Membajak sawah di desa ciapus bogor

Desa Ciapus – Pemandangan petani sedang membajak sawah, bukan hal yang aneh, bila anda berasal dari daerah pedesaan. Hanya saja, bila anda tinggal di kota Bogor, maka pemandangan tersebut menjadi sebuah hal yang spesial.

Di kota Bogor sudah tidak ada lagi sawah. Yang ada adalah sawah beton. Tidak pernah terlihat lagi kegiatan mencangkul atau membajak sawah. Apalagi dengan menggunakan kerbau.

Bila warga Bogor ingin melihat situasi pedesaan dengan kehidupan yang masih “agak” tradisional, mereka harus keluar dari kotanya. Keluar ke arah “saudara kembar” kota Bogor, alias Kabupaten Bogor.
Membajak sawah di desa Ciapus BogorDengan luas yang jauh melebihi kota Bogor, Kabupaten Bogor masih menyimpan cukup banyak lokasi yang “belum” tersentuh modernisasi kota. Kehidupan di banyak bagian masih banya yang dilakukan secara tradisional.

Contohnya , ya foto di atas itu. Foto tersebut diambil di Desa Ciapus. Di jalur menuju ke Curug Luhur sebuah daerah wisata favorit di Kabupaten Bogor. Kehidupan disana terutama yang berada paling dekat dengan kaki gunung Salak memang masih “agak” tradisional”.

Penggunaan kerbau untuk membajak bisa dikata sudah menjadi hal yang langka dalam pengelolaan sawah di Bogor.

Menarik melihatnya, karena saya jarang melihatnya lagi. Berbeda dengan dulu tahun 1980-an di kota Bogor kadang masih bisa ditemukan petani membajak sawah seperti ini.

Sekarang saya harus bermotor ria selama 45 menit untuk bisa melihatnya lagi.

Bagaimana dengan di kota anda , masih bisa melihat petani membajak sawah seperti di desa ciapus ini ? atau sudah sama sulitnya seperti di kota Bogor?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.