commuter line dari bogor ke depok dan depok bogor, mreka tidak menukarkan kartu nya, jadi bisa tidak 8 THB ini saya tukar di bogor semua nya?
    makasih pak

  6. Saya simak pertanyaan yng sudah2 kalo beli tiket jam 22 malam tapi di pakenya pagi jam 7..pertanyaan saya kan sudah ganti hari dan tanggal… Piee to pak.. ???

    • Ya pake saja ga masalah. THB berlaku 7 hari jadi selama itu bisa dipakai

  7. Pak kartu saya sudah kadaluarsa,, apa yang sebaiknya saya lakukan terhadap kartu tersebut?

    • Yah.. dibuang saja karena sudah tidak bisa ditukar kembali dengan uang.

  8. Tadi siang sy beli THB pp univ.pancasila-pondok ranji.
    Tapi saat pulang ke pancasila sy naik gocar tdk menggunakan THB, sedangkan td sy beli nya pp.
    kalo kartunya mau sy gunakan besok tapi dari univ.pancasila ke pondok cina bisa? Sdgkn masih ada isi pulang dari pondok ranji-univ.pancasila

    • Bisa… tidak masalah karena THB isiny adalah pulsa. Cuma perhatikn nilainya apakah masih cukup atau tidak yah

  9. pak saya beli tiket serpong-thb PP.. tapi saya mau ke depok pulangnya.. nah gmna tuh pak ?

    • Ya nambah lagi karena depok jaraknya lebih jauh dari ke tanahabang kalau dari serpong. Otomatis harus ditambah saldonya.

      Pergi ke loket dan jelaskan ke petugas. Lalu tanya harus nambah berapa.

  10. Pak saya tadi beli tiket PP poris-pasar minggu, rencana pulang nya saya berangkat dari stasiun tanjung barat ke poris, itu bisa digunakan tidak pak?

    Lalu
    Saya beli Tiket PP poris-bogor, tp untuk digunakan besok itu bisa tidak pak?

    • setahu saya berlaku 7 hari.. jadi masih bisa dipergunakan

  11. Pak mau tanya kalo dari stasiun jatinegara mau ke stasiun rajawali rute tujuannya apakah harus bogor?

    • Ada dua Wulan..

      1. Memakai CL rute Bekasi – Jkaarta Kota yang sebagian melewati Jatinegara, turun di Rajawali
      2 Memakai CL rute Jatinegara – bogor yang pasti melewati Rajawali

      Yang manapun sama saja karena melewati stasiun Rajawali tidak selalu harus yang ke arah Bogor

  12. saya membeli thb di stasiun manggarai ke bekasi untuk pulang,namun saya berniat pulang ke stasiun jatinegara agar lebih dekat, itu bisa tidak ya ? Terimakasih

    • Bisa.. karena tarif ke Bekasi lebih mahal dari Jatinegara, jadi bisa keluar di stasiun Jatinegara

  13. Pak mau tanya klo beli tiket THB dri bekasi senin jam 8 pagi terus senin depanya di pake lagi tapi jam 5 sore masih bsa tidak pak ? Makasih

    • Sudah lebih dari 7 hari, jadi sudah tidak bisa lagi dipakai.

      Lebih baik ditukar atau pakai Kartu Multi Trip saja

  14. Maaf pak mau nanya kalau misalnya saya beli tiket hari minggu tapi mau di pakainya hari senen subuh bisa atau tidak yah.

    • Saran saya beli saja langsung senen subuh saja.. tidak perlu beli hari minggu. Commuter Line selalu ada, jadi jgn takut kehabisan.

      Membuang waktu kaalu beli minggu dan dipakai senin. Bisa, tapi tidak efisien. Beli langsung di hari keberangkatan

  15. Pa sy mau tanya sy bli thb dr cikini-bogor pp,tp sy mau turun pulangnya di manggarai,itu uang jaminannya bisa di refund di st manggarai gk pak ,trims

    • Bisa.. refund bisa dilakukan di stasiun manapun

  16. Pak,saya kan tadi naik comuter Line dari Kebayoran. Ke Sudimara,saya baru pertama kali naik kereta,tadi di loket bayar 15rb,5rb ongkos yg 10rb uang jaminan,itu yg 5rb udah PP atau blom,nah jika nanti saya mau pulang ke Kebayoran saya harus ke loket lagi gak untuk mengembalika kartunya,dan refound,itu di lakukan setelah sampai tujuan,atau sebelum berangkat.mohon pencerahannya.

    • Irma..

      Sepertinya belum PP. Itu baru sekali jalan. Kalau mau PP, di loket sebutkan untuk PP, kalau tidak diberi yang sekali jalan.

      Nah, nanti dari Sudimara saat mau pulang, tidak usah dikembalikan tiketnya. Cukup isi ulang seharga ongkos Sudimara-Kebayoran. Mengembalikan tiketnya (refund) di stasiun akhir/Kebayoran saja

  17. Kalau saya mau beli tiket PP dari Jakarta ke Bogor untuk 30 orang lebih, apakah bisa saya yang beli langsung 35 THB jadi teman-teman saya tidak perlu mengantri? Terima kasih.

    • Setahu saya dibatasi maks 4. Jadi sebaiknya lebih dari satu orang yang mengantri.

    • Bisa kok, waktu itu saya beli hampir 50 tiket dan petugasnya kaget

      • O ya.. 50 tiket sekaligus?

  18. Saya beli tiket pp Bogor poris, tpi yg bru dipake sekali jalan hari ini, dan untuk kembali ke bogor besoknya. Tiket thb nya msih berlaku apa harus isi ulang lagi?

    • Selama saldonya masih cukup bisa dipakai. Tapi kalau saldonya kurang ya harus diisi kembali. Saran saya cek dulu di stasiun ada atau tidak saldonya

  19. mau tanya,kemaren saya beli tiket jam 22.00 tapi saya mau pake nya pagi jan 7 apakah masih bisa dipake atau harus isi ulsng lagi ?

    • Bisa.. selama dalam batas waktu 7 hari THB masih bisa berlaku

  20. Kalau beli tiketnya hari rabu buat di pake hari minggu bisa nggak pak

    • Bisa batas waktunya 7 hari

  21. Kalo isi kartu multi trip yg saldonya kurang dari 7000 kena denda gak pak

    • Kalau KMT, harus minimal 12.000 pada saat tap out.

      Jadi ya, kalau hanya 7000 malah kena penalti bisa mencapai 50 ribu. Diisi ulang saja ya Tedy

  22. Tarif pengembalian uang jaminan berapa ya pak? Apakah sama dengan uang jaminan awal 10.000 juga? Makasih

    • Sama dengan uang Jaminan. Kalau tidak salah sekarang 10.000 dan dikembalikan 10.000 juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.